Semua pasti setuju bahwa berolahraga adalah salah satu kegiatan yang paling menyehatkan dan membuat tubuh yang lemas bisa kembali bugar. Berolahraga secara rutin akan memberikan manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan, salah satunya adalah pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh menjadi energi. Bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan, olahraga menjadi kunci sukses dalam penurunan berat badan yang lebih sehat.

Berbicara mengenai olahraga salah satu elemen penting yang akan menunjang kegiatan olahraga menjadi lebih nyaman dan menyenangkan adalah penggunaan pakaian yang anda kenakan pada saat berolahraga.

Baca Juga:

Pasalnya, berolahraga adalah melakukan aktivitas yang menguras keringat dengan banyak pergerakan yang beragam. Salah menggunakan kostum sewaktu berolahraga mungkin membuat anda tidak nyaman dengan hal ini. Belum lagi, keringat yang seharusnya diproduksi dengan maksimal malah terhambat karena pakaian yang anda kenakan keliru.

Nah, agar kegiatan berolahraga kali ini terasa nyaman dan efektif untuk dilakukan. Maka mari simak beberapa tips dalam memilih pakaian olahraga di bawah ini.

memilih-pakaian-olahraga.jpg

Tips Memilih Pakaian Untuk Berolahraga yang Nyaman

Kebanyakan orang berasumsi keliru, terutama hal ini dialami oleh para wanita. Mereka mengartikan bahwa pakaian yang tepat untuk digunakan berolahraga adalah jenis pakaian ketat yang terbuat dari bahan yang elastis. Akan tetapi, tidak selamanya demikian.

Pada saat kita berolahraga, tubuh kita membutuhkan ruang gerak yang luas. Pakaian yang ketat dan sempit akan tentu membatasi pergerakan anda dengan lebih leluasa. Apalagi bila pakaian ketat tersebut adalah pakaian yang kasar seperti bahan denim maka mungkin kegiatan berolahraga anda akan terhambat sebab anda merasakan ketidak nyamanan.

Nah, oleh karenanya di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda perhatikan dalam memilih pakaian untuk berolahraga. Seperti apa saja? Mari kita simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Hal penting pertama yang perlu diperhatikan pada saat pemilihan pakaian untuk berolahraga adalah memperhatikan jenis pakaian itu sendiri. Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2017 seputar olahraga menunjukan hasil bahwa pemilihan pakaian yang tepat akan dapat berpengaruh terdapat efek pendinginan badan setelahnya. Di dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa pakaian dengan bahan polipropena akan lebih baik dikenakan sewaktu olahraga dibandingkan pakaian dengan bahan poliester biasa.

Polipropena adalah bahan pakaian yang biasa digunakan untuk pakaian dalam termal. Pakaian dalam semacam ini dipercaya akan dapat membuat tubuh anda cepat kering dari keringat yang diproduksi sewaktu berolahraga. Maka dari itu, anda yang berencana berolahraga apalagi aktivitas ini seringkali dilakukan secara rutin maka mempertimbangkan menggunakan pakaian olahraga dari bahan khusus menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Sebab hal ini pun akan tentu mempengaruhi kenyamanan anda.

Selain itu, hindari pula berolahraga dengan pakaian yang tidak punya kemampuan menyerap keringat dengan baik. Sebab dikhawatirkan olahraga yang anda jalani dengan sering malah membuat masalah pada tubuh muncul akibat tumpukan bakteri dan kuman dari keringat yang tidak diserap dengan baik oleh pakaian yang anda kenakan.

Bukan hanya itu, anda yang bermasalah dengan bau badan, berolahraga dengan pakaian yang tidak menyerap keringat bisa jadi membuat anda mengalami rasa percaya diri yang bergejolak. Sebab timbunan keringat yang membasahi tubuh anda akan sulit diserap dan disembunyikan. Maka dari itu, perhatikan dengan baik hal ini agar jangan sampai membuat anda merasa malu.

