Penggunaan headset belakangan menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan dalam kehidupan. Untuk bisa mengakses gadget dengan suara pribadi penggunaan headset kerap kali menjadi pilihan yang baik agar apa yang diperdengarkan tidak mengganggu orang lain. Akan tetapi, tahukah anda penggunaan headset dalam jangka panjang akan dapat menimbulkan masalah pendengaran. Salah satunya adalah masalah infeksi telinga.

Hal semacam ini sebenarnya sangat disayangkan karena infeksi telinga akibat penggunaan headset sebenarnya bisa dicegah apabila anda mampu memperhatikan perawatan telinga dengan baik. Nah, di bawah ini mari kita simak apa saja langkah perawatan telinga untuk anda yang seringkali menggunakan headset.

Baca Juga:

perawatan-telinga-untuk-mereka-yang-sering-pake-headset.jpg

Perawatan Telinga Untuk Mereka yang Sering Gunakan Headset

Penggunaan headset memang banyak dipilih untuk melengkapi penggunaan gadget agar lebih nyaman. Lewat penggunaan headset anda akan senantiasa mendengarkan apa saja dari gadget anda tanpa khawatir mengganggu orang lain. Sayangnya, dari segi kesehatan bila penggunaan headset dilakukan dalam jangka panjang hal ini akan dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagian telinga.

Headset menjadi media yang baik bagi bakteri dan kuman berkembang biak. Sewaktu anda menggunakan headset bakteri yang menempel di dalamnya akan menempel dan berpindah ke telinga anda.

Secara berkala penggunaan headset dalam jangka panjang inilah yang perlahan bisa menimbulkan infeksi pada bagian telinga terjadi. Infeksi pada bagian telinga perlu segera ditangani dengan baik sebab hal ini akan dapat menyebabkan komplikasi berupa kerusakan pada bagian telinga secara permanen.

Namun sebenarnya risiko ini akan dapat dicegah dengan baik pada saat anda mengetahui dengan baik cara perawatan kesehatan dan kebersihan telinga. Apa sajakah caranya? Mari simak di bawah ini informasinya hanya untuk anda.

Bersihkan Telinga dengan Rutin

Perlu diketahui bahwa penggunaan headset akan dapat menghambat keluarnya kotoran dari bagian telinga. Ketika kondisi ini terjadi maka kotoran pada bagian telinga akan menumpuk dan kondisi ini menjadi salah satu pemicu timbulnya infeksi. Inilah mengapa mereka yang seringkali menggunakan headset harus merawat telinga mereka dengan sangat baik.

Adapun perawatan telinga yang dapat anda lakukan adalah dengan memastikan kotoran pada telinga anda dibersihkan minimal 1 minggu sekali. Atau pada saat anda merasa bagian telinga anda kotor maka membersihkannya secara rutin menjadi hal penting yang harus anda lakukan dengan baik.

Gunakan cotton bud atau korek kuping yang nyaman untuk mengeluarkan sejumlah kotoran yang ada pada bagian telinga anda dengan merata. Bersihkan pula bagian daun telinga dengan menggunakan cotton bud yang dicelup ke dalam baby oil atau minyak kelapa asli. Gosokkan dengan perlahan untuk memastikan  kotoran terangkat  dengan menggunakan cotton bud secara merata. Bersihkan pula bagian daun telinga dan bagian belakang telinga terutama dibagian sela-sela dimana kotoran biasanya menumpuk di bagian tersebut.

Pada saat mengorek kuping, sebaiknya perhatikan untuk tidak mendorongnya terlalu kuat. Terutama anda yang memiliki tekstur kotoran telinga yang kering biasanya anda disarankan untuk menggunakan korek kuping besi daripada cotton bud sebab kotoran akan lebih sulit diangkat.

