Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang Kolang-KalingMemasuki bulan Ramadhan sudah pasti anda seringkali menjumpai makanan dengan bahan kolang kaling, salah satunya adalah ketika anda mencari menu berbuka puasa. Di mulai dari kolak, campuran es buah dan juga untuk manisan. Kolang-kaling memang sangat identik dengan berbagai menu di bulan Ramadhan akan tetapi bukan berarti anda tidak dapat menjumpainya selain di bulan Ramadhan.

 

Baca Juga:

Tahukah anda ternyata kolang kaling memiliki manfaat untuk kesehatan anda? Kolang kaling ini sangat cocok untuk menu berbuka dikarenakan kandunga airnya yang tinggi sehingga dapat membantu dalam proses pencernaan, terlebih bagi anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan ketika sedang berpuasa. Selain itu, bagi anda yang ingin tetap menjaga berat badan selama bulan puasa, kandungan dari gellatin kolang-kaling akan membantu dalam mempercepat rasa kenyang dan juga dapat mengontrol nafsu makan.

Nah,bagi anda yang ingin menghadirkan menu berbuka puasa yang istimewa untuk keluarga anda. Sajikan menu berbuka dengan bahan kolang-kaling yang dicampur dengan kolak pisang pisang sehingga dapat menambah nilai gizi menu berbuka puasa anda. Berikut adalah cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk membuat kolak pisang kolang-kaling.

Bahan-Bahan Membuat Kolak Pisang Kolang-Kaling:

  • 3 buah pisang, menjadi dua bagian
  • 100 gram kolang-kaling dipotong dua bagian
  • 3 Butir cengkeh (secukupnya)
  • 250 ml santan kental
  • 250 gram gula merah
  • 2 Sendok makan gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Vanila secukupnya
  • 100 gram ubi merah

Langkah-Langkah Membuat Kolak Pisang Kolang-Kaling :

1. Masukan santan dan gula merah, gula pasir, vanila serta garam secukupnya ke panci kemudian panaskan hingga mendidih. Dan pastikan selama proses pendidihan santan, anda tetap mengaduk-aduknya secara perlahan agar santan tidak pecah.

Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang Kolang-Kaling
2. Lanjutkan dengan memasukan semua bahan , bahan pertama yang harus anda masukan adalah kolang-kaling, biarkan kolang-kaling hingga empuk kemudian setelah itu masukan pisang, kemudian ikuti dengan memasukan ubi.

Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang Kolang-Kaling
3. Aduk perlahan hingga mendidih jangan berhenti , angkat dan sajikan.

Video Tutorial
Berikut Video Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang Kolang-Kaling

Loading...

Loading...