Mengetahui Beberapa Hal yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan

Pernikahan adalah sebuah jalinan yang sakral yang diharapkan hanya terjadi satu kali dalam kehidupan seseorang. Prosesi yang begitu khidmat dan begitu suci ini merupakan sebuah peroses panjang yang akan terus terjalin seumur hidup dalam kehidupan orang yang menjalaninya. Panjangnya proses yang akan ditempuh sebuah pasangan dengan lika-liku kehidupan yang begitu beragam, mungkin sekali membuat seseorang mengalami masalah rumah tangga, salah satunya adalah kejenuhan dan rasa bosan yang mungkin saja terjadi dan menghinggapi sebuah hubungan pernikahan.

Untuk itulah, sebuah pasangan dituntut untuk selalu menjaga dan memupuk jalinan cintanya bersama dengan pasangan agar senantiasa terasa begitu indah dan selalu bersemian sebagaimana cinta yang begitu besar yang mereka rasakan sewaktu mereka berpacaraan dulu. Setelah menikah, setiap pasangan dituntut untuk saling melengkapi dan memiliki kesamaan tujuan hidup dimasa depan. Pernikahan bukanlah sesuatu yang bisa diremehkan dan dipermainkan. Bukan juga hanya bermodalkan keinginan saja, akan ada begitu banyak tanggung jawab yang harus dilakukan untuk bisa mempertanggung jawabkan atas sebuah komitmen dan hubungan yang anda jalani. Sebuah pernikahan yang baik tentu akan bisa bertahan hingga usia senja. Baik tua maupun muda, dituntut untuk selalu memiliki komitmen terhadap pasangannya untuk bisa saling mencintai dan menyayangi hingga maut memisahkan mereka.

Mungkin berbeda seperti saat anda dan pasangan masih menjalin hubungan cinta sewaktu pacaran, rasa cinta dan asmara yang anda rasakan bersama dengan pasangan mungkin terasa begitu besar dan begitu membara. Namun setelah menikah, rasa sayang dan cinta ini akan mungkin berkurang karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena tuntutan hidup dan kenyataan berbalik yang harus kita hadapi dalam kehidupan ini. Sama halnya dengan sebuah iman, hubungan pernikahan pun akan mungkin mengalami naik turun. Adakalanya kita merasa begitu penuh cinta dengan pasangan, namun adapula masanya saat cinta yang kita jalin bersama dengan pasangan terasa begitu renggang dan terasa begitu gersang. Namun bagaimana kita menyikapinya dengan bijak, adalah hal yang akan senantiasa bisa mengantarkan kita pada penyelesaian masalah dengan baik sehingga masalah tersebut akan bisa diatasi dan cinta akan bisa bersemi kembali.

Dalam sebuah hubungan pernikahan, masalah adalah hal yang wajar yang datang sebagai ujian atau cobaan dalam hubungan pernikahan. Namun, alangkah lebih baik jika kita bisa menghindari atau mencegah jika masalah tersebut tidak terjadi dalam hubungan pernikahan kita yang akan dapat membuat hubungan yang kita bina bersama dengan pasangan mengalami masalah yang fatal yang akan merusak hubungan cinta. Nah, berikut ini kita kenali dan kita ketahui hal apa saja yang bisa merusak hubungan pernikahan.

Mengetahui Beberapa Hal yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan

1. Tidak Saling Terbuka

Tidak sedikit orang yang menikah dan masih menutup-nutupi masa lalu atau menyembunyikan rahasia sari pasangannya. Entah karena malu mengungkapkan, atau karena hal tersebut akan membuat jalinan cinta yang dibina menjadi rusak. Namun, apapun bentuknya, menyimpan rahasia atau mentupi hal dari pasangan tidaklah dibenarkan. Tidak adanya keterbukaan diantara masing-masing pasangan bisa membuat pasangan kehilangan rasa kepercayaan jika hal ini terus berulang dan tidak ada niatan pasangan untuk bisa merubahnya. Setiap pasangan yang sudah menikah, tentu menginginkan jika dirinya bisa menjadi satu-satunya orang yang dipercaya oleh pasangan. Jika anda masih menyembunyikan segala hal dari pasangan, itu berarti anda masih belum bisa mempercayai pasangan anda. Sebuah kejujuran mungkin akan terasa menyakitkan dan bisa membuat pasangan kita kecewa, namun diterima atau tidaknya, semua akan kembali pada masing-masing pasangan. Yang terpenting adalah bagaimana usaha yang anda lakukan untuk mencoba terbuka dan menyampaikan apa yang terjadi dengan diri anda tanpa ingin ada yang ditutup-tutupi.