Gunakan Jaket Pada Saat Cuaca Berangin

Tidak sedikit masyarakat modern kita saat ini merasa lebih percaya diri berolahraga dengan pakaian terbuka seperti baju tidak berlengan ditambah celana pendek yang mini. Pakaian seperti ini memang menjadi tema yang cocok digunakan pada saat berolahraga. Apalagi untuk anda yang punya body aduhai tentu saja, olahraga tak hanya menjadi kegiatan untuk menjaga kebugaran saja. Namun hal ini pun bisa menjadi ajang yang tepat untuk memamerkan keindahan bentuk tubuh anda.

Namun demikian, kostum yang terbuka tidak selalu baik dan sesuai untuk digunakan berolahraga. Bila anda berolahraga di dalam ruangan mungkin sah-sah saja kostum tersebut anda gunakan. Hanya saja, ketika anda berolahraga di luar ruangan dengan kondisi berangin yang tidak menyenangkan maka bisa mungkin memaksakan menggunakan setelah yang terbuka malah membuat anda gampang sakit. Batuk dan flu mungkin menyerang anda setelahnya.

Nah, untuk menghindari masalah tersebut terjadi maka sebaiknya gunakan pakaian luaran yang akan membuat anda merasa lebih nyaman. Penggunaan jaket pada saat cuaca berangin akan menjadi alternatif yang baik untuk menunjang kegiatan berolahraga anda tetap terasa menyenangkan. Selain itu, anda pun masih bisa menggunakan pakaian terbuka hanya saja dilengkapi dengan bagian luar berupa jaket.

Bila anda khawatir penggunaan jaket akan membuat anda kurang menarik. Maka pastikan anda menggunakan jaket yang stylish dan modern sehingga cocok dipadukan bersama dengan outfit yang anda kenakan pada saat yang sama.

Gunakan Sport Bra

Bagi anda para wanita yang senang berolaharaga, penggunaan sport bra menjadi hal penting yang harus anda gunakan. Sebagaimana dikatakan para ahli, penggunaan sport bra akan dapat mencegah perasaan sakit dari payudara sewaktu berolahraga. Apalagi jika pergerakan selama berolahraga cukup aktif. Karena biasanya pergerakan payudara sewaktu berolahraga seringkali menyebabkan rasa sakit yang membuat tidak nyaman.

Nah, penggunaan sport bra akan dapat menopang bagian payudara anda sehingga memperkecil pergeseran atau pergerakan ke atas ke bawah saat anda berolahraga baik pada saat berlari atau pada saat melakukan aktivitas lainnya.

Pemilihan ukuran sport bra yang sesuai pun menjadi langkah penting untuk senantiasa anda perhatikan dengan baik. Gunakan sport bra yang memang cocok dan nyaman untuk anda kenakan. Anda bisa melakukan fitting terlebih dahulu pada sport bra yang akan anda beli. Atau lakukan konsultasi dengan pegawai toko apakah sport bra yang anda pilih akan sesuai dengan ukuran anda atau tidak.

Gunakan Sepatu yang Sesuai

Pentingnya menggunakan perlengkapan dan peralatan olahraga akan tentu menunjang kegiatan anda selama menjalani aktivitas yang cukup menguras fisik anda ini. Jangan sepelekan manfaat dari menggunakan sepatu olahraga saat anda berolahraga. Karena selain membuat anda merasa nyaman, penggunaan sepatu olahraga akan menunjang kegiatan seperti lari atau aktivitas lainnya dalam berolahraga menjadi terasa lebih nyaman.

Selain itu, memilih sepatu olahraga yang tepat dengan ukuran yang pas akan dapat meminimalisir risiko cedera yang mungkin terjadi. Sepatu yang tepat pun akan membuat anda merasa lebih nyaman. Adapun beberapa definisi yang perlu disamakan dari sepatu olahraga yang tepat pada dasarnya punya kreteria seperti di bawah ini.

