Memilih makanan untuk penderita diabetes memiliki peranan yang amat penting guna memastikanagar gula darah tetap terjaga denganbaik. Pasien penderita diabetes tidak bisa sembarangan mengkonsumsi aneka jenis makanan yang mereka sukai. Pasalnya, asupan kadar gula yang meningkat dalam darah akan dapat membuat kondisipasien menjadi semakin memburuk.

Salah penyebab peningkatan gula di dalam darah yang lebih sering terjadi adalah karena jenis makanan yang dikonsumsi. Oleh karenanya penting sekali menjaga asupan makanan ke dalam tubuh dengan baik.

Baca Juga:

Peningkatan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes akan dapat menimbulkan berbagi risiko kesehatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan pada bagian saraf, gagal gijal dan pada kondisi yang lebih buruk penyakit jantung biasanya menjadi kondisi yang mengintai para penderita diabetes. Untuk itulah dalam menjaga kesehatan si penderita diabetes, menu diet seimbang menjadi asupan penting untuk diperhatikan.

tips-deiet-penderita-diabetes.jpg

Menu Diet Seimbang Untuk Penderita Diabetes

Makanan sehat wajib hukumnya untuk semua orang, terutama untuk mereka yang menderita diabetes. Prinsip pengaturan makanan untuk penderita diabetes pada dasarnya sama saja dengan masyarakat umum. Namun yang terpenting adalah asupan gizi seimbang dengan kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Selain itu, penting diketahui dengan baik bahwa tidak semua jenis makanan akan bisa dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes. Di bawah ini adalah menu diet seimbang untuk penderita diabetes yang wajib anda ketahui.

Karbohidrat

Salah satu asupan nutrisi dan gizi yang penting dipenuhi oleh para penderita diabetes adalah karbohidrat. Namun jumlahnya perlu diperhatikan dengan sangat baik. Hal ini dikarenakan asupan karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan akan dapat menyebabkan kenaikan gula dalam darah yang terjadi secara signifikan. Oleh karenanya, perhatikan dengan baik permasalahan yang satu ini.

Anjuran konsumsi karbohidrat untuk penderita diabetes adalah sekitar 46 sampai dengan 65 persen dari total asupan kalori ke dalam tubuh. Terutama untuk jenis karbohidrat yang berserat tinggi. Asupannya dianjurkan tidakkurang dari 130 gram per harinya.

Takaran ini menjadi acuan yang penting untuk senantiasa diikuti guna memaintain kondisi kesehatan anda sebab diabetes tidak akan dapat sembuh dengan total. Maka dari itu, pemantauan kesehatan dan pola hidup sehat menjadi hal penting untuk senantiasa anda perhatikan dengan baik.

Lemak

Lemak menjadi salah satu asupan yang diperlukan oleh tubuh dalam pembentukkan massa otot. Untuk penderita diabetes, anjuran asupan lemak ke dalam tubuh tidak lebih dari 20 persen sampai dengan 25 persen dari kebutuhan kalori di dalam tubuh. Selain itu, takarannya pun tidak boleh melebihi 30 pensen dari total asupan energi yang anda asup ke dalam tubuh.

Sementara untuk komposisi yang dianjurkan untuk asupan lemak jenuh jumlahnya tidak lebih dari 7 persen dari kebutuhan kalori. Sementara untuk lemak tidak jenuh ganda takarannya tidak kurang dari 10 persen dan selebihnya adalah dari lemak tidak jenuh. Sementara untuk konsumsi kolesterol tidak dianjurkan kurang dari 200 mg per harinya.

Takaran di atas perlu diperhatikan dengan baik apalagi bila asupan makanan yang biasa anda konsumsi penuh dengan kandungan lemak dan kalori.

Protein

Jumlah kebutuhan kalori yang diperlukan untuk penderita diabetes adalah tidak kurang dari 10 sampai dengan 20 persen dari total asupan kalori ke dalam tubuh. Sumber protein yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes adalah dari ikan, tempe, kacang-kacangan, susu rendah lemak, ayam tanpa kulit dan masih banyak lagi.

Keberagaman menu yang bisa anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh akan tentu memudahkan anda mencari aneka jenis makanan yang anda inginkan. Sehingga anda tidak akan terjebak dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Gula

Meskipun gula menjadi salah satu asupan yang menyeramkan untuk para penderita diabetes. Namun bukan berarti hal ini membuat anda tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali. Selama anda mengetahui batas aman konsumsi gula harian ke dalam tubuh maka kadar gula di dalam darah akan dapat terjaga dengan baik.

Adapun batas konsumsi gula yang disarankan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam satu hari adalah sebanyak 50 gram gula. Hanya saja, untuk anda para penderita diabetes sebaiknya ganti asupan gula dengan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium. Bahan pemanis ini akan baik untuk meningkatkan fungsi insulin di dalam tubuh. sehingga membantu anda mengendalikan gula darah dengan lebih baik.

