Sedapnya hidangan ayam goreng kalasan khas Jogja kini akan bisa anda racik di dapur anda sendiri. Hidangan lezat ini terpadu dari racikan bumbu yang pas dan nikmat sehingga menghasilkan rasa ayam yang gurih dan sedap. Nah, bagi anda yang juga ingin membuat sajian ini di rumah maka tak perlu khawatir dibawah ini mari simak resep dan bumbu ayam goreng khas Kalasan hanya untuk anda.

ayam-goreng-kalasan.jpg

Baca Juga:

Bahan-Bahan:

  • 1 1/4 ekor ayam pejantan
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • Sejumput garam

Bahan dan Bumbu:

  • 4 jempol lengkuas, geprek
  • 2 sereh
  • 3 sdm gula merah, sisir halus
  • 8 siung bawang putih, geprek
  • 5 lembar daun salam
  • 1 1/2 liter air kelapa
  • garam, gula dan lada halus sebagai penyedap rasa

Persiapan Membuat Ayam Goreng Kalasan Khas Jogja Lengkap :

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan ayam sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Langkah membersihkan ayam menjadi hal penting sebab tentunya kita ingin bila sajian masakan kali ini terjaga dengan baik kebersihannya. Untuk itu, mari simak beberapa langkah membersihkan ayam dibawah ini.

2. Sebelum dibersihkan, silahkan potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Lalu masukkan sajian ini kedalam wadah dan bawa ke tempat cucian untuk dibersihkan.

3. Cara membersihkan ayam bisa dilakukan dengan mengucurkannya dibawah air yang mengalir. Lalu pastikan jika tidak ada bulu halus yang tersisa pada kulit ayam. Kemudian bersihkan pula lendir yang ada pada ayam dengan merata dengan meremasnya.

4. Setelah bersih, kemudian masukkan kembali ayam yang sudah dipotong-potong dalam wadah dan tiriskan air cuciannya dengan merata. Lalu kucuri dengan air perasan jeruk nipis dan taburi dengan garam. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata.

5. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu ini meresap kedalam ayam dengan merata sehingga bau amis yang terdapat pada ayam akan dapat sedikit berkurang.

Cara Membuat Ayam Goreng Kalasan Khas Jogja Lengkap :

1. Setelah selesai maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan masukkan minyak kedalamnya dan tunggu sajian ini panas dengan merata.

2. Bila minyak sudah panas maka anda akan dapat menuangkan bawang putih kedalam wajan bersama dengan lengkuas, daun salam dan juga sereh. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.

3. Baru masukkan ayam kedalam bumbu tumisan dan berikan air kelapa kemudian tuangkan gula merah kedalamnya dan bumbui dengan garam, lada dan juga penyedap rasa.

4. Aduk-aduk sampai semua bahan ini tercampur dan bumbu larut kedalamnya. Cicipi pula bumbu apakah sudah pas atau belum. Bila belum maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya dengan merata.

5. Setelah selesai matikan kompor dan siapkan sebuah wajan. Lalu masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai panas dengan merata. Masukkan ayam kedalamnya dan goreng sampai kecoklatan.

6. Selesai menggoreng ayam, goreng pula sisa bumbu tumisan sampai kering dan matang dengan merata. Angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara.

Sajikan ayam dalam sebuah piring saji dan taburkan bumbu lengkuas diatasnya dengan merata. Kemudian nantinya sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat.

Loading...