Resep dan Cara Membuat Ayam PenyetAyam merupakan salah satu bahan dasar masakan yang digemari oleh banyak orang. Sehingga tidak heran apabila semua orang kerap kali memburu menu makanan yang berbahan dasar ayam, baik yang masih mentah maupun yang sudah diolah. Makanan yang berbahan dasar ayam pastinya memiliki tekstur yang lembut serta memiliki citra rasa yang khas. Ayam juga bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan, baik makanan tradisional maupun makanan modern.

Namun ada salah satu menu yang istimewa dari ayam ini, yaitu ayam penyet. Ayam penyet merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari Indonesia. Ayam penyet merupakan menu masakan yang berbahan dasar ayam, baik itu digoreng maupun di bakar dengan penambahan sambel dan juga lalapan sebagai pelengkap. Ayam penyet ini memiliki citra rasa yang khas, sehingga akan membuat lidah orang selalu bergoyang untuk menyantapnya.

Baca Juga:

Ayam penyet ini sangat cocok disajikan  dalam berbagai acara misalkan acara keluarga atau acara lainnya, karena pembuatan dan pengolahan menu ini sangat mudah serta bahan yang digunakannya pun sangat sederhana sehingga mudah untuk didapatkan. Ayam penyet ini akan lebih nikmat apabila disajikan selagi hangat dengan ditemani nasi putih yang masih hangat ditambah lagi dengan minuman es jeruk. Dengan membayangkannya pun lidah sudah mulai bergoyang, apalagi menyantapnya secara langsung. Nah, agar anda tidak terbayang-bayang dengan menu masakan yang lezat ini, alangkah baiknya anda membuat  ayam penyet ini sendiri dirumah. Anda bisa simak resep dan cara membuat ayam penyet berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 2 potong ayam kampung bagian dada dan paha yamg telah dilumuri oleh bumbu
  • 1 buah tomat
  • Kol secukupnya
  • Cabe rawet secukupnya
  • Cabe merah secukupnya
  • Cabe keriting secukupnya
  • 1 buah bawang bombay
  • Bawang putih secukupnya
  • Bawang merah secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Terasi secukupnya
  • Gula putih secukupnya
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Minyak secukupnya

Cara membuat ayam penyet

1.Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu membuat sambel terasi terlebih dahulu. Caranya yaitu, bumbu yang telah disiapkan seperti tomat, cabe rawit, cabe merah, cabe keriting, bawang putih, bawang merah, bawang bombay  dan terasi dicampurkan mejadi satu, kemudian haluskan baik itu diulek maupun diblender. Setelah halus anda bisa menambahkan gula merah, gula putih, garam dan penyedap rasa secukupnya sesuai dengan selera anda.
2.Setelah itu sambel terasi yang telah halus tersebut, kemudian goreng agar citra rasanya lebih nikmat. Tunggu beberapa saat sampai wangi dari sambel tersebut keluar, dan setelah itu anda tuangkan pada wadah yag telah disipkan.
3.Langkah selanjutnya yaitu, panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah panas kemudian goreng ayam yang telah dilumuri dengan bumbu tersebut, tunggu beberapa menit hingga ayam tersebut matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Setela matang lalu tiriskan.
4.Setelah itu panaskan kembali minyak ,lalu masukan kol yang telah disiapkan dan goreng hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
5.Langkah yang terakhir yaitu, sajikan ayam yang telah digoreng bersama dengan nasi putih pada piring. Kemudian, tambahkan kol dan sambal terasi, susun hingga rapih. Dan sekarang ayam penyet sudah siap untu di sajikan.

Demikian resep dan cara membuat ayam penyet. Semoga resep dan cara untuk membuat ayam penyet ini bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang kuliner. Selamat mencoba.

 

Video Tutorial
Berikut Video Resep dan Cara Membuat Ayam Penyet

Loading...

Loading...