Rambut adalah mahkota untuk para wanita. Menjaga keindahan rambut menjadi hal penting yang harus dilakukan. Salah satu cara yang sering dilakukan agar rambut terlihat indah yaitu dengan mewarnai rambut.  Agar rambut tetap sehat dan indah, tentunya rambut berwarna harus dirawat dengan perawatan khusus. Yuk simak perawatan rambut berwarna agar tetap indah dan sehat di bawah ini.

Perawatan Rambut Berwarna Agar Tetap Indah dan Sehat

Perawatan-rambut-berwarna.jpg

Baca Juga:

Perawatan rambut berwarna harus diperhatikan agar warna tahan lama, rambut sehat dan indah. Berikut ini tips merawat rambut berwarna yang bisa anda lakukan.

Tentukan Waktu Keramas yang Tepat

Untuk anda yang memiliki rambut berwarna perawatannya tentu harus diperhatikan dan berbeda dengan rambut biasa. Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu waktu keramas. Jadwal keramas harus dirubah dari biasanya agar warna rambut tidak mudah pudar. Apabila anda memiliki kebiasaan keramas setiap hari, setelah rambut diwarnai maka anda harus merubah kebiasaan tersebut.

Setiap keramas warna akan menjadi pudar. Bahkan warna rambut akan menjadi semakin memudar jika sering keramas. Idealnya anda bisa keramas sebanyak 2 hingga 3 hari sekali. Anda juga bisa mencoba dry shampo yang bagus untuk menghilangkan minyak yang terdapat pada akar rambut anda supaya tidak sering keramas atau mencuci rambut.

Keramas dengan Cara yang Tepat

Selain memperhatikan jadwal keramas, anda juga harus memperhatikan cara keramas yang tepat. Keramas dengan cara yang tepat akan membuat rambut berwarna anda menjadi lebih awet dan sehat. Anda harus menghindari pembilasan rambut terlalu berlebihan. Setelah anda mencuci rambut dengan menggunakan shampo, serta kondisioner anda jangan memiringkan kepala anda ke bagian belakang. Biarkan air hanya melalui atas rambut beberapa menit. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sebaiknya jangan terlalu sering keramas.

Menggunakan Produk Perawatan Khusus Untuk Rambut Berwarna

Ada beberapa produk yang dikhususkan untuk perawatan rambut berwarna. Setelah rambut anda diwarnai, maka anda bisa beralih menggunakan produk perawatan khusus rambut berwarna tersebut, seperti shampo dan kondisioner yang anda gunakan. Setelah rambut anda diwarnai, tekstur rambut tentunya akan menjadi lebih kasar dibandingkan sebelumnya sehingga diperlukan perawatan rambut khusus. Shampo dan kondisioner dengan formula khusus akan dapat membantu mempertahankan warna rambut, serta melembutkan rambut anda.

Shampo khusus untuk rambut berwarna biasanya lebih lembut sehingga tidak akan membuat warna rambut anda terkikis, serta tidak akan membuat rambut menjadi kering. Dengan shampo yang lembut akan memungkinkan anda mencuci rambut dengan aman, sehingga dengan begitu rambut anda tetap akan sehat, indah, lembut dan berkilau.

Lindungi Rambut Dari Paparan Sinar Matahari

Jika waktu anda lebih banyak dihabiskan di luar ruangan, maka selain kulit yang harus dilindungi dari paparans sinar matahari, rambut anda juga harus dilindungi. Anda bisa melindungi rambut dengan menggunakan topi ataupun mencoba berbagai model aksesoris rambut.

Gelombang ultraviolet akan dapat meresap ke bagian kutikula rambut anda sehingga warna rambut akan menjadi luntur. Selain itu, untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari anda juga bisa melindungi rambut dengan mengaplikasikan hair sunscreen pada rambut dalam keadaan lembab setelah anda mencuci rambut. Selain itu, dengan menggunakan krim khusus pelindung rambut warna rambut anda akan tetap bersinar dan awet.