2. Seringkali Mengomentari Pasangan

Satu tindakan sepele namun bisa merusak hubungan adalah bila anda seringkali melihat hal-hal negatif atau kekurangan pasa pasangan, lantas anda menghujatnya atau mengomentarinya. Hal ini tentu saja, lama-kelamaan akan membuat pasangan merasa kesal, tidak dihargai dan tentu tersinggung dengan apa yang anda lakukan padanya, yang pada akhirnya akan berujung pada meningkatnya emosi. Mengomentari bagaimana cara pasangan dala bertindak dan berbicara akan membuat anda terkesan menjadi seseorang yang cerewet meskipun anda adalah istrinya sendiri. Anda mungkin berpendapat bahwa suami anda adalah orang yang baik, hanya saja tidak memenuhi kriteria pria yang sempurna yang anda impikan. Namun, percayalah, tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, pasangan yang anda dapatkan saat ini mungkin telah mencoba menjadi apa yang anda harapkan, setidaknya hargailah ia.

3. Campur Tangan Orangtua

Masalah yang seharusnya ditangani oleh suami dan istri dalam rumah tangga dan dicampuri oleh orangtua tentu akan bisa merusak hubungan pernikahan. Karena kita tahu, orangtua umumnya akan memberatkan salah satu pihak dalam pembelaan. Dimana hal ini kebanyakan akan jatuh pada anaknya sendiri. Meskipun ada juga yang lebih memberatkan menantu, namun seperti hal ini jarang sekali terjadi hanya segelintir orang yang mengalaminya. Untuk itulah, ketika ada masalah menerjang hubungan pernikahan anda, maka sebijaknya sebisa mungkin jangan sampai orangtua anda tahu dan selesaikan berdua dengan kepala yang dingin.

4. Komunikasi yang Buruk

Komunikasi yang buruk seringkali menjadi masalah paling banyak dijumpai, baik pada mereka yang sudah menikah ataupun mereka yang masih menjalin asmara. Dalam pernikahan, sulitnya menjalin komunikasi yang baik, umumnya disebabkan karena masing-masing orangnya sibuk bekerja dan sibuk dengan tanggung jawabnya masing-masing. Nah, apabila anda menginginkan sebuah komunikasi yang baik terjalin dalam hubungan pernikahan yang anda jalani, maka sebisa mungkin luangkan waktu atau cari cara yang bisa menghubungkan anda dengan pasangan. Minimal sempatkan waktu 5 menit setiap harinya hanya untuk memberikan kecupan dan doa untuk pasangan saat hendak pergi bekerja atau sepulang bekerja.

5. Keegoisan

Ketika terjadi konflik dan masalah dalam rumah tangga, keinginan yang keras untuk selalu benar dan selalu mersa paling benar adalah hal yang tidak seharusnya dilakukan. Sifat selalu ingin menang sendiri dan keegoisan akan membuat pasangan merasa kesal dan marah. Belum lagi, sebuah konflik tidak akan pernah terselesaikan jika masing-masing orangnya terus-terusan merasa benar dan ingin menang sendiri. Nah, jika sikap ini sering anda miliki, sebaiknya rubah kebiasaan ini untuk mendapatkan hubungan suami istri yang harmonis dan selalu bahagia dengan menghindari segala sumber masalah dan permasalahan.

Itulah dia beberapa hal yang bisa merusak sebuah ikatan pernikahan. Dengan mengetahui beberaa hal yang bisa merusak sebuah pernikahan, diharapkan kita bisa menghindari sumber masalah sehingga masalah tidak terjadi dalam rumah tangga. Dengan demikian keharmonisan dalam berumah tangga akan bisa terjalin dengan baik.

Loading...

Loading...