Pastikan pula mengurangi kebiasaan konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis. Perhatikan pula beberapa makanan dan minuman yang menjebak seperti soda. Meskipun makanan dan minuman ini tidak terasa terlalu manis akan tetapi kandungan gula di dalamnya sangat tinggi dan ini akan tentu berbahaya untuk penderita diabetes.

Pilihan Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes

Kadar gula di dalam darah yang mudah melonjak membuat para penderita diabetes perlu berhati-hati dan cermat dalam memilih aneka jenis makanan yang mereka konsumsi. Karena tidak semua jenis makanan akan aman dinikmati oleh para penderita diabetes.

Di bawah ini adalah beberapa pilihan menu makanan yang bisa anda nikmati.

Sayuran Berwarna Hijau Gelap

Jenis makanan pertama yang menjadi anjuran untuk anda para penderita diabetes adalah makanan alami dari sayuran. Namun tidak semua jenis sayuran menjadi rekomendasi bahan makanan yang bisa anda nikmati sesuka hati. Adalah sayuran berwarna hijau gelap yang aman untuk anda nikmati.

Beberapa sayuran dengan warna hijau gelap seperti brokoli, sawi da juga kangkung menjadi pilihan menu makanan bagi anda. Hal ini dikarenakan sayuran dengan warna hijau gelap memiliki kandungan vitamin A,C,E,K dan bahkan kandungan kalsium juga kalium serta komposisi zat besi. Yang mana tentunya bahan ini akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian untuk anda yang menderita diabetes.

Selain itu, kandungan karbohidrat yang idak terlalu tinggi membuatnya tak langsung diolah tubuh menjadi kadar gula yang melonjak. Serat yang ada dalam kandungan bahan makanan yang anda konsumsi akan membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Sehingga hal ini akan membantu anda menjalani diet anda seharian. Pastikan anda menyertai olahan sayuran dengan bumbu dan rempah hijau lain seperti daun bawang, cabai hijau dan masih banyak lagi.

Ikan dengan Kandungan Omega 3

Omega 3 termasuk ke dalam salah satu asupan gizi yang akan membantu mengendalikan tekanan darah pada penderita diabetes agar tidak terlalu tinggi. Tak hanya itu, manfaat dari mengkonsumsi asam omega 3 akan dapat membantu mengruangi munculnya komplikasi akibat dari diabetes seperti halnya penyakit jantung, peradangan dan juga hipertensi.

Adapun salah satu asupan sumber omega 3 yang baik bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi ikan. Beberapa jenis ikan dengan kandungan omega 3 yang melimpah diantaranya adalah ikan tuna, ikan salmon dan ikan sarden. Selain memperhatikan pemilihan jenis ikan yang anda konsumsi, pengolahannya pun perlu diperhatikan dengan baik.

Sebaiknya olah ikan yang anda konsumsi dengan cara dipanggang atau dikukus. Cara ini akan baik untuk menghindari asupan lemak tambahan ke dalam olahan bahan makanan yang akan anda nikmati. Karena proses mengolah makanan dengan cara digoreng melibatkan banyak lemak yang berasal dari minyak yang anda gunakan untuk menggoreng ikan.

Konsumsi ikan dengan kandungan omega 3 secara rutin untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi di dalam tubuh dengan lebih baik. Adapun anjuran yang disarankan adalah konsumsi ikan adalah dua kali dalam satu minggu.

Kacang Kedelai

Bahan makanan lain yang akan aman dikonsumsi oleh mereka para penderita diabetes adalah kacang kedelai. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di  University of Massachusetts Amherst dimana para ilmuwan yang terlibat di dalamnya menyatakan bahwa kacang kedelai merupakan salah satu jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Hal ini dikarenakan kedelai memiliki kandungan isoflavon yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan menurunkan risiko terhadap penyakit jantung. Konsumsi makanan dengan kandungan kedelai terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan juga meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh.

Adalah sensitivitas insulin adalah sebuah kondisi yang menjabarkan seberapa peka sel-sel tubuh dalam merespon insulin yang ada di dalam tubuh. Apabila sensitifitasnya tinggi maka sel tubuh mampu menggunakan gula darah secara efektif dan efisien sehingga mengurangi kadar gula di dalam darah.

Bukan hanya itu, kedelai pun termasuk ke dalam makanan dengankandungan serat lengkap yang juga punya indeks glikemik yang rendah. Tentunya kedelai adalah makanan yang tinggi akan protein. Karena indeks glikemiknya yang rendah maka penderita diabetes yang mengkonsumsi bahan makanan ini akan dapat aman karena kadar gula di dalam darah tetap stabil.

Susu dan Yogurt

Bahan makanan lain yang menjadi pilihan menu diet penderita diabetes yang aman untuk dinikmati adalah susu dan produk olahannya yakni yogurt. Susu kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D dan kabar baiknya adalah bahan makanan ini akan baik dan aman untuk anda nikmati.