Jangan Gunakan Air Panas Untuk Keramas

Menggunakan air panas untuk keramas tidak disarankan. Air panas akan dapat menyebabkan lapisan kutikula luar terangkat. Ini menjadi salah satu hal yang menyebabkan warna rambut memudar. Jika suhu air yang digunakan semakin tinggi, maka warna rambut akan semakin cepat kembali seperti semula. Oleh karena itu, anda harus menyesuaikan suhu air saat mencuci rambut. Ketika membilas rambut anda bisa menggunakan air dingin atau suam-suam kuku.

Lebih mudahnya anda bisa mencuci rambut dengan :

  • Menggunakan air temperature ruang, lalu mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk.
  • Setelah itu, anda bisa mengaplikasikan kondisioner.
  • Lalu bilas lagi rambut anda dengan menggunakan air dingin supaya kutikula rambut terkunci kembali.

Mencuci rambut dengan cara ini akan menjadikan warna rambut lebih tahan lama, mencegah rambut bercabang dan menjaga agar rambut tetap dalam keadaan lembab.

Hindari Terlalu Sering Memakai Alat Styling Rambut

Setelah anda mengecat atau mewarna rambut, sebaiknya hindari menata rambut dengan menggunakan alat styling rambut seperti catokan atau hairdryer setidaknya selama satu minggu. Suhu panas yang ditimbulkan dari alat styling akan dapat membuat warna cat rambut memudar lebih cepat.

Selain itu, jika anda terlalu sering memakai catokan atau alat pengering rambut, kutikula rambut anda akan terbuka dan paparan panas berasal dari hair dryer akan dapat menjadikan warna rambut cepat luntur atau tidak tahan lama. Oleh karena itu, setelah mencuci rambut anda harus membiasakan untuk mengeringkan rambut dengan alami.

Bersihkan Rambut dengan Baik dan Benar Setelah Berenang

Perawatan rambut berwarna yang sering diabaikan yaitu tidak membersihkan rambut setelah berenang dengan baik dan benar. Air pada kolam berenang mengandung kaporit yang akan dapat membuat rambut rusak dan kering. Untuk anda yang hobi berenang, setelah selesai berenang pastikan anda mencuci rambut hingga benar-benar bersih.

Setelah selesai berenang anda harus segera keramas atau mencuci rambut anda. Jika diperlukan anda bisa mengganti kondisioner yang bersifat deep conditioning. Selain itu, alternative lainnya anda bisa memakai topi berenang untuk melindungi rambut anda.

Berikan Vitamin Rambut yang Cukup

Dibandingkan dengan rambut yang tidak diwarnai, rambut yang diwarnai biasanya lebih kering. Anda dapat menggunakan produk perawatan rambut yang dapat melembabkan rambut anda setidaknya seminggu sekali.

Selain perawatan dari dalam, anda juga harus merawat rambut dari luas. Salah satu caranya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengaplikasikan produk pelembab rambut.

Jangan Terlalu Sering Mengganti Warna Rambut

Setiap anda mengganti warna rambut, maka bahan kimia yang masuk ke dalam rambut anda akan semakin banyak untuk menciptakan warna yang diinginkan. Hal ini akan dapat membuat keadaan rambut anda menjadi tidak sehat karena paparan bahan kimia yang terus menerus. Sebaiknya anda mewarnai rambut dengan berkala supaya warna rambut anda tetap konsisten dan menyala.

Hindari Terlalu Sering Memainkan Rambut

Rambut yang indah dan berkilau tentunya akan membuat anda ingin terus menyentuh atau memainkan rambut. Namun, menyentuh atau memainkan rambut terlalu sering akan dapat membuat rambut rusak. Rambut akan menjadi kotor, selain itu jari tangan anda akan dapat membuat kutikula rambut rusak atau bahkan dapat membuat kulit kepala terluka.

Nah, itulah beberapa perawatan rambut berwarna agar tetap indah dan sehat yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...