Resep dan Cara Membuat Klepon Nikmat Globalisasi membawa perubahan begitu signifikan terhadap cara pandang dan pemikiran dalam masyarakat. Seiring dengan perkembangan mode dan trend ada begitu banyak perombakan dan perubahan dalam segala aspek kehidupan termasuk gaya hidup, yang mana salah satunya terjadi pada makanan.

Saat ini banyak sekali jajanan ala barat yang masuk ke negara kita. Belum lagi makanan ringan seperti snack yang dikemas dengan sebegitu apik dan menarik membuat minat pembeli menjadi lebih dominan terhadap jajanan ini yang pada kahirnya membuat makanan lokal menjadi tersingkirkan dari pasaran. Selain itu, nilai gengsi dan brand kebarat-baratan membuat makanan lokal menjadi sesuatu yang kurang menarik untuk disantap dan dipamerkan. Hal ini tentunya begitu tragis bukan? kita tentu tidak ingin jika budaya lokal di negeri ini menjadi lebih cepat punah dan sirna akibat perkembangan jaman. Sebab bagamanapun, kita adalah para pemilik sebenarnya pada apa yang dimiliki oleh negeri ini. Tidak ada yang salah dengan jajanan lokal, bahkan makanan lokal terhitung lebih kaya gizi dibandingkan dengan makanan luar dengan pengolahan dan kandungan gizi yang belum tentu baik.

Baca Juga:

Nah, salah satu makanan yang cukup populer di negeri ini adalah klepon. Ya, makanan yang khas dengan isia gula merah dan terasa meleleh ketika digigit ini menjadi hidangan yang begitu nikmat. Dalam rangka melestarikan makanan lokal, tidak ada salahnya jika kita membuat sendiri hidangan klepon kali ini. Tentunya dengan resep yang mudah dan praktis berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Klepon Enak

  • 150 gram tepung ketan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • kelapa parut kukus dengan sedikit garam
  • ½ sendok teh garam
  • air secukupnya
  • pewarna hijau atau sesuai selera jika ingin berwarna-warni
  • cokelat meses
  • keju mozarella

Cara Membuat Klepon Nikmat

1. Campur rata tepung ketan, gula pasir dan tambahan garam sedikit. Kemudian tungkan pewarna hijau makann sedikit demi sedikit sambil diaduk dan uleni hingga kalis dan dapat dibentuk.
2. Ambil sedikit adonan, pipihkan kemudian isikan isian gula merah, meses dan keju sesuai dengan selera kemudian bulatkan kembali adonan.
3. Didihkan air dalam panci, kemudian masukan adonan dalam air yang telah mendidih dan angkat jika sudah mengapung.
4. Lumuri dengan parutan kelapa hingga merata dan sajikan.
Hidangkan kenikmatan klepon ditengah-tengah kehangatan keluarga anda dan rasakan sensasi isian gula merah serta bahan-bahan lainnya yang meleleh dilidah sewaktu anda mengigitnya.

 

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan

Loading...

Loading...