Sebuah penelitian yang dilakukan di The Journal of Nutrition bahkan menyatakan bahwa susu dan produk olahannya yakni yogurt memiliki kandungan nutrisi yang bervariasi seperti mineral, vitamin dan bahkan protein yang berkualitas tinggi yang mana baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Tak hanya manfaat itu, susu dan yogurt pun masuk ke dalam jenis makanan yang punya indeks glikemik yang rendah sehingga bahan makanan ini akan aman dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani diet penurunan kadar gula di dalam darah.

Adapun jenis yogurt yang dianjurkan dikonsumsi adalah jenis Greek Yogurt karena minuman ini punya kandungan probiotik, protein yang tinggi dan kalsium yang melimpah. Selain itu, jenis yogurt yang satu ini pun masuk ke dalam jenis makanan dengan kandungan protein tinggi namun rendah dengan karbohidrat.

Sayuran Non Pati

Selama ini anda mungkin mengetahui bahwa sayuran adalah jenis makanan sehat yang aman untuk dikonsumsi meski dalam jumlah yang banyak. Namun untuk penderita diabetes anda perlu memilah lebih baik karena tidak semua jenis makanan termasuk sayuran akan bisa anda konsumsi sesuka hati anda.

Apalagi ada jenis sayuran yang mengandung pati yang mana jenis ini adalah bahan makanan yang punya kadar karbihdrat yang tinggi dengan nilai indeks glikemik yang juga tinggi. Apabila si penderita diabetes mengkonsumsi bahan makanan ini maka dampaknya akan sangat berbahaya sebab menaikkan kadar gula di dalam darah dengan cepat.

Sementara itu, sayuran non-pati punya manfaat yang sebaiknya. Kandungan karbohidrat dalam sayuran ini cenderung rendah dengan indeks glikemik yang juga rendah. Ketika anda mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan indeks glikemik yang rendah maka anda tidak perlu khawatir dengan kenaikan gula dalam darah sebab bahan ini akan membuat gula darah anda tetap stabil.

Hal ini dikarenakan makanan dengan nilai indeks glikemik yang renah akan cenderung membuat penyerapan gula berjalan dengan lambat. Sehingga karena alasan inilah bahan makanan ini akan aman untuk anda konsumsi. Adapun berbagai jenis sayuran non pati diantarany adalah brokoli, sawi dan juga wortel.

Tips Diet Si Penderita Diabetes

Selain memperhatikan aneka jenis makanan anjuran yang bisa dikonsumsi. Tentunya menjalani diet dengan tergesa-gesa akan terasa seperti beban yang sulit untuk dijalani. Akan tetapi mau tidak mau hal tersebut harus anda jalani sebab seseorang yang sudah divonis menderita diabetes tidak akan dapat sembuh total sampai kapanpun.

Salah satu jalan yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga pola hidup sehat guna memaintain agar diabetes tidak kambuh dan menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips menjalani diet untuk si penderita diabetes.

Lakukan dengan Perlahan

Perubahan tidak bisa dilakukan dengan cepat secepat membalikan telapak tangan. Sama halnya dengan diet dan pola hidup sehat yang harus anda jalani untuk menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil. Apalagi selama ini anda terbiasa menyantap aneka jenis makanan tidak sehat yang begitu anda sukai.

Namun tenang, kami memahami betapa perubahan ini akan membawa beban apabila anda melakukannya dengan sekaligus. Lakukan dengan perlahan dan pastikan anda konsisten selama melakukan perubahan tersebut. Jangan tergoda dengan kenikmatan sesaat yang justru akan menyesatkan diri anda.

Agar tidak menyulitkan anda maka lakukan secara bertahap. Awali pagi hari anda dengan segelas air putih kemudian olahraga pagi yang bugar. Sarapan nasi goreng penuh lemak bisa anda ganti dengan oatmeal dicampurkan dengan buah-buahan dan susu. Begitupun dengan waktu makan lainnya, mulailah mengubahnya dengan perlahan.

Merancang Menu Makanan Harian Anda

Untuk menghindari risiko tergoda dengan aneka makanan lain maka penting sekali membuat makanan anda di rumah. Bila perlu catat rancangan menu makanan harian yang akan anda sajikan sehingga anda tak kebingungan. Cari tahu lebih banyak tentang aneka jenis olahan makanan yang aman untuk penderita diabetes.

Bila perlu lakukan sharing dengan komunitas penderita diabetes tentang menu makanan yang baik dikonsumsi. Dengan begini anda tidak akan merasa kesulitan dan tidak merasa sendiri.

Dapatkan Support

Jangan terjebak dengan kesendirian karena ini akan membuat perjuangan anda dalam melawan diabetes akan semakin sulit. Dapatkan support dari orang-orang sekitar yang anda cintai yakinkan diri anda bahwa ini bukanlah akhir dari segalanya bila keinginan anda kuat untuk sehat maka tidak ada yang mustahil untuk dilakukan.

Loading...

Loading...