Jangan Berlebihan Menggunakan Headset

Bagaimanapun sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Apalagi penggunaan headset yang terlalu lama akan dapat meningkatkan infeksi telinga lebih mudah terjadi. Sementara itu, menyetel volume headset terlalu keras pun akan dapat berisiko menyebabkan gangguan pendengaran yang terjadi secara permanen.

Kebanyakan orang yang menggunakan headset seringkali tidak sadar bahwa mereka sudah sangat ketergantungan dengan media alat bantu dengar yang satu ini. Bahkan pada beberapa aktivitas saat sedang tidak mendengarkan apa-apa seringkali headset masing menempel pada bagian telinga mereka.

Padahal salah satu perawatan telinga yang baik agar terhindar dari risiko infeksi telinga adalah dengan mengurangi penggunaan headset sebaik mungkin. Adapun dokter menyarankan penggunaannya dengan aturan 60/60 menit. Misalkan anda bisa mendengarkan music atau apapun dalam gadget anda dengan besaran volume sebesar 60 persen dan penggunaannya tidak lebih dari 60 menit.

Memperhatikan penggunaan headset tentu menjadi langkah mudah yang harus anda perhatikan dengan baik guna memudahkan anda terhindar dari kondisi gangguan telinga atau infeksi bagian telinga.

Bersihkan Headset Seminggu Sekali

Tak hanya memperhatikan kebersihan telinga, kebersihan headset pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Hal ini dilakukan guna mencegah perkembang biakan bakteri yang ada pada headset.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan headset adalah dengan menyiapkan beberapa bahan seperti air hangat yang sudah diberikan tetesan sabun cuci, kemudian sikat gigi yang belum dipakai dan sebuah lap kering. Bila semua perlengkapan ini sudah dipersiapkan dengan merata maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan bisa disimak di bawah ini.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memperhatikan jenis headset yang anda miliki. Bila anda menggunakan headset dengan silikon maka silahkan lepaskan terlebih dahulu silikon tersebut dengan perlahan.

Bila sudah selesai rendam silikon dalam air sabun selama beberapa menit secara merata. Kemudian setelah itu, angkat dan keringkan dengan menggunakan lap kering.

Untuk membersihkan bagian headset dengan merata anda bisa menggunakan sikat gigi. Anda bisa langsung menggunakan cara ini apabila headset anda adalah jenis headset yang tidak tahan air.

Jauhkan Headset dari Paparan Kuman

Secara tidak sadar kita mungkin seringkali dengan mudah meminjamkan headset kepada orang lain atau mungkin menempatkan headset disembarang tempat. Dalam rangka menjaga kesehatan telinga dari penggunaan headset maka anda perlu memperhatikan hal ini dengan baik. Baiknya, jauhi kebiasaan buruk berbagi dan saling meminjam headset.

Sebab kebiasaan ini akan dapat mempermudah perpindahan bakteri dari telinga orang lain ke telinga anda. Untuk itu, sebisa mungkin simpanlah headset anda di tempat yang bersih dan hindarkan dari saling meminjami bersama dengan orang lain. Pastikan anda hanya menggunakan headset anda sebagai barang pribadi yang tidak dibagikan bersama dengan orang lain.

Pastikan pula anda senantiasa membersihkan headset dengan rutin agar kotoran dan bakteri yang ada pada headset dapat dibersihkan dengan baik.

Cara Membersihkan Headset/Earphone

Selain memperhatikan kebersihan telinga, hal lain yang juga perlu diperhatikan dengan baik adalah kebersihan earphone. Hal ini dikarenakan keduanya saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Di bawah ini adalah beberapa langkah membersihkan earphone atau headset yang penting anda perhatikan dengan baik.

