Resep dan Cara Membuat Ayam Taliwang Khas NTB yang Pedas dan Nikmat

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki beragam budaya dan ciri khas daerah. Selain adat istiadat dan bahasa, masing-masing daerah di Indonesia juga memiliki makanan khas tersendiri yang tentunya sangat lezat. Meskipun rata-rata terbuat dari bahan makanan yang sama, tetapi setiap daerah memiliki makanan andalannya tersendiri. Bahkan makanan tersebut bisa dikenal oleh seluruh wilayah negeri atau bahkan hingga ke mancanegara. Dan salah satu makanan khas yang memang banyak diminati yakni ayam taliwang.

Ayam taliwang merupakan makanan khas yang berasal dari Nusa Tenggara Barat atau NTB. Menurut cerita masyarakat setempat, masakan yang terbuat dari bahan dasar ayam ini berasal dari Kampung Karang Taliwang. Komposisi bumbu yang beragam dipadu dengan rempah asli Indonesia membuat citra rasa makanan yang satu ini menjadi semakin nikmat. Dan untuk anda pecinta pedas tentunya tidak apdol jika belum mencicipi ayam taliwang ini, karena pada dasarnya makanan ini memiliki rasa yang pedas yang akan membuat anda ketagihan.

Nah jika berlibur ke NTB, maka kurang rasanya jika anda tidak mampir untuk mencicipi makanan yang satu ini. Oleh sebab itu, luangkanlah setidaknya sedikit waktu untuk menjajal makanan ini. Namun, jika anda tidak sabar untuk segera mencicipi ayam taliwang ini maka anda tidak harus langsung pergi ke NTB. Anda bisa membelinya di daerah anda masing-masing, pasalnya kini di setiap restoran atau kafe diberbagai daerah pun makanan ini sudah tersedia bahkan menjadi menu unggulan. Atau jika anda tidak memiliki waktu untuk membelinya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Di bawah ini merupakan resep dan cara membuat ayam taliwang khas NTB yang pedas dan nikmat.

Bahan dan Bumbu

Bahan-bahan ayam taliwang

  • 1 ekor ayam kampung, bersihkan
  • 1 sdm minyak goreng
  • 200 ml air
  • 2 sdm air perasan jeruk limau
  • 1/2 sdt garam

Bumbu halus

  • 4 siung bawang putih
  • 7 butir bawang merah
  • 4 buah cabai merah
  • 1 buah tomat
  • 1 ruas kencur
  • 1 sdt gula merah
  • 1 sdt terasi goreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Taliwang Khas NTB yang Pedas dan Nikmat

  1. Langkah pertama yaitu, belah dada ayam lalu tekan dan rengggangkan.
  2.  Kemudian, lumuri ayam dengan menggunakan air jeruk limau dan garam. Diamkan selama 20-30 menit.
  3. Setelah itu, uleg semua bumbu halus yang telah disiapkan.
  4. Tumis semua bumbu yang sudah diuleg menjadi satu hingga tercium harumnya. Lalu, masukan ayam dan aduk hingga berubah menjadi kaku. Tuangkan air yang telah disiapkan, masak dengan menggunakan api sedang hinggga benar-benar matang. Jika sudah angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya, bakar ayam tersebut di atas bara api.
  6. Oleskan bumbu yang masih tersisa ke seluruh bagian ayam.
  7. Lalu bakar kembali dengan membolak-balikan ayam agar matang merata hingga keluar aroma harum. Jika sudah, angkat lalu hidangkan.

Saran Penyajian

Ayam taliwang ini sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat dengan nasi hangat pula. Jika anda menginginkan rasa yang lebih pedas, maka anda bisa menambahkan cabai sesuai dengan selera anda atau anda bisa menyantapnya dengan sambal terpisah serta sayur segar seperti timun, kol dan yang lainnya sesuai dengan selera anda.
Itulah resep dan cara membuat ayam taliwang khas NTB. Selamat mencoba.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)