Saat menjalankan puasa berbagai masalah kerap kali datang termasuk bau mulut. Kerap kali  keadaan seperti ini membuat penderitanya merasa tidak nyaman, bahkan malu apabila berdekatan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Bau mulut saat puasa memang hal wajar. Hal itu disebabkan karena makanan yang dikonsumsi serta jumlah air yang diminum berpengaruh pada keadaan seperti itu. Kurangnya asupan cairan pada saat puasa akan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi atau kekeringan yang dialami tubuh akan membuat bau mulut menjadi tak sedap. Berikut ini beberapa penyabab bau mulut saat puasa.

Baca Juga:

1.PENYEBAB-BAU-MULUT-SAAT-PUASA.jpg

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Pada saat tidak menjalankan puasa, mulut akan memproduksi saliva. Nah, pada saat menjalankan puasa produksi saliva tersebut akan mengalami penurunan sehingga akan membuat mulut kering dan bakteri akan berkembang di dalam mulut dengan cepat. Akibatnya akan muncul bau tidak sedap dalam mulut.

Selain itu, penyebab bau mulut lainnya yaitu karena adanya gangguan atau penyakit tertentu seperti sakit maag atau diabetes.

Bagi anda yang mengalami bau mulut saat puasa jangan merasa khawatir. Ada cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut saat puasa.

 

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih sangat disarankan untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Minumlah air putih sesuai dengan aturan yakni 8-10 gelas dalam perhari. Anda bisa mengatur waktu minum dari pertama berbuka puasa hingga sahur. Jika kebutuhan cairan tercukupi maka anda tidak akan mengalami dehidrasi, efeknya bau mulut tidak akan muncul. Air putih mampu meningkatkan produksi saliva sehingga dengan begitu kebersihan mulut akan tetap terjaga.

Gosok gigi

Gosok gigi merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Sesudah makan besar ketika berbuka dan sesudah makan sahur sangat disarankan untuk menggosok gigi. Gosoklah gigi dengan sempurna, jangan lupa untuk menggosok lidah. Gosok lidah dengan lembut agar tidak terluka. Dengan menggosok gigi secara baik dan benar akan mengurangi bau mulut yang timbul saat puasa. Sisa makanan atau bakteri yang berada di dalam mulut akan terangkat ketika kita menggosok gigi.

Minum teh hijau

Minum teh hijau pada saat sahur dipercaya mampu mengatasi bau mulut saat puasa. Selain sahur, ketika berbuka anda juga bisa minum ramuan ini. Teh hijau mengandung zat yang disebut dengan zat polyphenol. Zat tersebut mampu membersihkan bakteri yang terdapat di dalam mulut dan saluran pernafasan. Selain itu, minum teh hijau juga baik untuk perokok, karena teh hijau akan mengurangi gangguan pernafasan yang akan terjadi.

Hindari makanan berbau tidak sedap

Menghindari makanan yang memiliki bau tidak sedap perlu anda lakukan. Karena mengkonsumsi makanan tersebut justru akan membuat bau mulut menjadi tambah parah. Makanan yang dimaksud yaitu jengkol, durian dan petai.

Hindari rokok

Selama puasa akan lebih baik untuk menghindari rokok. Akan lebih baik jika anda tidak merokok sama sekali. Pasalnya, rokok membawa pengaruh terhadap bau mulut saat puasa.

Hindari beberapa makanan tertentu

Beberapa makanan lengket harus anda hindari seperti es krim, cokelat, biskuit serta kue basah lainnya. Makanan seperti itu akan lengket dimulut dan menempel pada gigi sehingga akan sulit dibersihkan. Sehingga dengan begitu akan membuat bau mulut tidak sedap.

Obat kumur

Berkumur dengan rutin bisa membantu mengatasi bau mulut saat puasa. Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa berkumur dengan menggunakan obat kumur. Gunakan obat kumur untuk berkumur ketika malam dan sesudah sahur. Sedangkan untuk siang hari anda bisa berkumur dengan baik dan benar saat berwudhu.

Gunakan benang gigi

Menggosok gigi tidak akan selamanya membersihkan sisa makanan sampai bersih. Oleh sebab itu, untuk mengatasi makanan yang menempel di sela sela gigi anda bisa memanfaatkan benang khusus untuk gigi atau dental floss. Jika sisa makanan terangkat, maka tidak akan membusuk dan bau mulut akan berkurang.

Olahraga ringan

Olahraga bisa membantu mengeluarkan zat beracun yang ada di dalam tubuh. Anda bisa melakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Agar tidak dehidrasi, disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Selain itu, anda juga harus menghindari tidur berlebihan karena akan memicu timbulnya bau mulut yang tidak sedap.

Hindari menkonsumsi keju

Selama berpuasa alangkah lebih baik untuk menghindari keju. Keju akan menghasilkan aroma mulut yang tidak sedap. Namun, jika anda tetap ingin mengkonsumsinya ada cara untuk menetralisir bau mulut karenanya, yaitu dengan mengulum irisan lemon yang sudah ditambahkan dengan garam sebelumnya. Cara ini bisa mentralkan bau mulut saat puasa.

Berkumur dengan cengkeh

Selain obat kumur, anda juga bisa bekumur dengan menggunakan cengkeh. Caranya rebus beberapa cengkeh dan biarkan airnya hingga dingin. Jika sudah seperti itu, anda bisa berkumur dengan menggunakan air cengkeh tersebut.

Berkumur dengan baking soda

Agar mulut tetap segar selama puasa dan bau mulut hilang, anda bisa berkumur dengan menggunakan baking soda. Tambahkan 1/2 sendok makan baking soda di dalam air yang akan anda gunakan untuk berkumur. Untuk hasil maksimal anda bisa menambahkan dua sendok makan air lemon dan garam.

Konsultasi pada dokter

Jika dengan cara apapun bau mulut tetap saja ada dan tidak berkurang, maka anda bisa berkonsultasi ke dokter gigi. Bisa saja penyebab bau mulut yang anda alami yaitu karena adanya gangguan dan penyakit dalam tubuh.

Demikian penyebab dan cara mengatasi bau mulut saat puasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...