Resep dan Cara Membuat Ke Bika Ambon Panggang Lezat Panganan khas yang berasal dari kota Ambon ini memang menajdi primadona di dunia kuliner. Rasanya yang lezat serta bentuknya yang begitu unik, membuat hidangan bika ambon selalu menjadi sajian cemilan istimewa. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mampir ke kota maluku, Medan dan sekitarnya akan memiliki cemilan kue bika sebagai buah tangan yang istimewa untuk dibawa ke kampung halaman. Pada dasarnya cara membuat bika ambon dengan cara dipanggang atau di kukus umumnya sama saja, hanya saja mungkin ditahap akhirnya yang akan mengalami perbedaan. Satu perlu oven untuk memanggang dan satunya lagi akan membutuhkan air untuk mengukus.

Saat ini ada banyak penjual yang menjual kue bika ambon, jadi setiap kali anda mendambakan menyantap bika ambon, anda tak perlu jauh-jauh pergi menyengaja ke medan atau ke ambon hanya demi menikmati kelezatan menyantap bika ambon. Membuat sendiri bika ambon pun tentu bisa anda lakukan di rumah. Hanya saja banyak ibu yang mengeluh sulitnya membuat kue bika ambon yang mirip dengan kue aslinya. Kebanyakan dari mereka gagal membuat resep kue bika ambon yang memiliki pori didalamnya yang menyerupai sarang tawon yang pada akhirnya membuat hasil kue yang dibuatnya menjadi bantat dan rasanya kurang enak. Nah, kali ini kita akan bahas resep kue bika ambon yang nikmat dengan bagian dalam berpori. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Baca Juga:

Bahan-Bahan yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuat Kue Bika Ambon

  • 100 gram Tepung Terigu
  • 200 mililiter Air Kelapa
  • 11 gram ragi instant
  • 600 ml Santan
  • 15 butir-18 butir kecil Telur Ayam (pisahkan kuning degan putih telur)
  • 1 sendok teh vanili dan garam
  • 450 gram Gula Pasir Putih

Cara Untuk Membuat Kue Bika Ambon

1. Pertama, ambil satu buah wada dengan ukuran sedang. Kemudian campurkan bahan seperti tepung terigu serta ragi instan aduk hingga merata.
2. Selanjutnya campurkan ai kelapa pada adonana tadi sabil diaduk-aduk secara perlahan agar tidak ada bahan yang menggumpal. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.
3. Sementara itu, ambil wadah llain dengan ukuran yang lebih besar. Masukka gula pasir dan garam serta vanili kemudian camur rata menggunakan sendok masak kemudin masukan telur satu-persatu aduk hingga merata.
4. Ambil adonana dalam wadah pertama yang telah didiamkan kemudian campurkan pada wadah yang kedua aduk hingga merata dan tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk.
5. Masukan santan kental kedalam adonan kemudian aduk hingga merata. Kemudian diamkan adoanan selama kurang lebih 2 jam. Hal ini bertujuan agar bika dapat mengembang dan terbentuk pori ketika di panggang.
6. Pnaskan oven kemudian ambil loyan olesi sedkit minyak lalu tuankan adoanan ke dalam loyang.
7. Panggang bika dalam oven selam kurang lebih 10 menit hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan.

 

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan

Loading...

Loading...