Rambut rontok merupakan salah satu permasalahan rambut yang sering dialami banyak orang. Rambut rontok terus menerus akan menyebabkan rambut tipis hingga berujung pada kebotakan. Sebelum itu terjadi, sebaiknya segera atasi rambut rontok yang anda alami. Anda bisa mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan alami. Beberapa bahan alami diketahui dapat membantu merawat rambut rontok seperti berikut ini.

Perawatan-rambut-rontok-1.jpg

Baca Juga:

Perawatan Rambut Rontok dengan Menggunakan Bahan Alami

Bahan alami untuk mengatasi rambut rontok ini mudah ditemukan. Lantas apa saja bahan alami yang dimaksud? Untuk mengetahuinya yuk simak di bawah ini.

Lidah Buaya

Perawatan-rambut-rontok-2.jpg

Bahan pertama yang dapat digunakan untuk perawatan rambut rontok yaitu lidah buaya. Khasiat lidah buaya untuk kesehatan rambut memang tidak bisa diragukan lagi. Lidah buaya dapat membantu mengurangi gatal pada kulit kepala hingga membantu mengurangi ketombe. Bahkan bahan alami yang satu ini sering digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini mungkin lidah buaya mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin E yang memiliki kontribusi pergantian, serta pertumbuhan sel.

Tidak hanya itu saja, pada lidah buaya juga terkandung vitamin B16, serta asam folat yang diketahui dapat mencegah masalah rambut rontok. Selain itu, sifat anti peradangan lidah buaya akan dapat membuat aliran darah pada kulit menjadi lancar. Apabila sirkulasi darah ke kulit kepala lancar, maka kerontokan serta kerusakan rambut akan berkurang karena rambut akan lebih cepat tumbuh.

Meskipun begitu diperlukan lagi penelitian lebih dalam, mengenai manfaat lidah buaya untuk merawat rambut rontok.

Ginseng

Perawatan-rambut-rontok-3.jpeg

Ginseng memiliki banyak manfaat, salah satunya digunakan sebagai bahan alami merawat rambut rontok. Akar ginseng sudah lama sering dijadikan sebagai pengobatan tradisional, termasuk dalam mengatasi kerontokan rambut. Berdasarkan penelitian menyatakan, kandungan ginsenosida yang terdapat pada ginseng memiliki pengaruh terhadap siklus pertumbuhan rambut.

Senyawa ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, serta mencegah rambut rontok, dengan menginduksi anagen, serta menunda katagen.

Minyak Kelapa

Perawatan-rambut-rontok-4.jpg

Bahan alami selanjutnya yaitu minyak kelapa. Berdasarkan sebuah penelitian menyatakan bahwa produk untuk perawatan rambut dengan kandungan minyak kelapa bisa membuat pertumbuhan dan ketebalan rambut meningkat. Sebab pada minyak kelapa terkandung asam lemak yang bisa menembus batang rambut.

Untuk merawat rambut rontok, anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai:

  • Masker rambut
  • Kondisioner
  • Pelindung rambut sebelum anda keramas

Walaupun begitu, anda tetap harus memperhatikan aturan atau instruksi penggunaan minyak kelapa untuk merawat rambut rontok.

Jus Bawang

Perawatan-rambut-rontok-5.jpeg

Selain sebagai bumbu masakan, bawang juga dapat digunakan sebagai bahan alami perawatan rambut rontok. Anda dapat mengolah bawang menjadi jus, kemudian diaplikasikan pada kulit kepala agar rambut menjadi lebih kuat dan tidak rontok.

Anda bisa mencampurkan beberapa bawang, kemudian peras airnya. Cairan tersebut bisa anda oleskan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15 menit. Jika sudah, bilas rambut menggunakan sampo.

Minyak Ikan

Perawatan-rambut-rontok-6.jpg

Minyak ikan terkenal akan manfaatnya untuk meningkatkan kemampuan otak. Selain itu, minyak ikan juga dapat digunakan untuk perawatan rambut rontok. Pada minyak ikan terkandung asam lemak omega-3 yang memiliki peran untuk pertumbuhan rambut. Berdasarkan penelitian, minyak ikan kembung bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut.

Ekstrak minyak ikan tersebut akan mengatur pertumbuhan rambut, serta perkembangan siklus sel, efeknya rambut akan menjadi lebih kuat dan tumbuh cepat. Anda bisa rutin mengonsumsi suplemen ikan sesuai aturan agar tubuh dan rambut anda sehat.

Baca juga : 

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk merawat rambut rontok. Namun, apabila setelah melakukan berbagai perawatan rambut anda tetap rontok atau bahkan semakin parah, untuk mengatasinya anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Loading...

Loading...