Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Ketan Hitam Panggang Legit dan Nikmat Sajian kue bolu memang selalu menggoda, rasanya yang nikmat dan begitu lembut membuat banyak orang jatuh cinta dengan kenikmatan menyantap kue bolu. Selain itu, kue bolu merupakan salah satu sajian yang tak kenal waktu, baik dinikmati pagi, siang, sore, malam, musim dingin atau musim panas, sajian kue ini selalu nikmat disantap. Nah, saat ini kue bolu tengah banyak mengalami inovasi terbaru dan begitu bervariasi, salah satunya adalah kue bolu ketan. Jika biasanya kue bolu dibuat dari bahan dasar tepung terigu, pada kue bolu ketan bahan dasar yang digunakan adalah tepung ketan. Kue bolu ketan juga terbagi menjadi dua jenis yakni kue bolu ketan putih dan ketan hitam. Mengenai rasa, tak perlu diragukan lagi sajian kue bolu ketan memiliki rasa yang tak kalah nikmat dari kue bolu pada umumnya, bahkan kue bolu ketan memiliki tekstur yang lebih legit dan lebih lembut daripada kue bolu biasanya.

Sajian kua bolu ketan cocok sekali disajikan sebagai cemilan kue di rumah atau disajikan untuk menjamu teman-teman arisan. Sebab kue ini terbilang sebagai sajian yang istimewa dengan rasanya yang nikmat dan teksturnya yang begitu lembut akan dapat memanjakan lidah anda dan siapa saja yang menikmatinya. Saat ini kue bolu ketan tengah banyak dijual di toko kue, jadi untuk mendapatkannya anda tak perlu risau. Namun selain membeli anda juga tentunya bisa membuat sendiri sajian kue lezat ini dirumah. Dengan resep membuat kue bolu ketan hitam kali ini anda akan dipandu bagaimana membuat sajian bolu ketan hitam yang nikmat, legit dan lembut. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Baca Juga:

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Ketan Hitam

  • 250 gram tepung ketan hitam
  • 200 gram margarin (lelehkan)
  • 6 butir telur ayam
  • 2 sdm susu kental manis putih
  • 250 gram gula pasir halus
  • 1 sdt emulsifier
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Kue Bolu Ketan

1. Langkah pertama awali dengan menyiapkan satu buah loyang dengan ukuran 24x24x6 cm dan olesi dengan margarin serta berikan tepung terigu di semua bagian dalam loyang agar adonan yang dimasukan tidak lengket dikeluarkan saat setelah matang.
2. Dalam wadah lain aduk telur, emulsifier, gula pasir dan berikan garam kemudian kocok hingga mengembang.
3. Tambahkan tepung ketan hitam, baking poder, vanili bubuk sambil diayak dan diaduk hingga rata.
4. Tuangkan susu kental manis sedikit-sedikit beserta dengan margarin leleh kemudian aduk hingga merata.
5. Setelah adonan selesai tuangkan dalam loyang yang telah dipersiapkan kemudian panggang dalam oven hingga matang.

Loading...

Loading...