Panduan Untuk yang Ingin Berenang Ketika Puasa

Berenang adalah salah satu kegiatan olahraga yang memiliki manfaat cukup baik untuk tubuh dan kesehatan. Pasalnya, ketika berenang hampir seluruh bagian tubuh ikut bergerak mulai dari tangan, kaki dan kepala pun mendapatkan pergerakan yang berkala sewaktu menjalankan olahraga yang satu ini. Hanya saja, ketika puasa banyak orang yang ragu untuk tetap menjalankan kegiatan olahraga sehat yang satu ini.

Padahal, berenang akan dapat bermanfaat untuk membakar lemak dan kalori tidak sehat yang ada didalam tubuh. Sehingga proses pembakaran lemak menjadi energi didalam tubuh menjadi cepat dijalankan. Selain itu, berenang pun memiliki manfaat yang amat baik bagi sistem pernapasan.

Hal ini terutama untuk mereka yang memiliki masalah dengan sistem pernapasan seperti menderita penyakit asma dan gangguan kesehatan lain seperti jantung dan pernapasan.

AKan tetapi, salah satu pertanyaan besar yang menghadiri banyak orang adalah apakah boleh berenang dilakukan saat puasa? Lantas apa sajakah yang harus dipersiapkan dengan baik? Nah, kita bahas terlebih dahulu penjelasan boleh atau tidaknya berenang selama puasa.

panduan-berenang-saat-puasa.jpg

Bolehkan Berenang Saat Puasa?

Kehati-hatian dalam melakukan sesuatu adalah sebuah wujud dari meningkatnya keimanan seseorang. Seseorang yang cenderung berhati-hati dalam melakukan sesuatu tentu didasari oleh ketakutan jika apa yang mereka lakukan bisa mengganggu ibadah yang sedang mereka kerjakan. Termasuk ketika berenang selama puasa. Lantas adakah dalil dalam hadits yang menjelaskan masalah yang satu ini?

Pertanyaan seputar bolehkan berenang pada saat puasa pernah disampaikan kepada Imam Ibnu Utsaimin rahimahullah. Menjawab pertanyaan ini beliau menjelaskan bahwa tidak masalah seorang Muslim yang sedang berpuasa melakukan olahraga berenang. Seseorang boleh berenang sesuai yang dia inginkan dan boleh menenggelamkan kepala serta badannya kedalam air.

Akan tetapi, hal ini perlu dilakukan dengan ekstra hati-hati agar jangan sampai ada air yang masuk kedalam tubuhnya, perutnya dan organ lainnya. Jadi demikian, ketika berenang seorang muslim yang sedang berpuasa perlu berusaha dengan hati-hati agar jangan sampai air masuk kedalam tubuhnya. Sebab hal ini akan dapat membatalkan ibadah puasa yang ia kerjakan.

Terlebih lagi Imam Ibnu Utsaimin rahimahullah menjelaskan bahwa berenang terkadang membuat puasa menjadi lebih semangat dan hal ini akan membantu meringankan ibadah puasa yang sedang dijalankan. Dan setiap kegiatan yang mampu membantu seseorang untuk semakin kuat dan taat kepada Allah, maka hukum dari hal tersebut tidaklah terlarang. Sebab kegiatan ini mampu meringankan beban ibadah bagi seorang hamba dan memudahkan mereka untuk melakukan ibadah tersebut.

Nah, untuk itulah dapat ditarik kesimpulan bahwa berenang saat puasa pada dasarnya boleh-boleh saja asalkan dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Anda bisa berenang selama 30 sampai dengan 60 menit setiap hari guna mengisi aktivitas dan waktu anda selama berbuka puasa. Terlebih lagi bila memang olahraga ini dilakukan untuk kesehatan anda maka tentunya hal ini sah-sah saja untuk dilakukan.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Ketika Berenang Saat Puasa?

Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa berenang selama puasa adalah hal yang pada dasarnya boleh dilakukan. Hanya saja, anda perlu memperhatikan agar kegiatan yang satu ini dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Agar demikian, kegaitan yang satu ini tidak mengganggu atau sampai membatalkan ibadah puasa yang anda kerjakan.

