Resep dan Cara Membuat Kroket Kentang Crispy yang Nikmat dan Gurih

Kentang merupakan salah satu sayuran atau bahan makanan yang digemari oleh banyak orang. Selain memiliki manfaat yang lebih untuk tubuh manusia, kentang juga bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang nikmat dan lezat. Tidak hanya itu, kentang juga kerap kali dijadikan sebagai karbohidrat pengganti nasi. Ada banyak sekali olahan kentang, dan semua olahan dari sayuran ini tentunya memiliki peminat yang sangat banyak dibandingkan dengan olahan lainnya. Dan salah satu olahan yang banyak diminati tersebut yakni kroket kentang.

Ketika mendengar kroket tentunya anda semua tidak asing lagi, atau bahkan anda sering mencicipinya. Namun, apakah anda pernah mencicipi kroket kentang yang crispy dan nikmat? Ya, isi yang begitu beragam serta rempah yang ada di dalam kroket kentang ini akan membuat hidangan menjadi lebih spesial. Bahkan hidangan ini akan membuat setiap orang ketagihan.

Selain disajikan ditengah keluarga tercinta, tentunya kroket ini juga sangat cocok dijadikan bekal sekolah si kecil. Nah, untuk mendapatkannya anda tidak usah membelinya karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika anda belum pernah membuatnya, anda jangan merasa khawatir karena pada dasarnya resep dan cara membuat kroket ini sangatlah mudah. Dan di bawah ini merupakan resep dan cara membuat kroket kentang yang bisa dijadikan panduan untuk anda.

Bahan dan Bumbu yang Diperlukan

Bahan adonan

400 gram kentang
100 gram tepung panir/roti
1 butir telur
1/2 sdt garam

Bahan isi

100 gram daging cincang
2 siung bawang putih, haluskan
2 siung bawang merah, haluskan
50 gram kacang polong
1 buah wortel, iris kecil sesuai dengan selera
1/2 sdm daun seledri, cincang halus
1/2 sdm daun bawang, cincang halus
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdm mentega
1/2 sdm garam
1/4 sdt serbuk merica
1/4 sdt pala
1/2 sdt serbuk kaldu ayam
1/2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Resep dan Cara Membuat Kroket Kentang Crispy dan Nikmat

  1. Langkah pertama yaitu, buat terlebih dahulu adonan kentang dengan cara: Kupas kentang yang telah disiapkan, lalu bersihkan dan kukus hingga lunak. Lumatkan kentang saat masih dalam keadaan panas. Lalu, masukan telur dan garam secukupnya. Aduk hingga merata dan halus.
  2.  Setelah itu, buat isi karoket dengan cara: Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga tercium baunya. Lalu, tambahkan daging cincang, kacang polong, wortel. Dan tumis dengan api sedang hingga semuanya menjadi matang. Tambahkan seluruh bumbu yang lainnya. Kemudian, tambahkan larutan tepung maizena. Aduk hingga mengental dan sisihkan.
  3. Setelah itu, ambil 2 sendok makan kentang, kemudian bentuk pipih. Lalu, isi dengan menggunakan 1 sdm bahan isi dan bentuk menjadi bulat panjang. Lumuri adonan yang telah dibentuk tersebut dengan menggunakan tepung roti/ panir. Diamkan adonan selama 5-10 ment agar lapisan mengering. Lakukan cara yang sama untuk adonan yang lainnya.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak goreng. Lalu, goreng kroket kentang hingga berwarna kuning keemasan.

Saran Penyajian

Kroket kentang ini akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Jika anda salah satu orang pencinta pedas, maka anda bisa menambahkan cabe rawit ketika mengkonsumsinya.

Itulah resep dan cara membuat kroket kentang crispy yang nikamat dan gurih. Selamat mencoba.

Loading...

Loading...