Resep dan Cara Membuat Kue Biji Ketapang yang Renyah Sudah pernahkah anda melihat pohon ketapang? Ketapang adalah tanaman yang banyak tumbuh di daerah pesisir pantai, ketapang merupakan tumbuhan yang dapat membuat pemandangan pantai menjadi lebih elok, karena pohon ini memberikan warna yang lebih indah pada pemandangan pantai. Bagi anda yang sering berkunjung ke pantai atau bertempat tinggal dekat pesisir pantai anda mungkin tidak asing dengan tumbuhan yang satu ini. Nah, kali ini pohon ketapang juga menjadi inspirasi dalam hal kuliner. Kini biji ketapang bisa disulap dan ditiru menjadi hidangan kue kering yang bisa dimakan, yakni kue biji ketapang. Anda dirumah mungkin mengira-ngira jika bahan dasar dari kue ini menggunakan biji ketapang sebab namanya saja biji ketapang. Namun sebenarnya, tidak sama sekali unsur biji ketapang dimasukan sebagai bahan dasar dalam kue kering ini.

Renyah dan garing itulah kue biji ketapang, kue ini umumnya akan banyak dijumpai pada beberapa momen tertentu seperti salah satunya adalah momen lebaran, kue biji ketapang seringkali terlihat menghiasi toples-toples cantik di meja ruang depan untuk dijadikan sebagai jamuan kue untuk para kerabat atau teman yang hendak bersilturahmi. Kebanyakan dari kita, seringkali menginginkan hal yang instan termasuk untuk mendapatkan kue biji ketapang yakni dengan membelinya di toko kue. Namun sebenarnya resep dan cara membuat kue biji ketapang ini benar-benar sederhana sehingga bisa dipraktikan dirumah. Nah, dengan resep kali ini anda akan dapat membuat kue biji ketapang yang enak dan garing.

Baca Juga:

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Biji Ketapang

  • 450 gram tepung terigu
  • 100 gram kelapa parut
  • 50 gram mentega / margarin
  • 150 gram gula pasir
  • 2 buah telur ayam
  • ΒΌ sendok teh vanili
  • 8 sendok makan susu cair
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Biji Ketapang

1. Langkah pertama, terlebih dahulu sangrai kelapa parut hingga menjadi kecoklatan dan kering, kemudian tumbuk hingga menjadi halus.
2. Dalam wadah lain campurkan bahan-bahan seperti gula pasir, mentega dan vanili kemudian kocok menggunakan mixer hingga lembut. Setelah lembut masukkan terigu, kelapa sangrai serta susu cair secara perlahan dan satu persatu sambil terus diaduk agar adonan tercampur rata. Aduk hingga kalis dan dapat dibentuk.
3. Timbang adonan masing-masing sebanyak 100 gram kemudian digulung dengan diameter 1 cm, kemudian potong-potong adonan melintang atau menyerong dengan panjang kurang lebih 1 cm.
4. Siapkan minyak goreng panas, kemudian goreng biji ketapang dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan dan matang. Angkat setelah matang dan tiriskan.

Loading...

Loading...