Penyebab Gigi Keropos dan Cara Mencegahnya yang Penting Diketahui - Kesehatan gigi dan mulut harus anda jaga. Anda dapat menjaga kesehatan mulut dengan rajin menggosok gigi, rutin memeriksa gigi ke dokter dan menghindari beberapa makanan atau hal yang dapat mengganggu kesehatan gigi.

Ada banyak masalah gigi yang dapat dialami jika kita tidak memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi itu sendiri. Nah, salah satu masalah yang dapat menimpa gigi yaitu gigi keropos. Masalah gigi keropos jangan anda anggap remeh dan harus segera ditangani. Pasalnya jika kondisi ini dibiarkan akan dapat menyebabkan masalah gigi yang serius.

Baca Juga:

Lantas apa yang dapat menyebabkan gigi keropos dan bagaimana cara mencegahnya? Untuk anda yang ingin mengetahuinya, anda bisa simak langsung pada pembahasan di bawah ini.

Masalah Gigi Keropos

Penyebab-gigi-keropos-1.jpg

Gigi keropos menjadi salah satu masalah gigi yang harus diperhatikan. Gigi keropos itu sendirinya sebenarnya sama dengan masalah karies biasa. Hanya saja, lubang yang terbentuk karena pengeroposan letaknya di bagian lapisan tengah gigi atau disebut dengan dentin. Sedangkan karies gigi terbentuk pada lapisan enamel atau lapisan luar gigi.

Masalah gigi keropos sebenarnya tidak bisa dilihat langsung oleh mata telanjang. Dengan begitu gigi anda akan nampak sehat di bagian luar namun sebenarnya bagian dalamnya keropos. Nah, ketika dilakukan rontgen menggunakan bantuan sinar X, akan terlihat pada lapisan tengah gigi terdapat lubang kecil. Gigi keropos itu sendiri disebut dengan hidden caries.  Berbeda halnya dengan karies, masalah gigi yang satu ini dapat terlihat jelas oleh mata telanjang.

Faktor Penyebab Gigi Keropos

Sebenarnya gigi keropos itu sendiri penyebabnya tidak diketahui dengan pasti. Hanya saja, para peneliti menduga bahwa penyebab dari gigi keropos karena enamel yang rusak, penggunaan fluoride yang berlebihan dan infeksi bakteri tertentu.

Diduga pengeroposan pada gigi awalnya terjadi karena adanya lubang kecil yang tidak dapat dilihat langsung oleh mata pada gigi. Meskipun lubang tersebut ukurannya kecil, namun tetap memungkinkan untuk bakteri masuk ke dalam lapisan gigi.  Lambat laun penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride akan menutup lubang tersebut. Hal ini yang diduga menjadi penyebab terbentuknya lubang pada gigi  namun tidak dapat dilihat langsung pada bagian luar.

Yang awalnya kecil lubang tersebut dapat semakin membesar, kemudian akan menyebar pada pulpa. Pulpa itu sendiri merupakan bagian gigi paling dalam yang terdiri dari serabut saraf dan pembuluh darah. Jika bagian ini mengalami kerusakan maka akan dapat membuat gigi terasa ngilu, sensitif, tanggal dan infeksi.

Nah, diketahui beberapa kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari dapat menyebabkan masalah  gigi keropos. Berikut ini beberapa hal  yang akan dapat memicu pengeroposan pada gigi.

Konsumsi Makanan dan Minuman Asam

Beberapa orang menyukai makanan dan minuman asam. Padahal sebenarnya, makanan dan minuman ini dapat menyebabkan munculnya masalah pada gigi, salah satunya pengeroposan gigi. Tidak banyak yang menyadari bahwa makanan ini dapat memicu terjadinya gigi keropos. Untuk melindungi gigi, air liur dengan alami akan menetralkan asam. Akan tetapi apabila anda mengonsumsi minuman maupun makanan asam terlalu banyak akibatnya bagian enamel serta dentin pada gigi dengan perlahan akan terkikis. Bahkan kondisi ini akan semakin parah jika anda tidak menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, seperti jarang menggosok gigi.

