Resep dan Cara Membuat Kue Apem Kukus Istimewa

Resep dan Cara Membuat Kue Apem Kukus IstimewaSetujukah anda bahwa salah satu warisan terbesar yang diwariskan oleh nenek moyang kita sejak dulu yang paling berharga adalah kuliner? Ya, Nusantara memiliki beragam jenis kuliner dan jajanan tradisional yang mungkin hampir tak dikenali oleh anak-anak jaman sekarang. Betapa tidak , keberadaan makanan serta jajanan tradisional hampir terlupakan dengan hadirnya makanan luar negeri dengan kemasan dan brand yang lebih menarik membuat anak-anak jaman sekarang lebih tertarik dengan makanan ringan berkemasan cantik. Yang pada akhirnya membuat jajanan tradisional semakin tergerus jaman dan tergantikan oleh makanan yang serba instant yang bahkan kita sendiri tak tahu sejauh mana makanan ini berdampak negatif bagi tubuh kita.

Untuk itu, dalam rangka kembali melestarikan budaya serta memperkenalkan kembali warisan kuliner maka tidak ada salahnya jika kita mencoba memasak jajanan tradisional yang cukup populer salah satunya adalah kue apem. Kue apem memiliki ragam dan variasi yang berbeda dibeberapa daerah. Nah, kali ini kita akan membahas resep kue apem. Resep sederhana yang telah ada sejak jaman dulu ini pernah menjadi hidangan istimewa yang banyak diminati pada jamannya. Lantas seperti apa resep dan cara membuat kue apem? Kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Apem

  • 400 gr tepung beras
  • 80 gr tepung kanji
  • 400 gr santan kental
  • 250 ml santan cair
  • 200 gr gula pasir
  • 1 bungkus ragi instan
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • ½ butir kelapa muda, lalu parut dan kukus
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Apem Istimewa

1. Langkah pertama kita campurkan terlebih dahulu ragi instan dengan air hangat 4 sendok makan.

2. Lalu campurkan pula pada wadah lain tepung beras, tepung kanji dan berikan sedikit garam kemudian aduk hingga merata.
3. Selanjutnya tuangkan larutan ragi instan, sedikit santan cair, jangan terlalu encer kemudian uleni hingga menjadi kalis dan tercampur rata.
4. Uleni adonan tersebut sambil dipukul-pukul selama kurang lebih 15 menit. Kemudian sisihkan adonan dan simpan selama kurang lebih 1 jam.
5. Setelah didiamkan, ambil adonan dan tambahkan dengan santan kental, aduk hingga adonan menjadi licin.
6. Selanjutnya tuangkan adonana ke dalam cetakan hingga 1/4 bagian. Kemudian kukus adonan hingga matang.
7. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)