Selain fashion, makeup menjadi salah satu elemen yang cukup penting dalam menyempurnakan penampilan. Terutama pada wanita yang memang secara fitrahnya senang berias dan tampil cantik. Tak heran bila penggunaan makeup menjadi salah satu pilihan yang paling banyak diminati.

Selain mampu memberikan tampilan yang menarik, penggunaan makeup biasanya difungsikan pada saat seseorang ingin menutupi kekurangan yang ada pada dirinya. Itulah mengapa makeup seringkali menjadi media 'ajaib' untuk mengubah tampilan seseorang.

Baca Juga:

Nah, sebelum menggunakannya, ada baiknya bila anda terlebih dahulu memeriksa masa kadaluarsa dari perlengkapan makeup yang anda gunakan. Pasalnya, setiap produk makeup memiliki masa kadaluarsa yang berbeda.

Menggunakan makeup yang sudah jatuh tanggal kadaluarsa akan tentu dapat menyebabkan berbagai masalah untuk kulit. Termasuk diantaranya ruam, munculnya jerawat, iritasi dan yang paling parah adalah kanker. Nah, dibawah ini mari mengenal tanda makeup yang sudah kadaluarsa sebagaimana dilansir dari Times of India.

Face Powders (Bedak)

Perlengkapan makeup yang pertama yang penting untuk diperhatikan penggunaannya adalah face powder dan powder blush. Sebagaimana kita ketahui dua perlengkapan makeup ini adalah bagian makeup yang hampir dimiliki setiap orang. Termasuk mereka yang sebenarnya bukanlah seorang yang fanatik terhadap makeup. Namun penggunaan bedak wajah biasanya menjadi bagian koleksi makeup yang banyak digunakan.

Karena banyaknya penggunaan face powder dan powder blush maka penting sekali untuk memperhatikan dengan baik masa kadaluarsa dari pengunaan alat kecantikan yang satu ini. Sebaiknya jangan gunakan peralatan makeup ini lebih dari dua tahun. Sebab ketika sudah lebih dari 2 tahun maka biasanya produk kosmetik ini akan masuk masa kadaluarsa.

Dimana ciri atau tanda yang bisa dilihat dari habisnya masa pakai bedak ditunjukan dengan perubahan tekstur dan aroma dari bedak yang berubah. Jangan paksakan menggunakan makeup yang sudah kadaluarsan apalagi penggunaan bedak biasanya seringkali digunakan secara rutin dan berkala. Jangan sampai efek buruk terjadi dengan wajah anda.

Eyeliner

Selain bedak wajah, eyeliner menjadi perlengkapan makeup lain yang hampir selalu hadir pada koleksi makeup para wanita. Penggunaan eyeliner difungsikan untuk menggambar garis luar pada kelopak mata guna memberikan tampilan yang lebih tegas dan lebih hidup pada mata.

Dengan alasan yang satu inilah banyak orang jatuh cinta dan memilih untuk selalu membawa eyeliner kemanapun mereka pergi. Dengan demikian, eyeliner akan dapat digunakan kapan saja mereka inginkan.

Hanya saja, penting diperhatikan bahwa makeup eyeliner pun memiliki tenggang masa kadaluarsa. Jadi demikian, anda perlu lebih teliti memeriksa peralatan makeup yang anda miliki. Untuk eyeliner jenis pensil biasanya jenis yang satu ini lebih tahan lama dan dapat diganti selama 3 bulan sekali. Sementara itu, ketika eyeliner pensil sudah kadaluarsa biasanya ada tanda-tanda yang ditunjukan. Salah satunya adalah timbulnya bercak putih pada bagian pensilnya.

Sedangkan untuk eyeliner cair yang sudah kadaluarsa biasanya tekturnya akan berubah dan bahan ini akan cenderung mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau menyengat. Segera ganti eyeliner anda dengan yang baru sebab menggunakan eyeliner yang kadaluarsa akan berbahaya untuk mata.

