Mencuci dan membersihakn rambut secara teratur adalah ritual perawatan rambut yang amat dianjurkan, sebab kita tak pernah tahu seberapa sering rambut kita terkena debu, tercemar jamur dan berkeringat. Jika rambut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya perawatan bahkan tidak pernah dicuci, biasanya rambut akan lebih mudah patah dan rontok saat dikeramasi.

Hanya saa tidak dapat dipungkiri, selalu ada saja alasan yang membuat kita tidak dapat mencuci rambut dengan teratur. Misalkan saat udara dingin terlalu membuat kita malas untuk berkeramas, selain itu pulang malam karena terlalu sibuk membuat kita menunda waktu keramas hingga beberapa hari. Kebiasaan inilah yang dapat membut masalah pada rambut menjadi lebih parah. Mulai dari rambut berketombe, rambut rontok dan masalah lainnya. Nah, untuk mencegah dan mengatasi hal itu terjadi,

Baca Juga:

Cobalah beberapa perawatan kulit kepala dibawah ini untuk mencegah timbulnya masalah pada rambut.

1. Gunakan Madu

Memberikan rambut dapat menutrisi kulit kepala yang kering yang mana madu akan membantunya untuk meningkatkan kelembapan pada kulit kepala yang kering dan kotor. Sebab madu mengandung anti bakteri yang dapat mengatasi masalah kulit kepala yang kotor. Selai itu, madu berkhasiat pula untuk melembutkan kulit kepala. Cara mengaplikasikan madu untuk merawat kulit kepala bisa anda lakukan dengan cara mengoleskan madu pada seluruh permukaan rambut secara merata, diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air dan bersihkan dengan shampo.

2. Gunakan Jus Lemon

Selain madu, lemon juga bisa membantu anda dalam mengatasi masalah pada kulit kepala. Terutama ketika kulit kepala sering berbinyak dan berketombe. Selain ramua lemon, anda juga bisa menggunakan cuka apel. Hanya saja perawatan dengan menggunakan bahan alami ini tidak dianjurkan untuk sering digunakan, sebab asam dapat membuat warna rambut menjadi pudar. Ramuan ini hanya dianjurkan digunakan maksimal 2 kali dalam seminggu. Gunakan jus lemon dan aplikasikan pada kulit kepala sebelum keramas, agar sensasi segarnya bisa anda dapatkan setelah keramas.

3. Gunakan Air Teh Basi

Air teh yang sudah didiamka semalaman atau teh basi bisa dijadikan ramuan untuk mengatasi masalah pada kulit kepala seperti ketombe. Hal ini sudah banyak dibuktikan dan hasilnya ketombe bisa disirnakan dalam waktu yang singkat. Hal ini akan sangat membantu untuk anda yang sudah frustasi mencari-cari ramuan untuk menghilangkan ketombe. Caranya, siramkan teh basi pada rambut dan pijat-pijat beberapa saat lalu keramas seperti biasa.

Itulah dia beberapa perawatan kulit kepala untuk rambut yang sehat alami. Sayangi rambut dan perlakukan rambut anda dengan sebaik-baik mungkin karena rambut indah dan sehat adalah mahkota yang indah untuk para wanita.

Loading...

Loading...