Nikmatnya hidangan bumbu ayam geprek dengan sajian sambal matah memberikan sensasi pedas segar yang nikmat. Nah, bagi anda yang penasaran ingin membuat sendiri hidangan ini di rumah maka tak perlu khawatir anda akan dapat membuatnya dengan resep ayam geprek kali ini.

Baca Juga:

Resep Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Matah

Bahan-Bahan:

  • 1 ekor ayam
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 bungkus tepung ayam goreng crispy

Bahan Sambal Matah:

  • 20 bh cabe rawit merah (sesuaikan selera)
  • 5 lbr daun jeruk buang tulang tengahnya
  • 3 btg sereh (ambil putihnya)
  • 6 siung bawang merah
  • 2 buah jeruk limau
  • 1 sdt terasi sangrai (haluskan)
  • 6 siung bawang putih kating

Persiapan Membuat Ayam Geprek:

  1. Untuk mengawali langkah kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih mencuci ayam sampai bersih dan pastikan semua kotoran pada ayam dapat dibersihkan dengan merata. Untuk itu, silahkan bawa ayam ke tempat cucian namun sebelum dicuci silahkan potong terlebih dahulu ayam menjadi 6 bagian dengan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  2. Langkah selanjutnya dapat anda lakukan dengan mencuci bersih semua bahan-bahan dengan merata dan pastikan kebersihan setiap bahan diperhatikan dengan baik.
  3. Setelah selesai kemudian ambil bawang putih dan rajang dengan halus bahan ini dengan merata. Untuk memudahkan anda melakukannya silahkan gunakan pisau yang tajam dan lakukan diatas tatakan. Masukkan dalam wadah dan taburi dengan menggunakan 1 sendok teh garam atau sesuai dengan selera. Aduk dengan merata.
  4. Kemudian berikan perasan air jeruk nipis pada bahan bawang putih dan aduk-aduk dengan merata sampai bahan ini tercampur.
  5. Masukkan dalam ayam dan lumurkan dengan merata sambil diremas-remas agar bumbu meresap ke dalamnya dengan merata. Sebelum sajian ayam di masak silahkan masukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es biarkan 30 menit sampai bumbu meresap ke dalamnya dengan merata.
  6. Selesai menyisihkan ayam, silahkan lanjutkan dengan melumurkan ayam menggunakan bumbu tepung serbaguna dengan merata. Lakukan hal yang sama pada potongan ayam yang lainnya.
  7. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak ke dalamnya lalu kemudian tunggu sampai minyak menjadi lebih panas. Gunakan api sedang pada saat anda hendak menggoreng ayam dengan merata.
  8. Lalu goreng ayam ke dalamnya sampai matang dan kering dengan merata. Angkat ayam dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan merata.

Cara Membuat Sambal Matah:

  1. Selesai dengan ayam goreng maka langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat sambal matahnya dengan merata. Cara ini dapat anda lakukan dengan merajang halus bawang merah bersama dengan serai, cabai rawit merah dan daun jeruk secara merata.
  2. Selesai merajang bahan-bahan ini silahkan masukkan dalam sebuah mangkuk dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.
  3. Dalam ulekan silahkan haluskan bawang putih kating dan berikan sedikit garam ke dalamnya dengan merata. Panaskan minyak kira-kira sebanyak 5 sendok makan dalam sebuah wajan dan tumis bawang putih ke dalamya sampai tercium bau harum yang enak.
  4. Kemudian siramkan tumisan bawang tersebut bersama dengan minyaknya dalam rajangan bumbu sambal matah sebelumnya. Lalu aduk-aduk dengan merata. Lalu tambahkan terasi bersama dengan perasan air jeruk limo. Aduk dengan merata.
  5. Ambil ayam dan geprek diatasnya lalu aduk bersama dengan sambal matah. Sajikan dalam wadah dan taburkan sambal matah sisa diatasnya dengan merata.
Loading...