Obati Jerawat dengan Jahe

Dear pembaca setia kami, apakah Anda familiar dengan kata jahe? Kami yakin, Anda pasti familiar dengan jahe. Jahe sering sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Rempah-rempah ini banyak ditemui di beberapa makanan dan minuman contohnya di kolak kacang, jamu, sayur, sekoteng, bahkan kue jahe. Jahe sama seperti daun mint memiliki rasa yang bisa membuat badan menjadi hangat. Namun sebagian orang banyak beranggapan bahwa jahe itu memiliki rasa pedas. (Artikel menarik lainnya: Cara menghilangkan bekas jerawat)

Jahe atau nama latinya adalah Zingiber officinale ternyata dtidak hanya digunakan sebagai bumbu untuk pelengkap rasa tetapi sekarang ini, jahe sering sekali digunakan untuk bahan-bahan pengobatan seperti obat untuk perut kembung atau masuk angin. Hal ini dikarenakan jahe ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Anda mungkin sering sekali melihat beberapa produk lulur mandi atau produk lainya yang memiliki kandungan jahe. Yup, karena jahe mampu mengobati beberapa macam penyakit dan dengan rasanya yang hangat mampu mengendurkan otot-otot Anda yang tegang serta aromanya yang khas membuat Anda akan merasakan lebih releks.

Jahe memiliki beberapa kandungan baik untuk kesehatan tubuh dan wajah seperti minyak atsiri zingiberana, zingiberol, bisabolena, kukumen gingerol, filandrena, dan resin pahit. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat salah satunya adalah untuk mencegah dan mengatasi jerawat yang timbul baik di wajah maupun disekitar pungggung. Nah pemirsa, saat jerawat meradang, gunakanlah jahe. Karena jahe sangat efektif untuk mengatasi peradangan dan infeksi. Hal ini dikarenakan jahe memiliki kandungan gingerol, shagaol dan enzim singiban. Niscaya peradangan akan cepat mereda dan rasa gatal, satit atau nyut-nyutan yang disebabkan oleh peradangan akan perlahan mereda.

Sedangkan untuk mencegah timbulnya jerawat, jahe juga sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan jahe memiliki antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan polusi dari kendaraan bermotor atau asap rokok serta bakteri jahat lainya. Nah, selain memiliki banyak kandungan baik, memilih jahe sebagai obat untuk menyembuhkan jerawat merupakan sebuah pilihan yang baik lho. Hal ini dikarenakan mengobati dengan jahe, Anda akan terhindar dari efek samping. Hal ini dikarenakan Anda langsung menggunakan obat dari sumbernya. Jadi tidak ada reaksi kimia atau campuran bahan kimia lainya. Kedua adalah harganya yang ekonomis dan mudah di dapatkan dimana saja, bisa di pasar, toko swalayan atau di tukang sayur langganan Anda. Terakhir adalah penggunaanya yang praktis dan efisien. Mengobati jerawat dengan menggunakan jahe, bisa dilakukan dimana saja, di rumah Anda misalnya sambil nonton film favorit Anda atau sambil tidur siang. Nah, bagaimana selain memiliki sejuta khasiat ternyata Anda juga mendapat banyak keuntungan dari menggunakan jahe ini.

Berikut kami akan sajikan bagaimana cara mengolah jahe untuk mengobati jerawat.

1.  Teh Jahe

Buatlah teh jahe yang di konsumsi setiap pagi Anda berangkat kerja atau sekolah. Caranya adalah kupaslah kulit jahe sebesar ibu jari. Lalu potong menjadi 5 bagian. Masukan 2-3 potong kedalam teh pagi Anda. Jika terlalu hangan tambahkan 1 sendok madu murni.

2.  Masker Jahe

Siapkan jahe sebesar ibu jari. Tumbuk sampai halus. Bersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun atau milk clenaser lalu keringkan dengan handuk. Setelah kering, oleskan jahe ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dan keringkan dengan handuk. Selamat mencoba! (Simak juga: Cara menghilangkan jerawat)

Loading...

Loading...