  • Memberikan dukungan yang tepat untuk bagian kaki anda.
  • Memiliki sol sepatu yang datar dan tidak licin sehingga nyaman pada saat digunakan.
  • Sepatu yang digunakan tidaklah terlalu sempit atau terlalu besar yang akan membuat risiko lecet atau cedera bisa terjadi.
  • Penyangga tumit yang mumpuni sehingga menunjang aktivitas olahraga berjalan dengan lancar tanpa hambatan.
  • Mengganti sepatu apabila bagian solnya telah rusak.
  • Mengganti sepatu apabila kaki terasa lelah atau tulang kering dan pinggul anda terasa sakit.

Memperhatikan penggunaan sepatu yang baik dan benar menjadi hal penting yang harus senantiasa diperhatikan dengan baik sebab penggunaan sepatu yang salah akan  bisa berdampak terhadap berbagai aspek kesehatan yang lain. Selain itu,tujuan utama dari berolahraga anda adalah untuk membuat tubuh lebih bugar bukan untuk memberikan masalah kesehatan lainnya.

Maka dari itu, penting sekali memperhatikan penggunaan sepatu dan alat pendukung olahraga lainnya yang perlu anda perhatikan dengan baik. Agar demikian, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan kebugaran anda pun terjaga dengan baik.

Bolehkah Menggunakan Baju Olahraga Secara Berulang Tanpa Dicuci?

Terkadang karena lelah setelah berolahraga tidak sedikit orang malas untuk mencuci baju olahraga mereka. Alhasil ketika esok hari mereka cenderung tidak punya pilihan dan mengenakan kembali pakaian yang sama yang mereka gunakan dihari sebelumnya tanpa mencuci terlebih dahulu pakaian tersebut.

Meski tampilan sekilas pakaian olahraga yang tidak anda bersihkan terlihat masih bersih dan tidak ada noda. Namun hal ini sebenarnya akan cukup berisiko sehingga anda perlu mau tidak mau meluangkan waktu mencuci terlebih dahulu pakaian olahraga yang akan anda gunakan kembali.

Karena sebaliknya, menggunakan baju olahraga secara berulang tanpa dibersihkan dengan baik akan dapat menyebabkan permasalahan terjadi. Diantaranya adalah:

Bau Badan

Permasalahan pertama dari membiasakan menggunakan pakaian bekas apalagi untuk berolahraga adalah risiko bau badan. Apalagi olahraga adalah salah satu aktivitas yang banyak melibatkan produksi keringat dalam jumlah yang banyak. Sudah pasti pakaian yang bahkan terlihat bersih sekalipun sebenarnya terdapat serapan keringat dalam jumlah yang banyak.

Hal inilah yang membuat bakteri bersarang di dalam pakaian tersebut. selain itu, pada saat anda berolahraga suhu tubuh anda akan meningkat. Pada saat tersebut, sistem saraf otonmon merangsang bagian kelenjar apokrin (kelenjar keringat) untuk menghasilkan keringat guna meredam suhu tubuh anda pada saat berolahraga.

Pada dasarnya, keringat yang dihasilkan oleh tubuh tidaklah berbau. Hanya saja, keringat yang menempel terlalu lama akan dapat berekresi bersama dengan bakteri yang mana kondisi inilah yang seringkali menimbulkan aroma tidak sedap pada saat anda berkeringat dalam jumlah yang berlebihan. Dengan semakin banyak keringat yang diproduksi maka akan semakin kuat pula aroma yang dihasilkan dari tubuh anda.

Itulah mengapa, sebaiknya jangan gunakan pakaian olahraga bekas untuk olahraga sebelumnya. Tidak ada salahnya sempatkan beberapa saat untuk mencuci dan mengucek pakaian bekas anda gunakan. Keringkan dengan mesin cuci agar esok hari ketika dibutuhkan anda akan bisa menggunakannya kembali.

Infeksi Bakteri

Risiko lainnya yang mungkin terjadi pada anda yang seringkali menggunakan pakaian bekas atau pakaian kotor untuk berolahraga adalah adanya infeksi bakteri. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh anda yang lembab karena berkeringat sewaktu berolahraga adalah tempat yang paling nyaman bagi bakteri untuk bisa tumbuh dan berkembang. Hal inilah yang akan dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri apabila baju bekas kemarin berolahraga anda kenakan kembali di hari esoknya.

