Jerawat adalah masalah kulit yang dialami oleh wanita dan pria baik masih muda maupun sudah dewasa. Saat jerawat muncul, penderitanya pasti akan merasa terganggu terutama saat jerawat muncul di bagian wajah. Hal ini dikarenakan jerawat di wajah lebih mudah dilihat dari pada jerawat yang ada dipunggung. Namun, siapa bilang jerawat dipunggung tidak mengganggu? Jerawat dipunggung biasanya membatasi para penderitanya untuk menggunakan baju backless seperti salah satunya adalah kebaya modern. Nah, selain pergi ke dokter kulit, mengobati jerawat pun bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya adalah bawang putih.

Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang sering digunakan biasanya untuk memasak tumis-tumisan, perkedel, atau nasi goreng. Selain bisa memberi aroma yang membangkitkan selera makan, ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk mengobati jerawat. Karena bawang putih memiliki kandungan anti-viral yaitu kandungan untuk meredakan radang pada jerawat. Selain itu bawang putih pun memiliki kandungan astiri yang cukup tingga sehingga dapat berfungsi sebagai antiseptik dan atibakteri pada luka. Bawang putih yang paling baik digunakan adalah bawnag putih yang masih muda dan berukuran kecil, karena bawang putih ini biasanya memiliki kandungan antibiotik yang lebih tinggi ketimbang yang sudah matang atau yang bentuknya lebih besar.

Baca Juga:

Selain itu, bawang putih juga mampu mengobati komedo dan singkayo atau strechmark pada kulit. Strechmark ini biasanya terjadi saat hamil atau pasca melahirkan, kegemukan atau menggaruk kulit pada saat haid. Kandungan yang ada di bawang putih yaitu organisulfurlah yang membantu proses pengobatan kulit akibat strechmark. Jika digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama, bawang putih ini mampu menjaga kesehatan kulit serta mengencangkan kulit.

Mengobati jerawat dengan bawang putih bisa dilakukan dengan cara dikonsumsi seperti dibuat acar atau dimakan langsung seperti yang sering dilakukan masyarakat korea, atau dengan digunakan dalam bentuk masker. Caranya adalah pertama-tama, sediakan 2 siung bawang putih. Kupas kulit luarnya lalu cuci dengan air bersih sampai bersih. Setelah itu keringkan bawang dan tumbuk bawang sampai halus. Setelah selesai, cucilah wajah Anda dengan sabun atau milk cleanser. Keringkan dengan handuk. Oleskan tumbukan bawang yang sudah halus ke wajah Anda yang ada jerawatnya, ke hidung yang ada komedonya atau ke punggung. Diamkan selama 10 menit. Setelah selesai bilas dengan air lalu keringkan wajah Anda dengan handuk. Silahkan lakukan 2 kali dalam seminggu.   

Namun, adapun yang harus diperhatikan adalah jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif, sebaiknya Anda tidak menggunakan masker bawang ini. Karena akan membuat kulit Anda menjadi gatal dan kemerahan. Silahkan Anda gunakan masker lain seperti masker tomat, mentimun atau masker yang cocok dengan jenis kulit Anda. Selamat mencoba ya! Semoga bermanfaat!

Loading...

Loading...