Resep dan Cara Membuat Agar-Agar Santan Pandan Sederhana dan Lezat

Agar-agar  merupakan salah satu makanan yang sehat dan bergizi. Pasalnya makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh misalkan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain sehat, hidangan kuliner ini memiliki citra rasa yang begitu istimewa. Makanan ini tidak hanya cocok dihidangkan sebagai menu makanan penutup atau pencuci mulut saja, tetapi makanan ini juga sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak atau balita. Agar-agar atau puding ini memiliki banyak sekali jenisnya, dan salah satunya yakni agar-agar santan pandan.

Untuk sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar agar-agar santan pandan ini. Ya, pasalnya hidangan ini sudah sangat familiar sekali dikalangan masyarakat. Bahkan kita bisa menemukannya ketika menghadiri acara-acara tertentu, dan memang biasanya agar-agar santan pandan ini bisa dijadikan sebagai makanan untuk menjamu para tamu.

Nah, untuk mendapatkannya anda bisa membelinya sendiri di toko kue terdekat. Namun untuk lebih menghemat alangkah baiknya anda membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya pun sangat sederhana sekali dan bahan-bahan yang diperlukannya sangat mudah untuk didapatkan. Meskipun anda tidak memiliki keahlian khusus tetapi anda tidak akan dibuat kesulitan. Lantas apa saja resep dan bagaimana cara membuatnya? Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • 2 bungkus agar-agar bubuk (instan)
  • 1 bungkus agar-agar warna hijau
  • 1 bungkus agar-agar warna bening
  • 2 lembar daun pandan
  • Air 600 ml
  • Santan 600 ml
  • Gula pasir 400 g, dibagi menjadi dua bagian

Cara Membuat Agar-Agar Santan Pandan

  1. Langkah pertama yaitu, rebus air yang telah disiapkan bersama agar-agar warna hijau, gula pasir dan daun pandan. Aduk sesekali dan tunggu hingga mendidih.
  2. Setelah itu, tuangkan ke dalam cetakan atau wadah dan biarkan beberapa saat hingga mengeras.
  3. Selanjutnya, rebus santan, gula, agar-agar bening, pandan dan gula pasir hingga mendidih.
  4. Jika sudah mendidih, tuangkan ke dalam cetakan atau tempat sama yang telah diisi cairan agar-agar hijau. Lalu diamkan hingga mengeras.
  5.  Dan setelah mengeras maka agar-agar santan pandan ini sudah siap untuk dihidangkan.

Saran penyajian

Agar-agar puding santan pandan ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Oleh sebab itu, ketika menunggu puding mengeras alangkah baiknya masukan puding tersebut ke dalam kulkas. Untuk mempercantik tampilan ketika dihidangkan anda bisa menambahkan potongan daun pandan di atas puding tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa mengganti santan dengan menggunakan susu segar.
Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih menarik lagi maka anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya misalkan buah segar seperti strawbery, melon, anggur dan buah yang lainnya. Maka dengan begitu agar-agar yang anda buat tersebut akan semakin sehat karena bertambah kandungan gizinya. Selain disantap langsung agar-agar ini juga sangat coco digunakan untuk campuran es krim, es buah atau minuman lainnya.

Sebagai seorang ibu maka anda harus bisa memilah dan memilih makanan sehat untuk keluarga anda sendiri. Dari pada anda harus membeli makanan di luar sana untuk dihidangkan di tengah-tengah keluarga, lebih baik anda buat sendiri puding yang satu ini di rumah. Dengan adanya resep yang kami sajikan semoga bisa memudahkan anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...