Sebagai seorang wanita kami memahami betul bahwa penampilan yang maksimal seringkali menjadi penunjang rasa percaya diri seseorang. Apalagi wanita yang erat sekali dikaitkan dengan keindahan, seringkali mendamba segala sesuatu yang terlihat cantik dan menarik. Termasuk dengan berat badan ideal yang tentu menjadi impian untuk semua orang.

Sayangnya, memiliki berat badan yang ideal tidak dapat diraih dengan sembarangan. Sebagian orang yang memang dikaruniai dengan bentuk tubuh yang semampai dan lekukan yang indah tentu patut bersyukur dengan hal ini. Sebab sebagian lainnya mati-matian berusaha menurunkan berat badan demi mendapatkan ukuran badan seperti yang telah diimpikan.

Baca Juga:

Anda yang ingin menurunkan berat badan, diet sah-sah saja dilakukan. Hanya saja, anda harus pintar-pintar membuat strategi penurunan berat badan agar prosesnya berjalan dengan cepat tanpa membahayakan kesehatan tubuh anda. Hal ini dikarenakan belakangan ini ada banyak para pelaku diet yang menjalani sembarangan program diet.

Padahal kondisi tubuh seseorang dan metabolisme tentunya berbeda dan hal inilah yang akan menentukan apakah satu metode diet berhasil atau tidak dilakukan pada seseorang. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak bahasannya di bawah ini.

diet-sehat.jpg

Mengubah Mindset Tentang Makna Diet

Diet seringkali diartikan sebagai upaya penurunan berat badan yang memangkas sejumlah porsi makan dengan signifikan dan membatasi waktu makan si pelakunya. Pada beberapa orang, program diet bisa sangat menyiksa bahkan pada tingkatan tertentu ada banyak pelaku diet yang sengaja membuat diri mereka kelaparan dan tersiksa dengan rasa lemas akibat kurangnya asupan ke dalam tubuh mereka.

Hal inilah oleh sebagian banyak orang dianggap diet hanya perlu dilakukan oleh mereka yang badannya gemuk saja. Padahal tidak demikian.

Dalam artian medis sebenarnya diet tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja. Namun kata Diet sendiri yang adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang apabila diartikan bermakna "makanan yang bisa dimakan". Sementara secara tata bahasa Yunani Diet bermakna "Cara Hidup".

Dengan demikian, apabila kita mamaknainya dengan benar maka diet adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup seseorang. Jadi demikian, apabila selama ini anda hobi sekali menyantap makanan dengan rasa manis maka bisa dibilang anda perlu menjalani diet gula untuk membuat kebutuhan gula di dalam tubuh anda menjadi lebih seimbang. Begitupun mereka yang sedang banyak makan sayur dan buah maka hal ini dinamakan anda sedang menjalani diet tinggi serat.

Sementara itu, dalam artian murninya diet bisa pula diartikan sebagai pola makan bergizi seimbang guna meraih tujuan berbeda tergantung daripada masing-masing individu itu sendiri. Ada yang memang menjalani proses diet dengan tujuan menurunkan berat badan. Dan adapula sebagian yang sengaja menjalani diet untuk menaikkan berat badan, menjaga keseatan, memulihkan tubuh setlah sakit atau bahkan mengelola kondisi kesehatan tertentu di dalam tubuh.

Nah, melihat definisi diet yang begitu luas maka sayang sekali jika hanya mengartikan diet hanya diperuntukkan bagi mereka yang gemuk dan bercita-cita kurus saja. Karena setiap orang dan setiap kalangan akan bisa menjalani diet tergantung dari tujuan mereka masing-masing. Namun yang pasti dengan menjalani diet yang sehat maka asupan gizi seimbang ke dalam tubuh akan tentu mempengaruhi tubuh menjadi lebih sehat.

Sebaliknya, ketika asupan nutrisi di dalam tubuh tidak terjaga dengan baik maka hal ini akan membuat tubuh menjadi gampang sakit dan masalah kesehatan biasanya rentan sekali terjadi. Untuknya, anda yang ingin menjalani diet seimbang maka di bawah ini adalah panduan diet yang benar dan baik untuk kesehatan. Seperti apa saja? Maka mari simak informasinya di bawah ini hanya untk anda.

Panduan Diet Sehat Cepat Turunkan Berat Badan Tanpa Bahayakan Kesehatan

Apabila tujuan utama dari diet yang ingin anda jalani adalah untuk menurunkan berat badan. Maka panduan diet di bawah ini penting sekali untuk anda perhatikan dengan baik sebelum melakukan perencanaan diet. Setelah anda mengetahui aturan di bawah ini dijamin upaya penurunan berat badan tidak akan sesulit yang anda bayangkan.

Selain penurunan berat badan yang lebih cepat, panduan di bawah ini pun akan dapat menjamin penurunan berat badan yang terkelola dalam jangka panjang. Asalkan anda berkomitmen untuk tidak kembali pada kebiasaan gaya hidup yang lama. Seperti apa sih aturan diet atau panduan diet sehat yang tidak membahayakan kesehatan tubuh? Mari simak informasinya di bawah ini.