Foundation

Foundation adalah salah satu jenis makeup yang belakangan menjadi trend dalam dunia berias. Betapa tidak, foundation adalah base dalam bermakeup yang difungsikan untuk menutupi bagian permukaan kulit kita seperti pori-pori yang terlalu besar, kulit yang kurang mulus dan termasuk mencocok tone wajah kita dengan leher kita. Sehingga ketika menggunakan foundation maka makeup akan lebih pigmented.

Maka dari itu, penggunaan foundation menjadi bagian makeup yang cukup dibutuhkan. Selain para perias handal, banyak pula para penata makeup individu yang senantiasa menggunakan foundation untuk riasan wajahnya sendiri. Nah, karena melihatnya tingginya intensitas dalam menggunakan produk makeup yang satu ini. Maka penting sekali memperhatikan keamaan dari pada saat menggunakan foundation.

Selalu cek dan perhatikan tanggal kadaluarsa yang ada pada produk foundation anda. Pada umumnya, jenis makeup yang satu ini akan dapat bertahan selama kurang lebih 6 bulan sejak pertama kali dibuka. Foundation yang sudah masuk pada masa kadaluarsa biasanya menunjukan ciri berupa perubahan pada aroma yang tercium tidak sedap. Teksturnya pun akan cenderung berubah seiring dengan perubahan pada warnanya sendiri.

Eyeshadow

Penggunaan makeup selanjutnya yang hampir tidak pernah dilewatkan. Pemberian eyeshadow saat bermakeup akan mampu memberikan kesan mata yang lebih hidup dan lebih menarik. Tak heran bahwa belakangan banyak trend makeup mata yang bervariasi. Mulai dari makeup mata smokey eye, makeup mata classic dan masih banyak lagi.

Nah, ketika anda seringkali mengaplikasikan makeup mata dari eyeshadow maka penting sekali untuk memperhatikan dengan seksama keamanan penggunaan produk makeup yang satu ini. Apalagi, eyeshadow adalah makeup yang digunakan pada bagian mata maka demikian memperhatikan keamanan dan kesehatan anda adalah hal yang utama.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengenali ciri dan tanda jika eyeshadow sudah kadaluarsa biasanya bisa dilihat dari perubahan warna. Selain itu, adapula perubahan pada bau dari eyeshadow yang digunakan. Biasanya penggunaan eyeshadow hanya bertahan hingga kurang lebih 1 tahun.

Lebih dari itu, eyeshadow harus segera dibuang dan diganti dengan yang baru. Sebab bila tidak, para ahli menjelaskan bahwa makeup mata yang sudah kadaluarsa akan dapat mengiritasi mata akibat bakteri yang sudah berkembang didalamnya.

Lipstick

Perona bibir yang satu ini hampir tidak pernah dilewatkan sebagai salah satu peralatan makeup para wanita. Penggunaan lipstick menjadi pilihan yang baik untuk memberikan kesan bibir yang lebih berwarna. Selain itu, lipstick pun belakangan menjadi media yang baik untuk menutupi kekurangan pada warna bibir yang kusam.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bibir yang kusam dan berwarna kehitaman akan tentu memberikan kesan yang kurang menarik dan bisa menurunkan kualitas penampilan. Nah, dengan menggunakan lipstick maka masalah tersebut akan dapat teratasi dengan cepat.

Untuk mengenali lipstick yang sudah kadaluarsa anda akan dapat mengenalinya dari perubahan tekstur dan aroma pada lipstick itu sendiri. Untuk lipstick yang sudah kadaluarsa biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap seperti bau tengik atau bau yang menyengat. Selain itu, pada lipstick yang sudah kadaluarsa umumnya akan sulit diaplikasikan ke bibir. Warna menjadi pudar dan lipstick akan cenderung menggumpal.

Pelembab Bibir

Pelembab bibir atau yang dikenal dengan sebutan lip gloss adalah jenis makeup yang umumnya hampir dimiliki oleh semua orang. Karena fungsinya yang lebih kepada merawat bibir inilah yang menjadi alasan mengapa pelembab bibir menjadi kebutuhan banyak orang.

Tidak seperti lipstick, umumnya lip gloss tidak berwarna namun demikian sebagian ada yang disertai dengan perona. Karena fungsinya sebagai skincare maka penting sekali untuk memperhatikan dengan baik kualitas dari produk pelembab bibir yang anda pilih.

