Penyebab Jerawat Terus Muncul Meski Sudah Diatasi - Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit yang sering muncul pada wajah, namun tidak menutup kemungkinan muncul pada bagian tubuh lainnya. Keberadaan jerawat pada wajah tentu akan mengganggu rasa percaya diri. Bahkan menyebabkan tidak nyaman akibat rasa sakit dan gatal yang ditimbulkan.

Baca Juga:

Anda tentu akan melakukan berbagai cara untuk membantu mengatasi jerawat. Namun, meskipun sudah diatasi dan diobati, terkadang jerawat terus muncul. Lantas apa yang menyebabkannya? Nah, berikut ini beberapa penyebab jerawat terus muncul meski sudah anda atasi.

Penyebab-Jerawat-Terus-Muncul.jpg

Penyebab Jerawat Terus Muncul Meski Sudah Diatasi

Jerawat muncul terus menerus pada kulit tentu akan membuat anda kesal. Agar dapat diatasi dengan baik, simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

Terjadinya Perubahan Hormon

Perubahan hormon dapat menyebabkan jerawat terus muncul. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemunculan jerawat yaitu hormon, namun perubahan hormon yang terjadi bukan menjadi penyebab utama munculnya jerawat.

Akan tetapi, terkadang hormon yang mengalami perubahan, apalagi saat masa menstruasi atau puber akan membuat sebum mengalami peningkatan. Hal ini akan dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan muncul jerawat.

Pola Makan yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat juga akan dapat menyebabkan jerawat terus muncul. Beberapa jenis makanan dapat memicu munculnya jerawat seperti makanan manis, produk susu dan makanan cepat saji. Ada beberapa orang yang lebih sensitif terhadap makanan tertentu, namun ada juga yang tidak seperti itu.

Stres

Stres akan dapat mempengaruhi kesehatan kulit, tidak terkecuali memicu munculnya jerawat. Saat seseorang mengalami stres, maka proses penyembuhan luka, termasuk jerawat akan menjadi lambat. Jerawat akan bertahan lebih lama, bahkan saat sudah hilang akan kembali muncul. Bahkan kemungkinan jerawat memiliki hubungan dengan hormon kortisol yang mengalami peningkatan saat sedang stres.

Kurang Tidur

Waktu tidur yang kurang akan dapat memicu jerawat muncul terus. Waktu istirahat yang kurang akan dapat memicu terjadinya stres dan hormon mengalami peningkatan, dengan begitu tubuh akan menghasilkan sebum yang berlebihan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencukupi waktu istirahat agar tubuh meregenerasi, serta memperbaiki kerusakan ketika malam hari yang dapat mencegah munculnya jerawat kembali.

Memencet Jerawat

Saat jerawat muncul di wajah, tangan terkadang gatal ingin memencetnya. Padahal hal ini tidak disarankan sebab akan dapat menyebabkan pelindung kulit rusak dan menyebabkan bekas jerawat.

Jika jerawat yang muncul mengandung nanah, serta terinfeksi, tindakan memencet jerawat akan menyebabkan bakteri ke pori-pori, serta folikel rambut. Efeknya jerawat akan menjadi besar dan timbul di bagian lainnya.

Kulit yang Bergesekan dengan Benda Kotor

Jerawat muncul terus bisa disebabkan karena kulit selalu bergesekan dengan barang kotor seperti seprai atau handphone. Bahkan jerawat pada badan bisa muncul disebabkan karena menggunakan pakaian yang kebersihannya tidak terjaga atau pakaian yang tidak cocok dengan anda.

Efek Produk Perawatan Rambut

Produk perawatan rambut dapat menyebabkan jerawat terus muncul. Kandungan pada produk perawatan rambut, seperti minyak bisa masuk ke kulit. Apabila kondisi ini terjadi, maka minyak akan menyebabkan sumbatan pada pori-pori dan memicu munculnya jerawat.

Itulah beberapa penyebab jerawat terus muncul. Sangat penting untuk merawat kulit dengan baik agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan kulit, termasuk jerawat.

Loading...

Loading...