Pilih Makanan yang Tepat

Anda mungkin pernah mendengar istilah "Your Are What You Eat" atau yang berarti apa yang anda makan akan menentukan diri anda. Ya, istilah yang satu ini memang ada benarnya karena sebagian besar penyumbang kenaikan berat badan yang umum terjadi bersumber dari makanan yang anda asup ke dalam tubuh.

Anda yang punya kebiasaan menyantap makanan cepat saji atau makanan kaki lima dengan lemak dan kalori yang tinggi maka tentu saja kenaikan berat badan akan mudah terjadi.

Tak hanya mereka yang hobi makan, anda yang seringkali melewatkan waktu makan dan sering begadang sampai larut malam punya risiko yang sama besarnya terkena dengan obesitas atau kelebihan berat badan.

Kondisi ini dapat terjadi sebab ketika anda jarang makan maka rasa lapar akan terakumulasi sampai larut malam. Ketika waktu malam hari seharusnya anda beristirahat dan organ di dalam tubuh anda pun berhenti mencerna makanan. Namun yang ada pada saat inilah biasanya rasa lapar seringkali sulit dihindarkan.

Akhirnya anda akan cenderung menyantap aneka jenis makanan apa saja yang anda lihat. Atau bahkan biasanya anda cenderung ingin makan sesuatu yang berlemak dan berasa asin yang tinggi. Nah, dari sinilah tubuh anda akhirnya akan mengasup makanan yang tidak sehat.

Parahnya, setelah menyantap makanan di malam hari biasanya rasa kantuk seringkali tak tertahankan dan membuat anda segera bergegas tidur. Makanan yang anda konsumsi akan membuat tubuh memerlukan waktu sedikitnya 3 jam untuk dicerna dengan baik.

Namun karena rasa kantuk yang tak tertahankan akibatnya membuat pencernaan bekerja dengan sangat keras mencerna makanan yang baru saja anda asup. Alih-alih diolah menjadi energi, tubuh malah akan menjadikan asupan ini menjadi timbunan lemak. Dari sinilah mengapa orang yang sering tidur larut malam akan punya risiko yang cukup besar terhadap kenaikan berat badan.

Oleh karenanya, mulai saat ini beralihlah pada makanan yang lebih tepat. Selektiflah dalam memilih jenis makanan yang tepat memegang peranana penting dalam menjamin kesuksesan diet anda. Pilih pula makanan yang dapat mendukung rencana diet anda diantaranya seperti sayur dan buah segar. Asupan daging merah dan daging putih tanpa kandungan lemak pun bisa menjadi pilihan.

Berikan pula lebih banyak variasi pada santapan anda dari kacang, ikan dan juga biji-bijian. Selain itu, produk olahan susu akan bisa anda konsumsi karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Hanya saja, pilih susu yang rendah lemak dan makanan yang kaya akan pati resisten.

Metode diet sehat ini akan dapat menghindarkan anda dari keinginan mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung gula yang amat tinggi. Selain itu, hindari pula konsumsi makanan dalam kemasan karena kandungannya yang seringkali berlebihan dan merugikan.

Atur Porsinya

Tidak semua jenis diet yang dijalani oleh teman-teman anda akan sesuai hasilnya dengan apa yang anda harapkan atau apa yang didapatkan oleh teman-teman anda. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme seseorang berbeda-beda yang mana penurunan berat badan pun akan berbeda prosesnya. Jadi demikian, jangan memaksakan diri ketika teman anda berhasil diet dengan seringkali melewati waktu makan.

Ada beberapa orang yang ketika melewati waktu makan mungkin berhasil menurunkan beberapa gram kalori di dalam tubuh mereka. Namun takaran ini tidak sebanding dengan yang mereka asup pada jadwal makan berikutnya. Bila dihitung, metode semacam ini bukan malah mendukung diet yang dijalani justru malah membuat impian memiliki badan yang ideal semakin jauh dari kenyataan. Yang ada malah anda tersiksa menahan lapar karena melewati banyak jadwal makan.

Nah, daripada menjalani diet yang demikian cobalah untuk mengatur porsi makan anda dengan baik. Karena pada dasarnya semua makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh anda yang terpenting anda perlu mengatur porsinya dengan baik. Karena diet yang sehat bukan berarti memangkas total asupan makanan ke dalam tubuh sampai anda membuat diri anda kelaparan.

Kucninya adalah anda tetap makan seperti biasa namun perhatikan kebutuhan kalori yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya. Perlu diingat dengan baik bahwa menjaga asupan kalori tetap seimbang ke dalam tubuh adalah kunci agar tubuh mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Lantas bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori harian pada saat menjalani diet? Sebenarnya tidak ada aturan yang pasti untuk melakukan perhitungan yang satu ini. Total kebutuhan harian kalori setiap orang itu berbeda-beda. Hanya saja, bila anda sedang berencana menurunkan berat badan, idealnya anda perlu mengurangi asupan tersebut sampai 500 kalori per harinya. Dengan ukuran ini, anda akan dapat menurunkan berat badan sampai dengan 0,5 sampai dengan 1 kg gram dalam satu minggu.