Selain makanan dan minuman asam, mengonsumsi makanan manis juga dapat menyebabkan hal yang sama. Saat anda mengonsumsi makanan bercita rasa manis, maka asam akan dihasilkan oleh bakteri.  Dimana asam yang dihasilkan oleh bakteri ini akan membuat gigi anda rusak. Maka dari itu, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan masalah pada gigi.

Tidak Menjaga Kebersihan Gigi

Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sangat penting dilakukan. Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kebersihan gigi yaitu dengan rutin menyikat gigi. Jarang menyikat gigi akan menyebabkan mulut anda kotor. Dimana kondisi mulut yang kotor akan menyebabkan timbulnya plak di bagian bawah garis gusi, sela-sela gigi dan permukaan gigi. Plak itu sendiri merupakan lapisan yang terdapat banyak bakteri.

Nah, ketika anda tidak menggosok gigi dengan rutin maka plak tersebut akan terus menumpuk. Lama kelamaan plak ini akan dapat menyebabkan pembusukan serta pengeroposan pada gigi.

Penyakit Asam Lambung

Kesehatan mulut dan gigi juga faktanya dapat dipengaruhi oleh kesehatan sistem pencernaan. Masalah sistem pencernaan, seperti maag atau GERD, akan menyebabkan masalah pada gigi saat asam lambung naik. Naiknya asam lambung ke mulut akan menyebabkan lapisan luar dan dalam gigi terkikis. Tidak hanya akan menyebabkan gigi keropos saja, namun hal ini juga dapat memicu kerusakan gigi yang lainnya. Beberapa masalah gigi yang mungkin terjadi di antaranya yaitu gigi berlubang dan gigi sensitif.

Kondisi Mulut Kering

Kondisi mulut kering disebabkan karena air liur yang diproduksi jumlahnya sedikit. Dimana kondisi ini akan dapat menyebabkan masalah gigi keropos. Air liur itu sendiri memiliki fungsi yang penting untuk mulut, yaitu menjaga agar mulut tetap dalam keadaan lembab, serta membantu membersihkan sisa makanan yang terdapat pada mulut.

Di samping itu, air liur mengandung senyawa yang memiliki fungsi untuk melawan bakteri dan asam yang dapat menyebabkan masalah pada gigi. Ketika anda mengonsumsi makanan ataupun minuman bercita rasa asam, maka air liur dalam mulut akan berperan untuk menetralkan asam pada mulut. Oleh karena itu, masalah mulut kering akan dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi.

Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu, baik obat bebas ataupun obat yang diresepkan oleh dokter dapat menyebabkan gigi keropos. Perlu anda ketahui, beberapa jenis obat dapat memicu mulut kering. Dimana karena efek sampingnya inilah yang meningkatkan risiko berbagai masalah kerusakan gigi.

Adapun beberapa obat yang dapat menyebabkan mulut kering yaitu antidepresan, obat untuk meredakan nyeri, obat hipertensi, dekongestan dan antihistamin.

Bulimia

Bulimia merupakan gangguan pola makan. Ini merupakan kondisi ketika seseorang takut kegemukan. Sehingga orang dengan kondisi seperti ini biasanya akan memuntahkan minuman ataupun makanan yang telah dikonsumsinya. Nah, masalah pola makan yang satu ini akan dapat menyebabkan gigi keropos.

Selain sistem pencernaan yang terganggu, kebiasaan memaksa memuntahkan makanan akan dapat mengakibatkan masalah yang serius pada gigi. Penderita bulimia akan memuntahkan cairan dengan kandungan asam yang memiliki sifat korosif. Nah, jika gigi semakin sering terkena oleh asam lambung, maka gigi akan menjadi semakin keropos dan rapuh.

Kebiasaan Minum Susu Sambil Tidur

Kebiasaan minum susu sambil tidur akan dapat menyebabkan gigi keropos pada anak-anak. Oleh karena itu, sebagai orangtua sebaiknya anda jangan biasakan anak menyusu sambil tidur atau sebelum tidur.