Untuknyalah, tak seperti berenang pada umumnya, persiapan pada kegiatan yang satu ini saat dilakukan pada bulan puasa maka ada hal-hal penting yang perlu nada persiapkan dengan baik sebelum terburu memutuskan masuk dalam air dan memulai olahraga kali ini.

Penyumbat Telinga

Meski kita berusaha dengan keras agar air tidak masuk kedalam tubuh kita supaya tidak membatalkan ibadah yang kita jalankan. Akan tetapi, terkadang tanpa antisipasi yang baik biasanya masalah semacam ini akan mudah terjadi secara tidak sadar. Untuk itulah, penting sekali memahami dengan baik agar persiapan diperhatikan dengan baik.

Meski sudah berusaha dengan keras agar tidak kemasukan air namun terkadang karena satu atau lain hal kita tidak bisa selalu memastikan hal ini sesuai dengan harapan kita. Maka dari itu, penting sekali menjaga dan melakukan antisipasi agar air tidak masuk kedalam tubuh lewat lubang-lubang yang ada pada tubuh kita.

Untuknya, mempersiapkan penyumbat telinga akan menjadi hal penting yang perlu untuk anda persiapkan dengan baik. Pastikan sebelum masuk kedalam air, sumbat terlebih dahulu bagian lubang telinga dengan penyumbat yang akan dapat menghalangi air masuk kedalamnya. Hanya saja, jangan sembarangan menggunakan penyumbat telinga sebab hal ini bisa mungkin berdampak bahaya besar untuk kesehatan anda.

Ada banyak produk penyumbat telinga yang diperuntukan khusus untuk kegiatan berenang. Dengan begini maka olahraga berenang kali ini akan terasa nyaman tanpa anda perlu khawatir jika air dari kolam sewaktu-waktu bisa masuk kedalam tubuh dan membatalkan ibadah puasa yang kita jalankan.

Selain itu, sumbatan air yang masuk kedalam telinga biasanya akan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman. Hal ini akan mungkin membuat telinga berdengung selama air masih terjebak didalamnya. Bukan hanya itu, masuknya air kedalam rongga telinga dalam waktu yang lama akan mungkin meningkatkan peluang seseorang terkena dengan infeksi telinga luar atau yang mana kondisi ini sering juga disebut dengan kondisi swimmer’s ear.

Penjepit Hidung

Salah satu resiko yang paling sering dihadapi seorang perenang adalah masuknya air kedalam hidung akibat kehilangan kontrol pernapasan saat bagian kepala masuk kedalam air. Kondisi ini biasanya terjadi ketika tenggelam atau pada saat tubuh dengan kuat menghantam air.

Air yang masuk kedalam hidung biasanya akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Dan seringkali membuat hidung sakit dan mata pun menjadi berair. Selain itu, tentunya kondisi semacam ini akan berpeluang besar membatalkan ibadah puasa yang sedang dijalani. Oleh karenanya, penting sekali melakukan antisipasi agar kondisi semacam ini tidak terjadi.

Sama halnya, seperti penyumbat telinga, fungsi dari penjepit hidung ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah air masuk kedalam bagian rongga hidung dan tubuh anda. Untuk itu, manfaatkan penjepit hidung yang ada di apotek yang memang sudah dipersiapkan untuk mereka yang hendak berenang.

Selain itu, fungsi dari penjepit hidung pun bermanfaat dalam mencegah anda agar terhindar dari mikroba kecil yang hidup di kolam dan masuk kedalam hidung anda. Para pemula yang menggunakan penjepit hidung mungkin merasakan kondisi tidak nyaman saat menggunakan alat yang satu ini.

Namun beginilah syarat yang perlu dilakukan untuk menghindarkan anda dari kebatalan saat berenang ketika puasa. Maka demikian, perhatikan masalah ini dengan baik cobalah untuk mengatur pernapasan anda didalam air dan lakukan dengan perlahan. Sebab ketika sudah terbiasa maka anda akan dapat merasa nyaman pada akhirnya.

