Resep dan Cara Membuat Kue Cupcake Coklat Panggang Lembut dan Nikmat Cupcake pada umumnya mirip dengan kue bolu. Hanya saja, bentuknya yang berbeda, jika kue bolu dibuat dengan ukuran yang besar dengan ukuran loyang tertentu kemudian disajikan dengan cara dipotong-potong, maka cupcake dibuat dengan menggunakan cetakan kecil dengan bagian bawah dilapisi dengan wadah mangkok kertas yang kecil. Ada begitu banyak varian dan rasa dari cupcake, selain itu, yang unik dari cupcake adalah cara penyajiannya yang menggunakan beraneka ragam toping dan hiasan yang begitu menarik sehingga cocok sekali disajikan dan dinikmati bersama dengan si kecil. Sementara itu, salah satu rasa yang cukup banyak menjadi favorit banyak orang adalah cupcake rasa coklat.

Cupcake sebenarnya merupakan hidangan kue yang berasal dari Belanda. Di negeri kincir angin tersebut, kue ini dikenal dengan sebutan muffin tins. Pada umumnya orang-orang Belanda lebih sering menyantap cupcake bersama dengan kopi yang dijadikan sebagai camilan. Sementara dalam pembuatannya cupcake dibagi menjadi dua bagian yakni dengan cara di kukus dan dipanggang. Nah, kali ini kita akan berbagi resep membuat kue cupcake dengan cara dipanggang. Rasa lezat kue cupcake coklat yang berpadu dengan lembutnya kue membuat hidangan kali ini akan tersaji begitu istimewa, apalagi jika anda dapat memberikan sentuhan lucu seperti memberikan hiasan cantik pada cupcake yang anda buat. Lalu seperti apa resep membuat cupcake coklat? Kita simak berikut ini.

Baca Juga:

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Cupcake Coklat

  • Tepung terigu protein sedang 130 gr
  • Dark Cooking Chocolate 150 gr, potong kecil-kecil
  • Coklat Bubuk 30 gr
  • Susu Cair 120 ml
  • Telur 3 butir, pisahkan kuning dan putihnya
  • Mentega 130 gr
  • Garam ½ sdt

Cara Membuat Cupcake Coklat

1. Langkah pertama, kita panaskan terlebih dahulu susu cair dan cokelat bubuk sambil diaduk-aduk agar tidak menggumpal. Apabila sudah cair merata matikan api dan sisihkan.
2. Masukan sebagian gula serta mentega kemudian aduk hingga larut. Lalu masukan kuning telur dan kocok hingga merata.
3. Sewaktu dikocok kita tuangkan sedikit demi sedikit tepung terigu.
4. Dengan menggunakan wadah yang kecil kocoklah putih telur, berikan sedikit garam dan tuangkan sisa gula pasir tadi.
5. Kemudian masukan adonan pertama ke dalam adonan yang telah mengembang kemudian aduk hingga merata.
6. Selanjutnya tuangkan adonan tersbeut ke dalam cetakan muffin yang sebelumnya telah dialasi dengan mangkuk kertas.
7. Kemudian panggang dalam oven dengan suhu 180 celcius selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang mengembang.
8. Angkat dari oven dan sajikan, untuk topingnya anda bisa memberikan icing dibagian atasnya dan menghiasnya sesuai keinginan.

 

Beriku Video yang Bisa Anda Saksikan

Loading...

Loading...