Namun perlu diingat dengan baik bahwa untuk menerapkan pola diet sehat yang satu ini anda perlu selalu memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalamt satu porsi makan anda. Pastikan terdapat karbohidrat sebagai makanan pokok dan asupan lauk untuk protein. Tambahkan pula serat, serta vitamin dan mineral juga lemak sehat dari sumber makanan lainnya.

Bila anda merasa lapar sebelum jam makan maka tak perlu khawatir menyantap cemilan agar tak menyiksa. Konsumsi buah dan sayur bisa anda jadikan cemilan. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian yang rendah lemak akan bisa anda manfaatkan dengan baik sebagai cemilan sehat.

Bila anda kebingungan menentukan seberapa banyak asupan nutrisi ke dalam tubuh anda. Maka silahkan bagi satu piring tempat anda makan menjadi 4 bagian. Dimana bagian satu untuk karbo, sumber protein dan bagian lainnya untuk sumber nutrisi penting seperti serat, protein nabati dan masih banyak lagi.

Buat Jadwal Makan Teratur

Selama ini kebanyakan pelaku diet yang menjalani proses diet yang gagal adalah pola pikir mereka yang salah. Banyak yang menganggap bahwa untuk mempercepat penurunan berat badan maka sebaiknya melewati waktu makan. Selain menyiksa diri dengan rasa lapar yang begitu tak tertahankan. Anda pun akan dirugikan dengan asupan nutrisi yang seharusnya mendukung proses penurunan berat badan anda.

Jadi jangan lewati sarapan pagi atau makan malam. Jangan hilangkan waktu makan anda dengan sembarangan, namun aturlah jadwal makan anda secara teratur agar sistem pencernaan anda bekerja dengan baik sehingga tidak ada alasan bagi masalah pencernaan menghalangi anda untuk mendapatkan berat badan ideal seperti yang sudah anda dambakan.

Penting diketahui dengan baik bahwa setiap waktu makan itu menjadi hal yang penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Sebab pada saat itu, momen mengasup kebutuhan nutrisi dan gizi ke dalam tubuh akan dimulai. Sebaliknya, seringkali melewatkan waktu makan malah akan memnbuat anda kelaparan. Bukan tidak mungkin anda akan cenderung nekad menyantap makanan yang tidak sehat sebab pada saat kelaparan biasanya seseorang sulit untuk berpikri dengan jernih.

Tidak masalah bila anda masih menyantap porsi makan 3 kali dalam satu hari. Asalkan pengaturan porsi makannya dijaga dengan sangat baik. Anda bisa mensiasati porsi makan yang lebih kecil dengan waktu santap yang lebih sering. Misalkan anda bisa membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan namun dengan porsi yang kecil.

Penting pula untuk menghindari asupan makanan berlemak tinggi dan kalori yang berlebihan. Pastikan anda tidak melewatkan waktu makan pagi hari sebab ini akan menentukan asupan nutrisi ke dalam tubuh anda.

Kurangi Asupan Gula dan Garam

Selain asupan jenis makanan, perasa dan bumbu yang disertakan ke dalamnya pun menjadi salah satu pengaruh yang dapat menyumbang kenaikan berat badan terjadi. Untuknya, dalam memilih makanan anda perlu bijak dalam membatasi asupan gula dan garam serta lemak trans dan minyak yang digunakan untuk mengolah makanan.

Makanan tinggi gula dan garam serta lemak akan sangat buruk untuk kesehatan. Hal inilah yang seringkali menjadi salah satu penghancur diet yang dijalani oleh seseorang. Banyak orang yang meremehkan penggunaan bumbu pada makanan sehingga mereka membumbui makanan mereka sesuka hatinya.

Padahal tanpa disadari asupan gula dan garam yang berlebihan akan dapat menyumbang kenaikan berat badan yang cukup tinggi. Selain itu, asupan bumbu yang terlalu tinggi biasanya akan menggugah nafsu makan semakin tinggi. Hal inilah yang membuat nafsu makan anda menjadi sangat tinggi.

Adapun anjuran asupan garam dan gula yang dianjurkan oleh Kementrian Kesehatan RI adalah G4G1L5. Panduan ini adalah kependekan dari Gula 4 sendok makan, garam 1 sendok teh, dan lemak sebanyak 5 sendok makan dengan takaran per hari.

Nah, itulah dia beberapa pandungan diet sehat yang aman dilakukan agar tidak membahayakan kesehatan. Sebaiknya perbaiki terlebih dahulu mindset diet anda sebelum merencanakan proses penurunan berat badan karena sebenarnya diet yang sehat tidak sampai menyiksa tubuh anda.

Loading...

Loading...