Resep dan Cara Membuat Kolak Candil Ubi Merah Lezat Menghadirkan menu istimewa nan lezat dibulan suci Ramadhan tentunya menjadi kebanggaan bagi siapa saja termasuk anda para ibu tercinta. Melihat raut wajah gembira ketika hidangan istimewa disajikan dimeja makan tentunya menjadi impian anda saat ini. Begitu banyak kuliner bisa dijumpai saat bulan suci Ramadhdan datang, seperti kurma, gorengan, menu makanan lain dan salah satu yang khasnya adalah hidangan kolak yang begitu khas saat Ramadhan.

Begitu banyak hidangan kolak bisa anda jumpai dijajanan-jajanan pasar dan kaki lima. Hanya saja hidangan-hidangan yang anda jumpai pada jajanan pasar biasanya kurang dijaga perihal kebersihannya. Bukan menjadi bergizi salah-salah jika anda membeli jajanan pasar yang ada dikaki lima, hal ini justru membahayakan kesehatan anggota keluarga dan orang-orang tercinta disekeliling anda.
Untuk itu, dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kebersihan, menikmati masakan hasil olahan sendiri tentunya menjadi alternatif terbaik. Selain kebersihan terjamin, mengolah makanan sendiri tentunya bisa anda sesuaikan kandungan dan komposisinya. Dan kali ini hidangan kolak candil ubi merah lezat, tentunya bisa anda jadikan sebakai menu untuk berbuka puasa yang bisa anda sajikan ditengah-tengah kehangatan keluarga untuk menambah citra rasa kenimatan berbuka kali ini. Penasaran seperti apa resep dan cara membuat kolak candil ubi merah lezat? Simak langkah-langkahnya. Namun sebelum itu, ada baiknya anda perlu mengetahu bahan-bahan apa saja yang harus anda persiapkan.

Baca Juga:

Inilah Dia Bahan-Bahannya

Bahan Membuat Candil:

  • 500 gram ubi meras (rebus, kupas dan haluskan)
  • ¼ sdt garam’
  • 705 gram tepung kanji
  • 1500 ml air putih

Bahan-Bahan Membuat Kolak:

  • 100 ml santan
  • 400 gram gula jawa
  • ½ sdt garam
  • 500 m santan kental
  • 4 sisir pisang ambon (kupas, potong ukuran 1 cm)
  • 2 lembar daun pandan (bersihkan, ikat)

Apabila bahan-bahan diatas sudah disiapkan, selanjutnya barulah anda bisa mengikuti langkah-langkahnya.

Inilah Dia Cara Membuat Kolak Candil Ubi Merah Lezat

1. Langkah pertama, anda bisa mengawalinya dengan terlebih dahulu menghancurkan ubi yang sudah direbus dan dikupas. Hancurkan ubi hingga halus merata, kemudian campurkan tepung kanji dan garam uleni adonan hingga kalis dan bisa dibentuk. Kemudian bentuk adonan membentuk bulatan-bulatan kecil. Kemudian sisihkan.
2. Didihkan air dalam panci, kemudian masukan adonan tunggu hingga mengambang kepermukaan, jika adonan sudah mengambang itu artinya adonana sudah bisa diangkat. Angkat adonana dan sisihkan.
3. Selanjutnya, rebus sanatan bersama dengan gula jaa, pandan dan garam, aduk-aduk hingga mendidih pastikan santan tidak pecah. Setelah itu masukan potongan pisang. Masak hingga pisang setengah matang.
4. Masukan santan kental dan candil yang sudah direbus. Aduk-aduk dan masak hingga mendidih. Angkat dan hidangkan selagi hangat.

 

Loading...

Loading...