Apalagi bila anda memberanikan diri menggunakan celana olahraga bekas untuk digunakan kembali di hari ini. Maka ini artinya anda membiarkan kuman dan bakteri yang menempel pada celana olahraga anda masuk dan menginfeksi bagian organ genital anda. Selanjutnya bisa ditebak infeksi jamur dan bakteri pada organ vital akan mungkin menjadi keluhan yang anda rasakan.

Bukan hanya itu, terbiasa mengenakan kembali pakaian olahraga bekas akan membuat anda rentan dengan yang namanya jerawat. Apalagi ketika anda berkeringat pori-pori kulit anda akan terbuka dengan sangat lebar.

Kotoran dan kuman yang masuk ke dalam tubuh kemudian akan menyebabkan jerawat terjadi. Bagian tubuh yang bisa terkena dengan jerawat biasanya bagian mana saja, baik itu leher, lengan, punggung atau bahkan wajah anda sebab ketika menggunakan pakaian anda akan melewati bagian wajah anda sampai ke leher dan akhirnya dikenakan di badan anda.

Iritasi Kulit

Dampak bahaya selanjutnya yang mungkin terjadi dari kebiasaan menggunakan pakaian kotor bekas untuk beorlahraga adalah adanya iritasi kulit. Sebuah penelitian terpercaya yang dilakukan oleh profesor dermatologi mengungkapkan bahwa pakaian olahraga yang belum dicuci bisa dapat mengakibatkan perubahan terjadi pada kain tersebut. Dimana kain berubah menjadi sedikit kasar dan kondisi ini bisa saja membuat aktivitas anda menjadi tidak nyaman.

Bila anda memaksakan diri untuk menggunakan pakaian tersebut maka yang terjadi pada tubuh anda adalah timbulnya ruam, gatal bahkan sampai iritasi kulit. Bahkan pada beberapa orang yang punya riwayat alergi debu maka kondisi ini bisa berkembang dengan lebih parah.

Cara Mencuci Pakaian Olahraga dengan Baik dan Benar

Pada dasarnya tidak semua baju akan punya metode pencucian yang sama. Karena biasanya hal ini akan tergantung dari jenis kain yang dibuat untuk dijadikan sebuah pakaian. Termasuk dengan pakaian olahraga yang anda miliki. Namun di bawah ini adalah cara mencuci pakaian olahraga yang baik dan benar yang perlu anda perhatikan.

Rendam dengan Air Hangat

Untuk beberapa jenis pakaian dari bahan katun anda bisa merendamnya terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Cara ini dilakukan untuk membunuh bakteri yang bersarang pada pakaian akibat produksi keringat yang bercampur bersama dengan debu dan bakteri. Silahkan rendam dengan air hangat yang dicampur dengan diterjen secara merata.

Tentukan Kucek Atau Mesin Cuci

Tidak semua jenis pakaian bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Biasanya tehnik mencuci ini terdapat pada bagian belakang baju maka dari itu, perhatikan dengan baik seperti apa langkah pencucian yang benar. Anda bisa menguceknya dengan menggunakan tangan secara manual dan dengan perlahan. Atau menggunakan mesin cuci dimana anda tinggal memasukkan rendaman baju dengan deterjen ke dalam mesin cuci kemudian tunggu beberasa saat.

Bilas dengan Air Bersih

Setelah selesai mencuci dengan menggunakan mesin cuci pastikan anda membilas terlebih dahulu pakaian dengan menggunakan air bersih. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bekas deterjen yang digunakan untuk merendam pakaian. Sambil membilas anda bisa sambil mengamati apakah pakaian sudah bersih atau masih terdapat noda kotor di atasnya.

Keringkan dengan Merata

Selesai mencuci pakaian anda perlu untuk mengeringkannya dengan merata. Anda bisa menggunakan mesin cuci untuk mengeringkan pakaian olahraga anda agar lebih mudah dan lebih hemat waktu. Selain itu, mengeringkan pakaian dengan mesin cuci akan membuat pakaian lebih cepat kering secara merata.

Loading...

Loading...