Selain itu, ketika produk ini sudah memasuki masa kadaluarsa maka sebaiknya perhatikan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Karena produk pelembab bibir yang sudah kadaluarsa alih-alih memberikan manfaat dan menutrisi bibir. Hal ini malah akan memberikan masalah dan membuat bibir mengalami iritasi.

Untuk itulah, penting sekali memperhatikan masa pakai dari produk yang satu ini. Sementara itu, untuk mengenali lip gloss yang sudah kadaluarsa biasanya anda bisa melihat dari kondisi lip gloss yang mengalami perubahan bau menjadi tidak sedap.

Warna dan teksturnya pun akan berubah menjadi menggumpal. Karena sebagian besar lip gloss datang dengan tekstur yang berminyak biasanya ketika tiba masa kadaluarsa, produk ini akan cenderung lengket dan sulit diaplikasikan ke bibir.

Nah, itulah dia beberapa jenis makeup yang penting untuk dikenali tanda-tanda kadaluarsanya sebagaimana dikutip dari laman Sindonews.com yang disampaikan oleh Time of India.

Selain memperhatikan masa kadaluarsa dari produk makeup. Beberapa aplikator alat kecantikan pun penting anda perhatikan masa pakainya dengan baik. Hal ini dikarenakan membiarkan berlama-lama menggunakan aplikator makeup tanpa memperhatikan kebersihannya akan tentu membawa masalah kesehatan untuk tubuh kita.

Mengenali Tanda Kadaluarsa Aplikator dan Produk Kecantikan Lainnya

Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa memperhatikan dengan baik keamanan dan kualitas dari produk kecantikan yang kita gunakan adalah hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Sebab tentunya kita semua ingin bahwa kecantikan kita dibarengi dengan terjaganya kesehatan dalam tubuh.

Nah, selain memperhatikan dan mengenali ciri kadaluarsa dari produk makeup untuk wajah diatas. Dibawah ini mari kita simak mengenali tanda kadaluarsa aplikator dan produk kecantikan lainnya.

Brush Atau Kuas Makeup

Bukan hanya bedak dan produk kecantikan lainnya yang penting diperhatikan penggunaannya. Akan tetapi, aplikator sejenis kuas makeup pun akan tentu berbahaya bila anda sembarangan menggunakannya. Makeup brush atau kuas makeup harus sering dicuci secara teratur. Selain itu, ada masa maksimal dari penggunaan aplikator makeup yang satu ini dimana anda harus segera membuangnya dan menggantinya dengan yang baru.

Biasanya brush makeup hanya dapat bertahan selama 3 hingga dengan 4 bulan pada penggunaan maksimalnya. Sisanya, kuas makeup yang sering digunakan untuk segala jenis produk kecantikan termasuk bedak, eyeshadow, blush on dan lain sebagainya akan tentu terkontaminasi dengan banyak kuman dan bakteri.

Meski sering digunakan namun bahan-bahan yang ada pada kuas makeup akan sulit untuk benar-benar dihilangkan. Maka dari itu, menggantinya dengan yang baru adalah solusi terbaik untuk masalah yang satu ini.

Sisir

Sisir adalah salah satu media untuk merapikan rambut. Hampir setiap orang punya sisir di rumahnya, baik pria maupun wanita mereka pasti punya satu atau dua sisir. Nah, penggunaan sisir sama halnya dengan kuas makeup. GUna mencegah rambut dari cemaran kotoran maka anda perlu mengganti sisir setelah masa pakai sisir sudah habis.

Biasanya sisir bisa digunakan dalam kondisi prima artinya masih layak digunakan hingga 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Penjelasan ini sebagaimana disampaikan oleh para ahli dalam majalah Women’s Health.

Selain itu, anda pun perlu segera mengganti sisir apabila ditemukan retakan pada sisir. Atau mungkin bulus ikat yang keluar dari bagian alas sisir. Sebab tentunya, sisir semacam ini akan mengurangi kenyamanan anda pada saat menggunakannya.

 

 
Loading...

Loading...