Resep dan Cara Membuat Kentang Mustofa Garing dan Renyah Siapa yang tak kenal dengan kentang mustofa? Makanan olahan dari kentang ini biasanya kita jumpai di acara-acara hajatan atau warteg yang menyediakan kentang mustofa. Rasa gurih dan garing dari kentang yang bercampur dengan bumbu manis pedas, membuat makanan ini benar-benar dicintai. Karena selain bisa dimakan sebagai lauk nasi bersama dengan nasi hangat, sajian kentang mustofa ini tak kalah nikmat jika dimakan sendiri atau digado.

Rasa pendas serta sensasi kriuk-kriuk yang begitu renyah membuat makanan ini cocok disajikan kapanpun dan dimanapun. Nah, bagi anda para penggemar berat hidangan kentang mustofa, dan ingin membuat sendiri hidangan ini dirumah.

Baca Juga:

Berikut Resep dan Cara Membuat Kentang Mustofa Garing dan Renyah

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kentang Mustofa Garing dan Renyah

  • 1 kg kentang
  • 10 buah cabai merah, buang bijinya
  • 10 siung bawang putih, buang kulitnya
  • 150 gram gula pasir
  • Bawang goreng secukupnya
  • 75 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kentang Mustofa Garing dan Renyah

1. Langkah pertama, cuci bersih kentang yang sudah dipersiapkan, kemudian kupas dan potong-potong kecil memanjang seperti korek api dan jaga agar pemotongan tidak terlalu tebal.
2. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan, masukan kentang yang sudah dipotong-potong, goreng hingga kecoklatan atau hingga kentang menjadi lebih renyah. Saat melakukan penggorengan, upayakan kentang yang digoreng terendam oleh minyak, serta selama penggorengan jangan terlalu sering mengaduk atau membalikan kentang yang digoreng, hal ini dapat mengakibatkan kentang menjadi hancur.
3. Jika sudah digoreng, angkat dan tiriskan hingga minyak menetes.
4. Sementara itu, haluskan bawang putih serta cabai merah menggunakan blender dan masukan sedikir air, blender hingga halus.
5. Panaskan minyak dalam wajan kira-kira 2 sendok makan, kemudian tumis bumbu yang baru saja dihaluskan menggunakan blender, aduk hingga merata kemudian berikan gula pasir dan garam kemudian aduk kembali hingga bumbu mengental.
6. Jika sudah selesai, matikan api dan masukan kentang pada bumbu tersebut sedikit demi sedikit, kemudian campurkan gula pasir dan bawang goreng sesuai selera anda.
7. Aduk-aduk hingga bumbu melumuri semua bagian kentang secara merata, angkat dan sajikan.

Loading...

Loading...