Resep dan Cara Membuat Kue Brownies Coklat Panggang EnakSiapa yang tak kenal dengan kue brownies? kue coklat dengan bentuk persegi panjang yang begitu terasa nikmat ketika disantap membuat kue ini hampir telah dicicipi setiap lidah. Tahukah anda, kue brownies pertama kali muncul ke publik pada tahun 1893. Kue nikmat yang terjadi berkat ide cemerlang dari seorang koki ini pada mulanya berasal dari sebuah kota besar di Amerika. Dimana pada saat ini seorang koki hotel diminta oleh atasannya untuk menyajikan makanan penutup yang begitu berbeda daripada yang lain yang dapat dipotong kecil-kecil sehingga bisa memudahkan para kliennya untuk menyantapnya. Terpikirlah sebuah ide untuk membuat kue coklat. Hanya saja sebuah ketidak sengajaan yang mengantarkan pada sebuah karya yang luar biasa, ternyata si koki yang lupa memasukan bahan pengembang kue yang disebut dengan baking powder membuat kue coklat yang dibuatnya menjadi tidak mengembang seperti kue lainnya. Tekstur dari kue brownies yang dibuat si koki menjadi tebal, lembut, bantat sedkit basah dan banyak berpori.

Dan hingga saat ini, kehadiran kue yang dibuat dengan ketidak sengajaan ini tengah begitu diterima dengan baik oleh masyarakat. Bahkan saat ini ada begitu banyak inovasi yang dibuat dengan kue brownies, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya menu penutup yang memanfaatkan kue brownies yang dipadukan bersama dengan makanan lain seperti salah satunya adalah ice cream.
Nah, bagi anda yang ingin menyajikan sendiri cita rasa lezat dari kue brownies untuk disajikan dan disantap bersama keluarga tercinta, maka kita simak resep berikut ini.

Baca Juga:

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Brownies

  • 120 gram tepung terigu
  • 200 gram mentega
  • 150 gram gula pasir halus
  • 200 gram dark cooking chocolate
  • 100 gram kacang almond, iris tipis
  • 3 butir telur
  • 100 gram kacang almond, panggang, cincang
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Brownies

1. Langkah pertama kita awali dengan terlebih dahulu melelehkan mentega diatas kompor menggunakan wajan atau panci kecil hingga meleleh, kemudian masukan dark cooking chocolate kemudian aduk-aduk perlahan hingga meleleh.
2. Setelah adonan tadi meleleh, kita masukan gula pasir dan kembali aduk hingga gula pasir larut.
3. Setelah meleleh dan larut dinginkan kemudian masukan dalam wadah mixer dan kita tambahkan telur kemudian kocok hingga tercampur rata. Masukan tepung secara perlahan sedikit demi sedikit aduk rata.
4. Lalu masukan cincangan kacang almond aduk kembali hingga rata.
5. Setelah tercampur rata masukan adonan ke dalam loyang dengan ukuran 20x24 cm yang tentunya telah anda olesi dengan tepung dan mentega dengan dialasi menggunakan kertas roti. Taburi pula bagian atasnya dengan kacang almond
6. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat, panggang selama 45 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.
7. Potong-potong brownies sesuai dengan selera dan sajikan.

 

Berikut Video yang Bisa Anda Simak

Loading...

Loading...