Bolu merupakah salah satu kudapan favorit banyak orang. Kue yang satu ini bisa kita buat dengan cara dipanggang maupun dikukus. Nah, bolu kukus itu sendiri bisa dibuat menjadi aneka bentuk, salah satunya yaitu bolu kukus mekar yang termasuk salah satu bolu kukus yang populer.

Hampir di berbagai acara, bolu kukus mekar selalu ada sebagai suguhan untuk keluarga dan tamu. Bolu kukus mekar itu sendiri biasanya tersaji menjadi beberapa rasa dan warna. Warna yang cantik menjadikan tampilan bolu ini semakin menggoda. Ada banyak resep bolu kukus yang bisa anda contek, salah satunya bisa dilihat dari berbagai website resep.

Baca Juga:

Membuat bolu kukus mekar tidak sulit. Tidak membutuhkan banyak peralatan, bahannya praktis dan untuk pemula tentu tidak akan sulit. Cita rasanya yang enak, dengan tekstur yang lembut tentu akan sangat memanjakan lidah.

Untuk anda pecinta rasa cokelat, anda bisa membuat sajian bolu kukus cokelat di rumah. Rasa cokelat yang kuat akan menjadikan sajian bolu kukus ini semakin nikmat. Nah, untuk memudahkan anda membuat sajian bolu kukus di rumah, yuk simak resep dan cara membuat bolu kukus cokelat mekar di bawah ini.

Resep-bolu-kukus-cokelat-mekar.jpg

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Cokelat Mekar yang Lembut dan Lezat

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt pasta cokelat
  • 225 ml minuman bersoda tawar
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 1/2 sdt emulsifier (SP/TBM)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 50 dark cooking chocolate

Cara Membuat Bolu Kukus Cokelat Mekar

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu, membuat adonan. Silakan ambil dark cooking chocolate yang telah anda sediakan. Lalu silakan potong-potong cokelat dan lelehkan. Cara melelehkannya sangat mudah, anda tinggal meletakan cokelat pada wadah yang direndam dengan menggunakan air panas.
  2. Selanjutnya, silakan kocok bahan-bahan seperti telur, gula pasir, emulsifier dan garam sampai mengembang atau selama kurang lebih 8 menit.
  3. Apabila sudah seperti itu, silakan masukan bahan-bahan yang lainnya seperti cokelat bubuk, tepung terigu dan baking powder. Anda bisa memasukannya bergantian dengan air soda sambil perlahan-lahan dikocok.
  4. Berikutnya silakan masukan dark cooking chocolate leleh, serta pasta cokelat. Aduk kembali adonan hingga merata.
  5. Silakan siapkan cetakan bolu kukus. Lalu lapisi cetakan dengan menggunakan kertas roti.
  6. Masukan adonan yang sudah anda buat ke dalam cetakan.
  7. Setelah itu, silakan panaskan kukusan. Jika sudah panas, anda bisa memasukan adonan pada kukusan dan kukus hingga matang atau selama kurang lebih 12 menit menggunakan api besar.
  8. Setelah matang, silakan angkat dan diamkan terlebih dahulu beberapa saat atau hingga dingin.
  9. Baru setelah itu anda bisa menyajikannya untuk keluarga di rumah.

Baca juga : Resep Kue Lapis Legit

Tips Membuat Bolu Kukus

  1. Saat mengukus bolu, anda bisa menggunakan api sedang cenderung besar agar bolu kukus mekar dengan sempurna.
  2. Penggunaan air soda pada adonan berfungsi agar bolu kukus yang anda buat mekar dengan sempurna.

Sajian bolu kukus mekar cokelat sudah selesai dibuat. Rasanya yang lezat dengan teksturnya yang lembut akan sangat memanjakan lidah. Anda bisa membuat sajian ini untuk dijadikan suguhan di acara-acara spesial, atau anda bisa membuatnya untuk cemilan manis keluarga tercinta. Dinikmati dengan secangkir teh hangat pastinya akan terasa lebih lezat. Selamat mencoba di rumah.

Loading...