Menggunakan Cairan Desinfektan

Menggunakan headset memang mengasyikan. Hanya saja perlu diingat bahwa penggunaan headset yang terlalu berlebihan akan berdampak kurang baik untuk kesehatan telinga. Earphone adalah barang elektronik yang rentan terkena bakteri. Maka dari itu, membersihkan headset menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Terlebih lagi apabila headset seringkali digunakan lebih dari satu orang.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan headset adalah dengan menggunakan cairan desinfektan. Penggunaan bahan cairan kimia ini akan dapat mencegah timbulnya infeksi. Penggunaan bahan ini bisa digunakan dengan cara mencampurkan air hangat bersama dengan kombinasi 30% cairan desinfektan bersama dengan 70% air hangat.

Untuk mengaplikasikannya anda bisa menuangkannya pada kapas kemudian gunakan kapas tersebut pada seluruh bagian partisi headset dengan merata. Pada saat anda membersihkan headset sebaiknya lakukan dengan perlahan dan hati-hati dan pastikan agar tidak ada air yang masuk ke dalamnya. Sebab sebagian besar headset akan dapat rusak saat termasuki dengan air.

Bersihkan dengan Cotton Bud

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk membersihkan headset adalah dengan menggunakan cotton bud. Cara ini dianggap jauh lebih mudah dan sederhana untuk membersihkan kotoran yang menempel. Terutama pada bagian lubang headset. Cara melakukannya adalah dengan mengambil cotton bud dan bersihkan dengan merata. Pembersihan menggunakan cotton bud akan dapat dilakukan dengan mudah bahkan sampai ke bagian sela-sela. Dengan begini maka bagian tersebut akan dapat dibersihkan dengan merata.

Untuk memudahkan anda membersihkan kotoran yang sulit diangkat maka anda bisa mencelupkannya pada baby oil atau minyak kelapa. Bersihkan dengan merata dan pastikan kotoran yang ada di dalamnya dibersihkan secara merata.

Gunakan Penghapus

Selain kotoran yang ada pada bagian bulatan headset, bagian kabel headset pun seringkali kotor dan banyak debu yang menempel diatasnya. Banyak orang kebingungan untuk membersihkan bagian ini dan menganggap jika noda tersebut akan sulit untuk dihilangkan. Akan  tetapi, sebenarnya dengan cara yang tidak diketahui. kabel headset yang kotor akan dapat kembali dibersihkan.

Caranya adalah dengan menggunakan penghapus, gosokkan pada bagian headset dengan merata. Cara ini dapat anda lakukan seperti pada saat anda menghapus tulisan pada kertas bekas pensil. Cara mudah ini memang jarang diketahui banyak orang. Namun lewat informasi ini diharapkan anda akan sedikit punya pengetahuan yang baru yang mana nantinya headset anda akan kembali terlihat bersih seperti baru.

Gunakan Sikat Gigi

Selama ini sikat gigi mungkin hanya anda gunakan untuk membersihkan mulut dan gigi. Namun siapa menyangka manfaat dari sikat gigi akan bisa membantu anda membersihkan headset yang kotor akibat debu dan kotoran sampai ke bagian sela.

Sikat gigi bisa anda celup ke air bersih kemudian goyangkan sedikit agar airnya tidak terlalu meresap ke dalam sela sikat gigi. Sebab kebanyakan headset akan bermasalah setelah terkena dengan air. Ambil headset anda dan lakukan pembersihan secara merata dengan menggosoknya ke bagian seluruh sela headset hingga ke sela.

Cara mudah ini banyak dipraktikan untuk mereka yang ingin membersihkan peralatan seperti gadget dan barang-barang lainnya dengan cara yang jauh lebih mudah dan lebih sederhana. Selain mencelupnya menggunakan air anda pun bisa menggunakannya tanpa mencelupkan ke dalam air.

Gunakan Kayuputih

Manfaatkan produk penghangat tubuh dan kulit yang seringkali dijumpai di rumah untuk membersihkan barang-barang pribadi anda seperti headset di rumah. Kayuputih bisa menjadi alat pembersih yang baik untuk menghilangkan kotoran dan mengembalikan kilau headset sehingga tampilannya nampak seperti baru.

