Meski keberadaannya tersembunyi akan tetapi selangkangan yang berwarna gelap dan cenderung hitam akan tentu membuat siapa saja, terutama para wanita merasa tidak percaya diri dengan kondisi yang satu ini. Betapa tidak, selangkangan dengan warna yang gelap akan mungkin membuat anda terkendala saat menggunakan celana pendek atau pada saat hendak menggunakan bikini.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak wanita tergila-gila dengan krim pemutih selangkangan dan berlomba mencari cara untuk memutihkan kembali selangkangan mereka yang terlanjur berwarna gelap. Sayangnya, manfaat dari krim pemutih selangkangan yang dijual bebas di online shop dan di pasaran belum punya khasiat yang pasti dan aman untuk mengembalikan warna cerah pada bagian tersebut.

Baca Juga:

Biasanya, kandungan bahan kimia yang berbahaya banyak terdapat dalam produk pemutih tersebut. Hal inilah yang seringkali menjadi pertanyaan apakah produk tersebut aman untuk digunakan. Nah, sebenarnya untuk memutihkan kembali selangkangan yang menghitam ada beberapa cara yang bisa anda lakukan di rumah. Namun sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu apa sih penyebab selangkangan menjadi hitam?

penyebab-selangkangan-hitam.jpg

Penyebab Selangkangan Menghitam

Selangkangan yang berwarna gelap pada umumnya disebabkan karena kulit pada bagian paha menghasilkan melanin yang berlebih. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Apabila berlebihan maka akibatnya sebuah kondisi yang disebut dengan hiperpigmentasi dapat terjadi. Perubahan warna paha bagian dalam yang menggelap pun bisa mungkin melebar ke daerah luar organ intim anda atau pada bagian selangkangan.

Selain karena melanin, selangkangan yang menghitam pun bisa dipicu sebab beberapa kondisi seperti halnya:

Lecet

Kondisi pertama yang mungkin menjadi pemicu selangkangan menjadi gelap dan terlihat kurang menarik adalah lecet. Kondisi ini terjadi karena adanya gesekan pada bagian paha dan sekitaran organ luar kewanitaan anda sebab dari aktivitas yang anda lakukan. Seperti halnya berlari atau berjalan secara berkala dengan kondisi selangkangan yang berkeringat atau organ kewanitaan yang dalam keadaan lembab.

Ketidak Seimbangan Hormon

Pemicu lain yang dapat membuat bagian selangkangan menjadi menggelap adalah ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini terjadi pada ibu hamil, ibu menyusui atau wanita yang sedang datang bulan. Selain itu, wanita yang mengalami PCOS (sindrom ovarium polikistik) cenderung mengalami kondisi yang satu ini.

Konsumsi Obat-Obatan

Penyebab lain yang membuat selangkangan menjadi berubah warnanya menjadi lebih gelap adalah konsumsi obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi oral, obat kemoterapi tertentu yang membuat kulit menjadi menggelap dan lain sebagainya. Untuk pemicu ini maka anda perlu mengkonsultasikannya bersama dengan dokter dan tanyakan apakah obat-obatan yang dikonsumsi memang punya efek samping demikian atau tidak.

  • Sebab gesekan dari pakaian ketat
  • Sebab kulit kering
  • Mengalami diabetes mellitus
  • Sebab paparan sinar matahari
  • Sebab acanthosis nigricans, gangguan pigmentasi kulit

Cara Memutihkan Selangkangan Hitam dengan Mudah

Jika anda merasa khawatir dengan keamanan yang belum teruji pada krim pemutih yang instan untuk selangkangan maka nampaknya anda bisa bernapas lega. Karena beberapa cara memutihkan selangkangan sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah dengan memperhatikan beberapa cara di bawah ini.

Atasi dengan Jus Lemon dan Minyak Kelapa

Lemon adalah salah satu buah dengan khasiat yang amat sangat baik dalam mengatasi hiperpigmentasi. Kandungan vitamin C yang tinggi yang ada di dalamnya punya manfaat yang baik dan sudah teruji dalam memutihkan bagian kulit yang menghitam.

Sementara itu, di sisi lain minyak kelapa punya khasiat yang baik dalam menjaga kelembaban kulit dengan sangat baik. Manfaat lain dari minyak kelapa adalah membantu menjaga paha anda tetap lembab dan menjaga keelastisan kulit dengan baik.

Dua kombinasi bahan alami ini bisa anda jadikan sebagai obat alami untuk mengembalikan warna cerah di bagian selangkangan dengan baik. Selain bermanfaat baik, lemon dan minyak kelapa tentunya mudah untuk dicari. Agar khasiatnya bisa anda nikmati dengan baik maka sebaiknya gunakan minyak kelapa asli buatan sendiri bukan yang dijual di pasaran dengan harga yang murah. Sebab biasanya bahan tersebut sudah dicampur dengan bahan-bahan tambahan yang kurang sehat.

  • Campurkan beberapa sendok minyak kelapa bersama dengan setengah buah perasan lemon.
  • Kemudian aduk dengan merata dan gosokan bahan campuran ini pada bagian selangkangan anda dengan perlahan dan hati-hati agar jangan sampai mengenai organ intim anda.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar meresap  dengan baik. Baru setelah itu, cuci bersih bagian selangkangan dengan merata.
  • Lakukan perawatan alami ini secara rutin minimal 2 sampai dengan 3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Scrub Gula Putih

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa salah satu penyebab selangkangan yang berwarna gelap bisa mungkin karena kulit kering atau tumpukan sel kulit mati. Nah, untuk membersihkan bagian tersebut maka metode eksfoliasi menjadi cara yang ampuh untuk anda lakukan. Eksfoliasi pada bagian kulit kering akan dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dengan cepat. Adapun bisa memanfaatkan gula putih untuk membuat ramuan eksfoliasi yang ampuh dan aman.

  • Campurkan sebanyak 1 buah lemon jus segar bersama dengan satu sendok teh gula pasir putih. Aduk dengan merata sampai tercampur.
  • Kemudian masukkan pula satu sendok makan madu ke dalamnya dan aduk kembali sampai tercampur dengan merata.
  • Baru setelah itu, gosokan dengan lembut pada bagian selangkangan dengan perlahan sampai ke bagian paha. Lakukan pijatan dengan lembut.
  • Setelah beberapa saat silahkan bersihkan dan bilas area selangkangan anda sampai bersih.

Ingat dengan baik lakukan gosokan dengan hati-hati agar jangan sampai scrub masuk ke bagian organ intim yang akan mungkin membuat anda merasa tidak nyaman dan perih karena kandungan jus lemon yang asam.

Scrub Oatmeal dan Yogurt

Bahan selanjutnya yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi selangkangan yang hitam adalah dengan menggunakan scrub dari oatmeal dan yogurt. Oatmeal gandum punya manfaat untuk mengobati masalah kulit kering yang meradang, seperti halnya eksim. Sementara itu, yogurt memiliki kandungan asam laktat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Maka dari itu, dua bahan kombinasi scrub ini bisa anda manfaatkan untuk memutihkan bagian selangkangan secara alami.

Campurkan sebanyak 3 sendok makan yogurt bersama dengan 3 sendok makan oatmeal.

Silahkan aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur membentuk tekstur pasta.

Gunakan dengan cara mengolesnya pada bagian selangkangan yang menghitam sambil digosok dengan lembut dan perlahan.

Setelah itu, bilas dan bersihkan bagian ini dengan merata.

Lakukan treatment ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal minimal 2 sampai dengan 3 kali dalam satu minggu.

Loading...

Loading...