Susu yang diminum anak akan mengendap pada gigi selama semalaman, yang pada akhirnya akan terjadi reaksi kimia dan menghasilkan zat asam. Dimana zat asam inilah yang akan menyebabkan kerusakan pada gigi sehingga membuat gigi mudah rusak dan keropos.

Mengetahui seperti itu, mulai dari sekarang sebaiknya anda mengajarkan anak minum susu dengan menggunakan gelas sebelum tidur, selain itu biasakan juga untuk menyikat gigi sebelum tidur.

Mengonsumsi Beberapa Makanan yang Dapat Menyebabkan Gigi Keropos

Penyebab-gigi-keropos-2.jpg

Konsumsi beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan gigi keropos. Anda mungkin tidak menyadari bahwa beberapa makanan yang biasa anda konsumsi dapat memicu terjadinya gigi keropos.  Untuk mencegah masalah gigi keropos, sebaiknya hindari konsumsi beberapa makanan ataupun minuman seperti berikut ini.

  • Permen Manis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konsumsi makanan manis akan dapat menyebabkan gigi keropos. Nah, salah satu makanan manis yang sebaiknya dihindari yaitu permen dan kue. Kedua makanan ini akan dapat merusak gigi hingga menyebabkan gigi keropos. Gula pada sisa makanan yang menempel di gigi akan dapat mengundang bakteri. Nah, saat gula diolah oleh bakteri sebagai sumber energinya, maka zat asam akan terbentuk yang akan menyebabkan kerusakan dan pengeroposan pada gigi.

  • Roti

Makanan yang sering kita santap saat sarapan ini ternyata dapat menyebabkan masalah gigi keropos. Ketika mengunyah roti, maka air liur pada mulut akan memecah pati jadi gula. Nah, roti akan dapat menempel di sela gigi. Sisa roti pada gigi ini akan dapat mengundang bakteri dan menyebabkan masalah gigi keropos dan berlubang.

  • Buah Asam

Zat asam yang terkandung pada buah-buahan seperti buah lemon dan buah jeruk akan dapat mengikis bagian enamel gigi dan menyebabkan gigi rentan mengalami kerusakan. Jika anda akan mengonsumsi  buah-buahan yang asam ataupun mengonsumsi air dengan perasan lemon, sebaiknya anda langsung bilas mulut dengan meminum air putih sesudahnya.

  • Es Batu

Anda memiliki kebiasaan mengunyah es batu? Jika seperti itu, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Kebiasan anda mengunyah es batu akan dapat membuat enamel gigi rusak. Akibatnya gigi rentan mengalami kerusakan seperti patah atau terkelupas.

  • Minuman Soda

Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa konsumsi minuman yang mengandung soda dengan berlebihan akan dapat menyebabkan gigi rusak. Pasalnya, minuman yang satu ini akan dapat membentuk plak gigi, serta asam yang dihasilkan lebih banyak. Sehingga pada akhirnya akan menyebabkan terkikisnya enamel pada gigi.

Tidak hanya itu, soda juga akan dapat menyebabkan mulut kering. Dimana kondisi mulut anda yang kering akan memudahkan bakteri jahat merusak gigi.

  • Makanan Ringan

Konsumsi makanan ringan akan dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe 2. Selain itu, makanan ringan seperti keripik kentang juga akan dapat menyebabkan gigi keropos. Dalam tepung zat karbohidrat akan dipecah oleh bakteri menjadi zat asam, sehingga hal ini akan dapat membuat enamel gigi terkikis. Ketika mengonsumsi makanan ringan, anda harus memastikan tidak ada sisa makanan pada gigi anda. Oleh karena itu, anda harus menyikat gigi anda dengan rutin.