Gunakan Kacamata Renang

Perlu dipahami dengan baik bahwa kolam renang umum biasanya mengandung klorin yang tinggi dan bahan kimia lainnya yang membantu untuk menjaga air agar terbebas dari bakteri serta pertumbuhan alga didalam kolam.

Hampir setiap kolam renang umum menggunakan treatment yang satu ini untuk menjaga kolam renang mereka dalam waktu yang lama sehingga proses pembersihan tidak perlu dilakukan setiap waktu.

Meskipun manfaatnya baik dalam menjaga bakteri dan pertumbuhan lumut atau alga. Akan tetapi, tahukah anda bahwa kandungan pada klorin yang ada didalam kolam akan dapat mengiritasi bagian mata?

Itulah mengapa terlalu sering membuka mata ketika berenang di kolam renang umum tanpa menggunakan perlindungan dari kacamata renang akan mudah membuat mata perih dan merah. Bila kondisi ini tidak segera diatas maka mungkin kegiatan berenang bisa berbahaya dan menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Oleh karenanya, sempatkan untuk menggunakan kacamata renang pada saat anda berenang di kolam renang umum. Selain menghindarkan anda dari paparan air kolam yang masuk secara langsung kedalam mata. Penggunaan ini pun akan memudahkan anda untuk mendapatkan pemandangan yang lebih jernih didalam kolam. Tentunya anda akan dapat membuka tutup mata anda dengan lebih leluasa ketika berenang.

Sementara itu, untuk menjaga kenyamanan anda selama berenang menggunakan kacamata renang maka pilihlah produk kacamata renang yang nyaman. Biasanya karet pada kacamata menjadi salah satu bagian paling penting yang akan menentukan kenyamanan pada saat dipakai. Maka dari itu, usahakan untuk menyesuaikan penggunaan ini dengan ukuran lingkar mata dan kepala anda agar tentunya anda tetap merasa nyaman.

Gunakan Pelampung

Pada dasarnya, persiapan yang dilakukan sebelum berenang ditujukan untuk menunjang kegiatan berenang anda agar terasa nyaman, apalagi saat bulan puasa seperti ini. Nah, untuk anda yang masih dalam tahapan belajar berenang dan belum terlalu lancar dengan kegiatan yang satu ini. Maka tidak ada salahnya mempersiapkan pelampung yang dirancang untuk membantu latihan anda dengan baik.

Pelampung merupakan sebuah alat yang berisikan busa atau udara yang dapat digunakan untuk membantu tubuh seseorang tetap mengapung meski berada didalam air. Dengan demikian, hal ini akan membantu mereka yang belum lancar dalam berenang agar tidak tenggelam didalam air.

Bentuk dari pelampung bisa beraneka ragam, diantaranya bisa hadir dalam bentuk papan, ban yang disimpan pada leher, pelampung yang diletakkan pada kedua tangan, kaki ataupun pelampung yang digunakan pada seluruh bagian badan.

Banyaknya bentuk dari pelampung ini biasanya akan disesuaikan dengan kemampuan berenang seseorang. Bagi anda yang sudah cukup menguasai berenang namun tidak terlalu mahir. Maka anda cukup menggunakan bantuan pelampung dalam bentuk yang sederhana seperti papan atau mungkin pelampung pada tangan dan leher.

Sementara itu, untuk anda yang masih dalam tahapan awal belajar berenang dan ketakutan keseimbangan tubuh anda membuat anda tenggelam. Maka cobalah gunakan pelampung dalam bentuk yang direkatkan ke badan anda. Pelampung ini akan membantu anda berada mengambang dalam air. Sehingga anda akan dapat melatih pergerakan tangan dan kaki anda ketika berenang.

Topi Renang

Salah satu perlengkapan lain yang penting namun seringkali disepelekan pada saat kegiatan berenang adalah penggunaan topi renang atau penutup kepala. Topi ini berupa penutup kepala yang terbuat dari silikon atau lateks. Dimana fungsinya adalah digunakan untuk menutup kepala ketika berenang agar rambut tetap terjaga dan tidak basah dengan air kolam.

