Produk Kecantikan Bermekuri Fatal Bagi KulitDi era modern ini semua orang termasuk anda berlomba lomba untuk mempercantik diri, semua usaha di lakukan agar tujuannya tersebut bisa tercapai. Dari mulai pergi ke salon sampai menggunakan produk-produk kecantikan yang saat ini marak di jual di pasaran. Namun anda kerap kali tidak sadar dan tidak memperhatikan dalam memilih produk kecantikan, karena tidak jarang produk produk kecantikan pada saat ini menggunakan bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kulit yaitu merkuri.

Merkuri adalah suatu cairan logam perak atau biasanya di sebut dengan air raksa (Hydrargyrum). Logam ini adalah logam yang ada secara alami dan satu satunya logam yang berwujud cair pada suhu kamar (25°C). Di dalam tabel periodik merkuri (hg) memiliki no atom 80 dengan masa 200.59. Dalam susunan tabel periodik unsur merkuri merupakan unsur transisi, dimana merkuri ada pada golongan IIB dan periode 6. Logam murninya yaitu keperakan serta cairan yang tidak berbau dan mengkilap. Merkuri dapat di temukan di alam dan tersebar di batu-batuan, tanah, air, biji tambang dan udara sebagai senyawa organik dan anorganik.

Baca Juga:

Merkuri mempunyai cara kerja dimana enzim trikinase akan di pengaruhi yang nantinya akan menghambat tirosin sehingga pembentukan melanin(pigmen yang membentuk warna kulit) tidak akan terjadi, oleh karena itu kulit akan menjadi putih dan mulus. Tujuan menggunakan merkuri ini adalah untuk mengurangi atau menghilangkan hiperpigmentasi pada kulit, tetapi jika merkuri ini terus-terusan di gunakan justru akan terjadi pigmentasi dengan efek permanen.

Lalu apa bahaya merkuri ? Nah, penggunaan produk yang mengandung merkuri ini awalnya memang akan membuat kulit menjadi cerah, putih dan mulus. Namun apabila penggunaan produk yang mengandung merkuri tersebut di lakukan secara terus menerus maka merkuri akan menumpuk dan mengendap di bawah kulit. Setelah bertahun tahun baru akan mulai terasa efeknya, dimana kulit akan berubah warna menjadi biru kehitam hitaman, bahkan akan memicu terjadinya kanker kulit. Selain berbahaya untuk kulit merkuri juga dapat menyebabkan keguguran, memperlambat perkembangan janin. Diantara logam yang ada merkuri dan turunannya di sebut dengan bahan pencemar atau racun yang paling berbahaya. Dan yang paling membahayakan lagi apabila terus menerus memakai merkuri yaitu akan terjadi kerusakan tubuh secara permanen.

Merkuri pada saat ini sangat sekali mudah di jumpai, karena pada saat ini merkuri sedang marak di gunakan dalam produk kecantikan, apalagi dalam produk pemutih wajah. Ciri-ciri produk yang mengandung merkuri yaitu biasanya tidak menyertakan no registrasi ijin dari BPOM atau lembaga kesehatan, biasanya produk yang mengandung merkuri memiliki warna yang mencolok serta mengkilap seperti hal nya mutiara, teksturnya pun akan lebih lengket, kasar dan menggumpal pada saat di gunakan, aromanya pun menyengat karena untuk menyamarkan aroma logam agar tidak tercium, akan memberikan rasa panas di kulit, serta orang yang menggunakan produk yang mengandung merkuri ini kulitnya akan cepat berubah menjadi lebih putih hanya dalam waktu yang singkat.

Loading...

Loading...