Cara membuat biji salak sebenarnya bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Dengan resep kali ini anda akan tentu dapat membuatnya.

biji-salak-kental.jpg

Baca Juga:

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg ubi jalar
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr tepung kanji

Bahan Saus Kinca:

  • 1/2 liter Air matang
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 sdm gula pasir
  • 200 gr gula merah

Bahan Kuah Santan:

  • 1 bungkus kelapa parut
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 250 cc air matang

Cara Membuat Adonan Biji Salak:

  1. Untuk mengawali langkah kali ini kita akan dahulukan membuat adonan biji salak sebelum bahan-bahan lainnya. Karena pembuatan adonan ini cukup memakan waktu maka penting sekali untuk mendahulukan membuat sajian kali ini. Di bawah ini adalah langkah-langkah pembuatan adonan biji salak yang akan dapat anda simak.
  2. Langkah pertama adalah dengan mengambil ubi jalarnya terlebih dahulu. Sebelum bahan ini digunakan anda akan senantiasa terlebih dahulu membersihkan sajian ini dengan merata. Silahkan bawa ubi ke tempat cucian dan bersihkan sajian ini dengan merata. Pastikan jika kotoran yang ada pada ubi dapat dibersihkan dengan merata.
  3. Setelah selesai membersihkan sajian ini kemudian lanjutkan dengan cara mengupas kulit ubi jalar dengan merata. Setelah selesai kemudian masukkan ubi dalam wadah dan sisihkan sementara.
  4. Siapkan sebuah kukusan dan masukkan ubi ke dalamnya. Lalu kukus sajian ini selama kurang lebih 30 menit sampai ubi benar-benar matang dan empuk dengan cara yang merata. Angkat apabila ubi sudah matang secara merata.
  5. Setelah itu, haluskan ubi dengan menggunakan ulekan pada saat masih panas. Masukkan dalam wadah atau baskom dan haluskan bahan ini dengan merata.
  6. Ketika sudah selesai masukkan tepung kanji dan taburi dengan sedikit garam. Lalu kemudian uleni sajian ini dengan merata sampai anda bisa memastikan tidak ada adonan yang masih menempel dan lengket pada bagian tangan.
  7. Ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bulat lonjong seperti sebuah biji salak. Lakukan hal yang sama pada adonan yang masih ada. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum di campurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata.

Cara Membuat Biji Salak Kental dengan Kuah Santan yang Nikmat:

  1. Untuk membuat hidangan biji salak kali ini, silahkan siapkan terlebih dahulu sebuah panci dan isikan air ke dalamnya. Lalu tunggu sampai sajian ini mendidih dengan merata. Baru masukkan adonan biji salak ke dalamnya dan rebus sampai matang.
  2. Ketika anda mendapati biji salak mengapung ke permukaan maka ini artinya sajian ini sudah matang dan siap untuk diangkat dari rebusan. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sajian ini.
  3. Setelah semua adonan direbus dengan merata maka langkah selanjutnya anda akan senantiasa dapat membuat kuah kinca gula merahnya.
  4. Cara pembuatan kuah kinca ini dapat dilakukan dengan cara menyiapkan sebuah panci dan masukkan semua bahan gula merah ke dalamnya. Aduk-aduk dengan merata sampai larut dan didihkan sementara.
  5. Kemudian tuangkan larutan tepung sagu ke dalamnya dan aduk-aduk dengan merata sampai adonan ini mengental. Lalu kemudian didihkan kembali sampai meletup.
  6. Selesai dengan bahan di atas kemudian anda akan dapat menuangkan biji salak ke dalamnya dan aduk dengan merata. Lalu angkat sajian ini dan sisihkan sementara.
  7. Untuk membuat kuah santan, lakukan cara yang sama yakni dengan menyiapkan panci dan masukkan semua bahan ke dalamnya. Namun bedanya dari awal sampai sajian ini mendidih anda perlu untuk mengaduk-aduk sajian ini sampai mendidih agar kuah santan tidak pecah.

Nah, setelah matang silahkan sendokkan biji salak dalam sebuah wadah saji lalu siram dengan menggunakan kuah santan yang sudah anda buat sebelumnya.

Loading...

Lavonte David Womens Jersey