Ada banyak produk eksfoliasi di pasaran yang bisa kita temukan, mulai dari harga yang murah hingga harga yang cukup mahal. Melakukan eksfoliasi itu sendiri sangat penting sebagai langkah untuk mengangkat sel kulit mati. Jika sel kulit mati dibiarkan maka akibatnya kulit akan menjadi kusam.

Bahan-alami-untuk-eksfoliasi.jpg

Baca Juga:

Bahan Alami Untuk Eksfoliasi Wajah Agar Lembut dan Bercahaya

Selain menggunakan produk eksfoliasi, anda juga bisa melakukannya dengan bahan alami. Adapun bahan alami untuk eksfoliasi wajah seperti berikut ini.

Baca juga : 

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Mengapa tidak, tanaman yang satu ini memiliki manfaat yang bagus karena kandungan di dalamnya.

Seperti yang kita ketahui, lidah buaya biasanya sering digunakan sebagai perawatan rambut. Namun, selain itu  tanaman yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Lidah buaya bisa digunakan sebagai bahan alami untuk eksfoliasi bagi semua jenis kulit. Lidah buaya akan mudah diserap kulit dan menjadikan kulit lebih lembab. Selain itu, lidah buaya juga akan membantu mengatasi masalah jerawat yang meradang.

Pada lidah buaya terkandung vitamin A dan vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit. Enzim yang terdapat di dalamnya juga akan mengangkat sel kulit mati pada wajah dan menjadikan wajah nampak halus dan cantik.

Madu Mentah

Pada madu mentah terkandung komponen eksfoliasi alami yang akan mendukung kesehatan kulit. Bahan ini akan menghilangkan kulit kusam, kering dan memunculkan kulit baru sehat. Selain itu, madu mentah juga akan menyeimbangkan bakteri pada kulit untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Tidak hanya itu, madu juga akan membuat penyembuhan sel kulit menjadi lebih cepat.

Tea Tree Oil

Tea tree oil juga menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk eksfoliasi wajah. Biasanya bahan alami yang satu ini berbentuk serum. Bahan ini memiliki sifat antiradang dan akan membantu mengurangi tumbuhnya jerawat, mengurangi kemerahan, peradangan jerawat dan pembengkakan. Selain itu, bahan ini juga akan membuat kulit halus dan membantu mengatasi bekas jerawat.

Bagaimana Cara Membuat Eksfoliator dari Bahan Alami?

Untuk eksfoliasi wajah, partikel kecil dan kasar biasanya diperlukan seperti kopi, gula dan garam laut. Namun, bahan-bahan tersebut bukan pilihan yang baik karena akan menimbulkan gesekan pada kulit. Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, madu dan tea tree oil untuk eksfoliasi wajah di rumah anda. Bahan-bahan ini mempunyai manfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan bagus untuk kesehatan kulit. Bahan alami ini menjadi bahan yang ramah untuk kulit.

Adapun beberapa bahan yang harus disiapkan untuk membuat eksfoliator bahan alami seperti berikut ini:

  • 2 sendok teh madu
  • 2 sendok makan baking soda
  • 2 tetes tea tree oil
  • 1 sendok makan gel lidah buaya

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, anda bisa langsung membuatnya. Silakan sediakan wadah kecil. Lalu masukan semua bahan-bahan pada wadah tersebut. Aduk-aduk hingga merata.
  2. Apabila sudah selesai dibuat, anda bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah. Namun, sebelumnya pastikan anda mencuci wajah terlebih dahulu hingga bersih dengan menggunakan sabun pencuci muka sesuai jenis kulit anda.
  3. Kemudian silakan ambil campuran bahan yang sudah anda buat dengan ujung jari. Lalu aplikasikan dengan gerakan melingkar dan lembut pada semua wajah anda.
  4. Pijat wajah anda dengan lembut dan hati-hati menggunakan gerakan melingkar selama kurang lebih 1 hingga 2 menit.
  5. Sebelum dibasuh, diamkan terlebih dahulu selama 2 menit.
  6. Selanjutnya bilas wajah anda sampai bersih menggunakan air suam-suam kuku. Setelah membilas wajah, anda bisa mengaplikasikan pelembab.

Lihat juga : 

Itulah bahan alami untuk eksfoliasi wajah dan cara membuatnya. Walaupun bagus untuk kulit, namun hindari melakukan eksfoliasi berlebihan karena akan menyebabkan iritasi.

Loading...

Loading...