Caranya cukup mudah, ambil headset anda dan persiapkan dengan merata. Siapkan tisu dan celupkan pada minyak kayuputih kemudian setelah itu gosok dengan merata dan gunakan untuk mengangkat debu yang terdapat pada bagian headset dengan merata. Lakukan secara berulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bahaya Penggunaan Headset Terlalu Lama

Selain risiko infeksi pada bagian telinga adapula beberapa risiko yang mungkin dihadapi bagi anda yang terlalu sering menggunakan headset atau menggunakan headset terlalu lama. Apa sajakah bahaya tersebut? Di bawah ini adalah beberapa informasi yang akan dapat anda simak dengan baik.

Kerusakan Permanen Pada Telinga

Dampak buruk dari penggunaan headset terlalu lama yang pertama adalah risiko rusaknya kemampuan pendengaran secara permanen. Hal ini dapat terjadi apabila bagian telinga anda sudah tidak lagi mampu menanggung beban suara terlalu keras yang dihasilkan oleh headset akibat kebiasaan menyetel headset dengan volume yang tinggi.

Kondisi semacam ini seringkali dialami mereka yang masih berusia belia atau remaja. Mereka yang sering main game online pun berisiko sama besarnya mengidap penyakit yang sama. Untuknya perhatikan  dengan baik agar tidak terlalu sering menggunakan headset apalagi dengan volume yang besar.

Kehilangan Pendengaran di Usia 20-an

Berdasarkan penelitian, efek penggunaan headset yang berlebihan memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat sering menggunakan headset dalam jangka panjang ini baru akan terasa secara perlahan. Anda yang sering memberikan akses pada anak-anak untuk menggunakan headset atau earphone mungkin saat ini si kecil terlihat baik-baik saja.

Akan tetapi, siapa yang tahu jika gangguan pendengaran yang terjadi pada buah hati anda bisa ia rasakan pada saat si kecil sudah beranjak lebih besar. Maka dari itu, jangan terlalu memberikan akses yang bebas pada anak terutama mereka yang masih terlalu kecil mengakses gadget dan perlengkapan terkaitnya. Apalagi bahaya dari penggunaan headset bisa mungkin merusak kemampuan pendengaran mereka.

Kerusakan Otak

Menggunakan headset memang menyenangkan, apalagi sensasi suara yang lebih bebas dan jelas bisa anda rasakan saat mengakses sesuatu. Hanya saja, di balik hal tersebut rupanya ada bahaya besar yang mengintai kesehatan anda akibat penggunaan headset yang terlalu sering.

Hal ini disebabkan akibat gelombang elektromagnetik yang dihasilkan sewaktu menggunakan headset akan berpengaruh terhadap listrik otak. Hal ini sebelumnya telah dibuktikan dimana penelitian diuji terhadap tikus dan didapatkan hasil bahwa penggunaan headset dapat berpengaruh terhadap listrik otak tikus. Hanya saja, sampai saat ini belum diketahui seberapa besar pengaruh gelombang elektromagnetik tersebut pada otak manusia.

Hanya saja, melihat dampaknya yang seperti ini maka penting sekali untuk mewaspadai penggunaan headset dalam jangka waktu yang lama.

Terganggunya Ambang Pendengaran

Risiko lain yang bisa terjadi dari penggunaan headset yang terlalu lama adalah terganggunya ambang pendengaran manusia. Terlebih lagi ketika penggunaan headset dilakukan dalam volume yang keras dan sering. Secara perlahan dampak ini akan mengarah pada gangguan pendengaran yang terjadi secara permanen.

Karenanya, anda perlu memperhatikan penggunaan headset sesuai kebutuhan saja. Hindari menggunakan headset setiap saat dan terlalu sering. Untuk beberapa kebutuhan bila anda ingin menggunakan headset pastikan volume yang diperdengarkan tidak lebih dari 60 persen.

Loading...

Loading...