Rambut Berminyak?  Hindari dan Atasilah Dengan Cara AlamiRambut bagi sebagian orang wanita merupakan sebuah mahkota yang dapat memberikan kesan istimewa.Rambut berminyak merupakan masalah yang sering terjadi pada semua orang, dengan masalah rambut seperti itu sering kali memberikan rasa yang tidak nyaman serta kurang percaya diri pada diri kita. Rambut berminyak pun memberikan kesan bahwa kita tidak pernah merawat rambut. Padahal hal tersebut merupakan proses alami, dimana akar rambut memiliki kelenjar sebaceousyang mengeluarkan minyak yang disebut sebum.

 

Baca Juga:

Kelebihan produksi lemak merupakan penyebab terjadinya rambut berminyak, dimana minyak akan menyumbat akar rambut dan akan menyebabkan masalah rambut lainnya. Penyebab dari produksi minyak yang berlebihan adalah keturunan, pola makan yang buruk serta pengobatan atau perawatan yang tidak tepat. Namun produksi lemak juga bisa disebabkan karena perubahan musim, iklim, stress yang berkepanjangan dan hormon. Nah, jika anda ingin tahu cara menghindarinya marilah kita simak pembahasan di bawah ini.
Jangan Menggunakan Shampoo yang Salah

Anda harus berhati-hati dalam memilih shampoo, kondisioner dan produk perawatan rambut lainnya karena ini merupakan penyebab utama rambut berminyak karena produk tersebut mengandung bahan kimia.

Jangan Mengikat Rambut Selagi Basah

Hindarilah mengikat rambut ketika masih basah karena rambut juga memerlukan udara segar agar rambut tumbuh dengan baik. Jika rambut dalam keadaan basah di ikat maka minyak akan bergumpal pada kulit kepala dan akan menyatu pada helai rambut.

Jangan banyak mengkonsumsi Goreng gorengan

Makanan goreng-gorengan merupakan makanan yang paling banyak di gemari. Namun hindarilah makanan tersebut karena memiliki banyak kandungan minyak sehingga berdampak pada kulit kepala, sehingga kulit kepala akan lebih banyak memproduksi lemak dan menyebabkan rambut berminyak serta lepek.

Jangan Keramas Menggunakan Air Hangat

Keramas menggunakan air hangat merupakan salah satu pemicu rambut berminyak. Karena pada saat itu pori-pori kulit kepala akan membuka dan menghasilkan lebih banyak lagi minyak oleh sebab itu gunakan lah air dingin pada saat keramas.

Itulah hal-hal yang harus di hindari agar rambut tidak berminyak, dan dibawah ini adalah cara mengatasi rambut berminyak secara alami.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak Secara Alami

Jeruk Nipis Setelah Keramas

Jeruk nipis adalah bahan alami dan segar yang baik digunakan untuk perawatan rambut. Gunakan air perasan jeruk nipis setelah selesai keramas sebagai pemberi nutrisi dan pengganti kondisioner.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya di percaya ampuh dalam menutrisi rambut dan menyehatkan kulit kepala. Anda dapat menggosokannya setiap hari secara rutin agarmendapatkan hasil yang maksimal karena banyak vitamin yang terkandung yakni vitamin A,B,C dan E.

Menggunakan Daun Pacar Air(Inai)

Daun ini cukup baik untuk membuat rambut lebih sehat. Untuk mengatasi minyak pada rambut cukup gunakan daun ini dengan cara di oleskan pada kulit kepala. Inai memiliki sifat dapat menyerap minyak. Gunakan cara ini dua kali dalam sebulan.

Menggunakan Santan Kelapa

Santan kelapa sudah lama di percaya sangat ampuh dalah mengurangi minyak pada rambut. Anda cukup mengambil perasan santan lalu oleskan pada kulit kepala menggunakan bola kapas selama 15-30 menit kemudian bilas dengan air dingin. Sebaiknya anda gunakan perasan santan alami karena santan yang di proses di pabrik telah menggunakan bahan pengawet.

Menggunakan Putih Telur

Bagian putih telur ini kaya dengan protein. Untuk mengatasi rambut berminyak menggunakan putih telur ini anda cukup menyiapkan putih telur dan tambahkan beberapa tetes air lemon, kemudian aduk dan terapkan pada rambut basah. Setelah didiamkan beberapa saat bilaslah dengan air bersih.

Nah, itulah cara yang harus di hindari dan cara mengatasinya secara alami rambut berminyak. Semoga setelah anda menerapkan cara di atas masalah yang terjadi pada rambut anda ini dapat terselesaikan.

Loading...

Loading...