  • Teh dan Kopi

Teh maupun kopi menjadi minuman alami yang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan. Hanya saja, biasanya minuman ini sering dinikmati dengan tambahan gula. Banyak orang yang merasa bahwa tambahan gula akan membuat minuman ini terasa semakin nikmat. Hanya saja, yang menjadi masalahnya tambahan gula akan dapat memicu masalah gigi keropos. Oleh karena itu, setelah minum minuman ini dengan tambahan gula disarankan untuk minum air putih yang cukup.

Bagaimana Cara Mencegah Gigi Keropos

Apabila anda tidak ingin mengalami masalah gigi keropos, maka anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

Memperhatikan Makanan Sehari-Hari yang Anda Konsumsi

Untuk mencegah kerusakan pada gigi dan membuat gigi tetap sehat, sebaiknya anda menghindari terlalu banyak konsumsi cemilan seperti permen, kerpikik dan makanan lainnya yang berbahan gula atau tepung. Pasalnya makanan-makanan tersebut dapat dengan mudah menempal pada bagian sela-sela gigi, dapat mengundang bakteri dan akhirnya akan menyebabkan gigi terkikis.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anda

Mengonsumsi nutrisi yang tepat akan dapat membuat enamel gigi lebih kuat. Dimana salah satu nutrisi yang bagus untuk menjaga agar gigi tetap sehat yaitu kalsium. Maka dari itu, anda dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi seperti keju dan susu. Anda dapat memilih minuman ataupun makanan tinggi kalsium dengan kandungan rendah lemak.

Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet ternyata efektif untuk mencegah pengeroposan pada gigi. Hal ini disebabkan karena produksi air liur dapat terjaga dengan mengunyah permen karet. Namun, permen karet yang anda pilih sebaiknya permen karet tanpa mengandung gula sehingga tidak akan mengundang bakteri pada mulut anda.

Pilih Produk yang Mengandung Fluoride Untuk Membersihkan Gigi

Produk kebersihan gigi yang mengandung fluoride bisa anda dapatkan dari obat kumur atau pasta gigi. Dimana zat fluoride ini akan dapat membuat enamel gigi lebih kuat. Tidak hanya itu, zat ini juga akan dapat memperbaiki gigi rusak pada tahap awal.

Kurangi Alkohol dan Kafein

Minuman dengan kandungan kafein dan alkohol akan dapat menjadikan mulut kering apabila dikonsumsi dengan berlebihan. Hal ini akan menyebabkan gusi dan gigi kering serta mudah mengalami kerusakan. ( Baca juga : Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis )

Tips Supaya Masalah Gigi Keropos Tidak Semakin Parah

Penyebab-gigi-keropos-3.jpg

Gigi keropos akan dapat menyebabkan kerusakan gigi yang parah, bahkan hingga menyebabkan gigi copot. Oleh karena itu, anda jangan menyepelekan kondisi yang satu ini.

Nah, gigi keropos itu sendiri hanya dapat dilihat melalui rontgen. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin cek kesehatan gigi pada dokter. Dokter akan menyarankan pengobatan yang tepat mengenai masalah gigi yang anda alami. Selain itu, beberapa hal di bawah ini juga harus anda perhatikan.

  • Kurangi konsumsi makanan ataupun minuman manis dan asam.
  • Mengonsumsi permen karet bebas kandungan gula setelah anda selesai makan.
  • Jika ingin mengonsumsi minuman soda atau kafein disarankan untuk menggunakan sedotan.
  • Sikat gigi dengan rutin, yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.
  • Sebelum menyikat gigi setidaknya menunggu selama 1 jam setelah selesai mengonsumsi minuman atau makanan asam.
  • Untuk merangsang produksi air liur disarankan untuk banyak minum air putih.
  • Ketika menyikat gigi sebaiknya sikat dengan lembut dan perlahan menggunakan sikat gigi berbulu halus.

Nah, demikian beberapa penyebab dan tips mencegah gigi keropos yang harus anda ketahui. Semua orang tentunya menginginkan gigi yang sehat dan terhindar dari masalah gigi. Namun, jika anda memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah pada gigi, maka sebaiknya anda rutin merawat gigi anda. Anda juga harus rutin memeriksakan kondisi gigi anda pada dokter. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...