Hubungan percintaan adalah hubungan yang dilandasi oleh rasa cinta dan kasih sayang diantara kedua insan. Ketika dua insan sedang jatuh cinta tentunya mereka ingin selalu dekat bersama dengan pasangannya, menjalani hari-hari bersama dan melalakukan apapun secara bersama-sama. Namun, nyatanya tidak semua orang yang sedang jatuh cinta dan mengikat cinta mereka dalam sebuah hubungan bisa menjalani hari-hari bersama seperti kebanyakan pasangan lain lakukan. Ya, bukan karena mereka tidak ingin seperti itu tetapi mereka terhalang oleh jarak, ruang dan waktu. Dimana mereka menjalankan hubungan jarak jauh.

Terkadang hubungan jarak jauh seringkali menjadi hal yang paling ditakutkan oleh beberapa pasangan. Takut kesepian karena tidak bisa melewati hari-hari bersama, takut merasa sendiri karena tidak ada dia yang menemani, iri kepada pasangan yang selalu menghabiskan waktu bersama, tidak bisa menahan rasa kangen dan banyak sekali alasan yang menjadi latarbelakang ketakutan tersebut.

Baca Juga:

Namun, sebenarnya jika diamati lebih dalam hubungan jarak jauh tidak semenakutkan itu. Pasalnya dibalik kepahitan tersebut ada hal manis yang menyertainya. Banyak sekali pelajaran yang bisa anda dapatkan ketika menjalin hubungan jarak jauh. Bahkan dengan pelajaran-pelajaran yang didapatkan tersebut, anda bisa menjalin hubungan yang lebih bahagia dengan pasangan anda kelak. Nah, dibawah ini beberapa pelajaran yang bisa anda dapatkan ketika menjalin hubungan jarak jauh.

Pelajaran yang Bisa Didapatkan Ketika Menjalin LDR

1. Selalu menciptakan momen berharga

Pasangan yang menjalankan hubungan jarak jauh tentunya tidak akan sering bertemu seperti halnya mereka yang menjalankan hubungan normal. Nah, kesempatan yang sangat langka untuk bertemu tersebut benar-benar bisa anda dan pasangan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Anda dan pasangan pun akan berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah momen yang berharga ketika anda dengannya sedang bersama. Berbeda halnya dengan pasangan lain, dimana karena mereka selalu bersama setiap hari maka kemungkinan besar rasa bosan akan menghampiri.

2. Memperkuat kesabaran

Ketika anda tidak bisa bertemu setiap waktu dengan pasangan anda dan tidak bisa ditemani kemanapun anda ingin pergi, tentunya merupakan hal yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari anda. Karena jarak yang memisahkan maka anda pun akan terbiasa untuk menahan rasa rindu yang bergejolak. Dan disadari atau tanpa disadari hal ini akan mengajarkan anda tentang makna sabar yang sesungguhnya.
Anda akan bisa menahan diri ketika pasangan anda terlalu sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk anda. Bahkan anda juga bisa lebih lapang hati ketika mengetahui pasangan anda tidak bisa menemui anda. Dengan perlahan kesabaran anda akan diuji. Anda akan menyadari bahwa menjalankan hubungan bukan berarti harus bertemu setiap hari.

3. Lebih menghargai waktu

Jarak yang memisahhkan anda dan pasangan akan membuat anda dan pasangan sadar bahwa waktu sangatlah berharga. Dengan begitu maka anda sebisa mungkin akan meminimalisir hal-hal yang membuat waktu berharga tersebut terbuang, seperti bertengkar dan mencurigai satu sama lain. Begitu juga saat anda menunggu waktu untuk bertemu. Dimana waktu akan berubah menjadi sesutu hal yang sangat berharga untuk anda dan pasangana anda.

Ketika bersama anda dan pasangan akan benar-benar menikmati waktu bersama. Setiap ucapan yang keluar dari mulut pasangan pun akan anda dengarkan baik-baik begitu juga dengannya, karena momen seperti ini tidak bisa anda dapatkan setiap hari. Ketika bersama anda dan pasangan tidak akan membuang sedikit pun waktu berharga yang anda berdua miliki.

