Bulat, gurih dan nikmat itulah dia bakso. Ya, bakso merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang sangat banyak digemri. Di pusat jajanan kota makanan yang didominasi oleh daging ini menjadi salah satu jajanan favorit dan lebih unggul dibandingkan dengan jajanan lainnya, meskipun kini bebagai macam makanan unik sudah bermunculan. Biasanya bakso ini disajikan dengan kuah serta penambahan mie, baik mie putih, mie kuning ataupun bihun dengan dilengkapi sayuran segar seperti sawi, taoge dan yang lainya.

Nah, selain bakso kuah ternyata bola daging ini bisa dimodifikasi menjadi berbagai jenis santapan lainnya seperti bakso goreng atau bakso bakar. Anda semuanya mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar Bakso bakar. Ya bakso bakar merupakan bakso pada umumnya, namun memiliki perbedaan ketika diolah seperti namanya 'bakso bakar', jadi mengolahnya pun dengan cara di bakar. Selain bakso kuah, ternyata bakso bakar ini juga memiliki rasa yang sangat lezat. Bau yang sangat khas dari bakso bakar tersebut membuat siapa saja orang yang menciumnya menggoyangkan lidah. Ditambah dengan campuran rempah dan rasa manis dari kecap serta rasa daging yang sangat mendominasi mampu membuat setiap orang ketagihan.

Baca Juga:

Bakso bakar ini sekarang sudah bisa anda dapatkan dengan mudah, pasalnya bakso bakar ini sudah banyak dijual dan disajikan dipusat jajanan kota baik itu di pedagang kaki lima ataupun di restauran-restauran besar. Namun, daripada harus membelinya lebih baik anda membuatnya sendiri di rumah. Berikut akan kami sajikan resep dan cara membuat bakso bakar spesial yang enak dan bergizi.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • 500 gram daging sapi
  • 100 gram tepung kanji
  • 1 butir telur
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan margarin yang telah dicairkan
  • Tusuk sate secukupnya

Bumbu-bumbu

  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • 1 sendok teh bubuk merica
  • 1 sendok makan garam

Cara Membuat Bakso Bakar Nikmat Enak dan Lezat

  1. Langkah yang pertama yaitu, campurkan bahan-bahan berikut ini : daging sapi giling, bumbu yang telah disiapkan dan telur menjadi satu, kemudian haluskan dengan menggunakan blender.
  2. Setelah halus kemudian tambahkan 100 gram tepung kanji yang telah disediakan dengan sedikit demi sedikit sambil diaduk agar semua bahan bisa tercampur dengan rata. Jika sudah masukan adonan bakso tersebut ke dalam wadah atau baskom bersih.
  3. Selanjutnya, tuangkan air kedalam panci untuk dipanaskan. Sambil menunggu air mendidih maka ambil adonan sebanyak satu sendok teh, lalu buatlah bentuk bulat. Bentuk semua adonan yang telah anda buat tersebut berbentuk bulat. Jika air telah mendidih, maskan seluruh bakso tersebut, diamkan hingga bakso mengapung, baru setelah itu angkat kemudia tiriskan.
  4. Setelah itu, tusuk beberapa bakso yang sudah jadi tersebut dengan menggunakan tusuk sate yang sudah disiapkan. Lakukan langkah ini hingga semua bakso habis.
  5. Jika seluruh bakso sudah ditusuk, kemudian bakar bakso-bakso tersebut di atas panggangan bara api sambil dibolak balik dan olesi dengan campuran 3 sendok makan kecap manis dan margarin cair. Lanjutkan proses membakar bakso ini hingga bakso berubah warna menjadi kecoklatan, dan setelahnya anda bisa mengangkatnya.

Saran penyajian

Bakso bakar yang lezat dan bergizi tersebut akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan panas dengan nasi panas dan juga dicampur sambal ataupun saos sambal. Bakso bakar dengan bahan di atas bisa disajikan hingga 4 sampai 5 posri. Apabila anda menginginkan lebih, maka anda bisa menambah bahan-bahan kelipatan dari bahan di atas.

Loading...

Loading...