Masa pra-penuaan terjadi saat akhir usia 20-an sampai pertengahan 30-an tahun. Pada masa ini mungkin anda akan melihat adanya garis pada area mulut atau mata anda. Selain itu, anda akan mendapati adanya bintik hitam pada wajah anda karena sinar matahari. Keadaan ini masih terbilang wajar, anda dapat menghindari dampak negatifnya dengan melakukan perawatan kulit yang tepat. Penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini yaitu karena kerusakan akibat sinar matahari dan faktor genetik. Keadaan ini tentu dapat dicegah dan diperbaiki dengan menggunakan perawatan.

Tidak perlu menggunakan perawatan mahal, sebab anda bisa melakukan perawatan kulit untuk mencegah penuaan di usia muda dengan alami dan mudah. Nah, untuk mengetahuinya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Baca Juga:

Tips Mencegah Keriput di Usia Muda

Beberapa perawatan dapat anda lakukan di rumah untuk mencegah keriput di usia muda seperti berikut ini:

Gunakan Suncreen Khusus Wajah

Langkah pertama kali yang harus anda lakukan untuk mencegah penuaan dini pada kulit yaitu dengan menggunakan suncreen atau sunblock yang akan melindungi kulit anda dari sinar UV yang berbahaya. Untuk sehari-hari, jika anda akan bepergian ke luar rumah anda dapat menggunakan krim dengan kandungan SPF 15, 20 sampai 30.

Selain pada wajah, anda juga sebaiknya menggunakan suncreen atau sunblock pada area leher dan wajah anda. Pasalnya, area ini paling sering terpapar oleh matahari. Namun, tak jarang area ini sering dilupakan untuk  dilakukan perawatan. Sehingga anda jangan merasa heran jika banyak wanita yang sudah melakukan perawatan mahal namun kulit pada area tangan dan lehernya masih penuh keriput.

Menggunakan Krim Mata

Dari keseluruhan tubuh, kulit di area mata merupakan kulit paling tipis. Area ini dapat menjadi area pertama munculnya kerutan pada wajah anda. Anda dapat menggunakan krim mata yang akan membantu menutrisi area mata anda dan melindungi area mata anda dari garis-garis halus. Saat anda berkunjung ke tempat panas atau terik sinar matahari jangan lupa untuk menggunakan kacamata hitam.

Konsumsi Makanan Sehat yang Mengandung Antioksidan

Selain melakukan perawatan kulit dari luar, penting juga untuk melakukan perawatan kulit dari dalam. Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan serta dapat menunda penuaan dini pada tubuh. Anda dapat mengonsumsi makanan berupa sayuran, buah-buahan berry, teh hijau, kacang-kacangan atau cokelat hitam.

Hindari Rokok

Asap rokok akan membuat kulit anda terlihat kusam, kasar dan kering. Selain itu, saat merokok kontraksi wajah yang terjadi akan menimbulkan garis halus atau garis keriput pada wajah anda, terutama pada area bibir. Oleh karena itu, sebaiknya hindari rokok dari sekarang juga.

Cukupi Waktu Istirahat

Penting untuk mencukupi waktu istirahat anda. Tidur akan memberikan waktu untuk tubuh dalam memperbaharui yang ada di dalamnya. Jika semakin sering diperbarui, maka proses penuaan akan semakin lambat. Oleh karena itu, anda harus memberikan waktu pada tubuh anda untuk bekerja dengan optimal, caranya dengan mencukupi kebutuhan tidur dalam setiap harinya. Selain itu, penting untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.

Dengan demikian untuk menghindari penuaan dini, penting menjaga kulit dengan melakukan perawatan yang tepat. Selain itu, anda juga harus menghindari beberapa hal yang dapat menyebabkan penuaan dini. Itulah perawatan kulit untuk mencegah keriput di usia muda.

Loading...

Loading...