4. Menjadikan anda sosok yang lebih mandiri

Tidak ada pasangan yang selau berada didekat anda akan menjadikan anda sebagai sosok yang lebih mandiri. Anda akan tahu sampai mana batasan kemandirian anda sendiri. Tidak adanya pasangan yang selalu mengantar anda dan membantu anda, maka akan membuat anda berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan anda sendiri tanpa bantuan orang lain.

Berdekatan akan selalu membuat anda bergantung kepada pasangan anda, namun setelah berjauhan maka anda harus bisa bergantung kepada diri sendiri. Pergi kemana-mana sendiri dan melakukan apa-apa sendiri. Tanpa disadari hal seperti itu akan membentuk anda menjadi pribadi yang lebih mandiri lagi dibandingkan dengan sebelumnya. Kesendirian yang anda rasakan ternyata tidak sesusah yang anda bayangkan. Ada dan tidak ada pasangan di sisi anda tetap saja anda bisa menjalankan hidup anda.

5. Belajar untuk saling percaya

Jarak yang memisahkan anda dan pasangan secara tidak langsung akan mengjarkan anda dan pasangan tentang makna saling percaya. Perlu anda ingat saling percaya adalah kunci utama agar anda bisa menjalin hubungan yang lebih bahagi. Anda dan pasangan bisa belajar bagaimana caranya menanamkan rasa percaya pada masing-masing. Pasangan anda akan memahami semua kewajiban yang harusa anda jalankan, begitupun dengan anda yang akan selalu memberikan kepercayaan penuh terhdap kesibukanya. Jika rasa saling percaya tersebut selalu melekat dalam hubungan jarak jauh yang anda jalankan, niscaya hubungan anda dangannya pun layak untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius yakni pernikahan.

6. Lebih leluasa mengejar impian

Berjauhan dengan pasangan maka akan membuat anda dan pasangan memiliki waktu sendiri lebih banyak. Nah, waktu luang tersbeut bisa anda dan pasangan anda lakukan untuk menekuni hobi anda masing-masing. Mengejar impian yang ingin anda wujudkan dan menggeluti semua pekerjaan dengan serius. Tanpa memiliki waktu bertemu atau bersama setiap hari, maka waktu yang anda miliki berdua bisa dimanfaatkan untuk mencapai impian agar kehidupan lebih baik lagi di masa depan. Sebenarnya, jarak yang membentang di antara anda berdua harus anda syukuri karena ini membuat anda berdua tidak terkekang. Bahkan jarak yang jauh ini bisa menjadi motivasi bagi anda berdua untuk tetap semangat dan berusaha mencapai impian masing-masing agar anda berdua pun bisa secepatnya hidup bersama.

7. Menjadikan lebih dewasa

Hubungan yang terbentang oleh jarak akan menjadikan anda dan pasangan sebagai sosok yang lebih dewasa. Jika sebelumnya anda sering bertengkar hanya karena masalah spele saja, tetapi setelah menjalankan hubungan jarak jauh maka anda akan menyadari bahwa hal tersebut ternyata tidaklah penting. Ketika menjalankan hubungan jarak jauh ini maka anda dan pasangan bisa saling mengawas diri untuk selau memberikan semua yang terbaik untuk hubungan, dengan menahan emosi dan menyingkirkan ego masing-masing. Anda berdua bsia lebih menghargai waktu bersama dengan mengesampingkan hal-hal yang tidak penting atau spele.

LDR itu bukan untuk ditakutkan melainkan untuk disyukuri. Dengan hubungan seperti ini maka anda harus bersyukur karena hubungan yang anda jalankan ini merupakan cara anda untuk mengetahui seberapa besar cinta anda dan pasangan. Dan hal ini bisa menjadi gambaran apakah anda dan pasangan bisa saling bertahan atau justru malah mundur. Secara tidak langsung hubungan seperti ini juga bisa menguji kesetiaan masing-masing.

Loading...

Loading...