Sebab kandungan klorin yang tinggi pada air kolam renang umum selain dapat merusak mata. Hal ini pun akan mudah menimbulkan kerusakan pada rambut. Anda mungkin pernah mengalami kondisi dimana ketika berenang dengan kepala terbuka, rambut menjadi lengket dan terasa tidak nyaman usai berenang.

Dan biasanya kondisi ini sangat sulit untuk diatasi dengan cepat. Akibatnya, dibutuhkan waktu beberapa saat dan beberapa produk rambut sampai akhirnya bisa mengembalikan tekstur rambut pada kondisi semula. Nah, tentunya karena alasan inilah penggunaan topi renang menjadi hal penting yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik. Pastikan anda menggunakan penutup kepala sebelum anda masuk kedalam kolam renang.

Selain itu, penggunaan penutup kepala pun akan sangat bermanfaat untuk menjaga suhu panas tubuh selama anda berenang. Penutup kepala atau topi renang tentunya banyak tersedia di toko peralatan berenang yang mana untuk bisa mendapatkannya anda akan bisa mengukur dan mencobanya terlebih dahulu. Agar demikian anda bisa mendapatkan ukuran yang pas dan terasa nyaman pada saat digunakan.

Sesuaikan Kostum Berenang Anda

Banyaknya mayoritas muslim di tanah air menjadikan hijab atau penutup kepala untuk perempuan adalah hal yang wajar digunakan. Hanya saja, terkadang wanita muslim terpaksa untuk membuka jilbabnya sewaktu akan berenang. Padahal, kondisi lingkungan kolam renang umum yang bersatu dengan yang bukan sesama Muhrim akan tentu dosa hukumnya.

Apalagi di bulan Ramadhan seperti ini, jangan biarkan kegiatan olahraga semacam ini memaksa anda membuka identitas anda sebagai seorang Muslim yang baik. Nah, untuk itulah maka penting sekali menyesuaikan kostum berenang anda dengan jati diri anda sendiri.

Saat ini ada banyak model pakaian renang yang diperuntukan untuk wanita yang berjilbab. Jadi demikian, anda akan senantiasa tetap bisa berenang tanpa harus memperlihatkan aurat anda pada orang lain. Selain itu, bila memang kostum berenang anda tidak cukup menutupi aurat anda. Maka pilihlah tempat renang yang memisahkan antara perempuan dengan laki-laki.

Lakukan Pemanasan

Dari semua persiapan diatas, hal terpenting yang perlu diperhatikan pada saat hendak berenang adalah pemanasan. Sebab pemanasan dan pergerakan stretching akan membantu menghindarkan anda dari keram ketika berada didalam kolam. Sebagaimana yang kita ketahui, keram akan dapat menghambat pergerakan didalam air. Yang mana tentunya hal ini akan sangat berbahaya ketika terjadi.

Dalam kondisi terburuk keram akan dapat menyebabkan seseorang tidak mampu bergerak sama sekali karena tegang dan sakit yang dirasakan pada salah satu anggota tubuhnya. Bukan tidak mungkin seorang perenang yang handal pun akan mudah tenggelam pada saat diserang keram.

Nah, untuk menghindari keram semacam ini maka latihan dan pemanasan menjadi hal penting yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik. Agar demikian, olahraga yang satu ini tetap terasa menyenangkan bukan malah memberikan anda bahaya sewaktu dilakukan.

Perhatikan Durasi Berenang

Karena dilakukan pada saat bulan puasa tentunya anda perlu memahami bahwa sebaiknya tidak berenang dalam waktu yang sesuka hati anda. Sebab terlalu lama berada didalam air akan mungkin secara tidak sadar membuat air perlahan mudah masuk kedalam tubuh.

Untuk itu, sebaiknya batasi durasi waktu berenang anda. Cukup lakukan selama 30 sampai dengan 60 menit untuk setiap harinya. Selain itu, ingat kembali bahwa tujuan anda berenang adalah untuk berolahraga dan mengisi waktu bermanfaat pada bulan puasa bukan untuk mencari peluang agar bisa membatalkan puasa anda. 

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)