Resep dan Cara Membuat Kue Donat Empuk dan Nikmat

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Empuk dan Nikmat Siapa yang tak kenal dengan jenis kue yang satu ini? Ya, kue dengan bentuk bulat dengan bolong dibagian tengahnya ini hampir pernah dicicipi oleh setiap lidah di dunia. Donat atau kue donat memang menjadi hidangan kue yang begitu disukai di segala penjuru dunia, makanan ringan yang bisa disajikan dengan berbagai jenis toping ini selalu sukses menjadi santapan yang dinanti oleh setiap orang. Saking terkenalnya, bahkan donat dijual oleh beberapa perusahaan makanan siap saji dengan brand yang besar, salah satunya mungkin adalah restoran favorit anda. Kini untuk menikmati lezat dan manisnya kue donat anda tidak perlu susah payah pergi ke kota atau menitip pada teman yang sedang pergi ke laur kota untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebab saat ini, ada banyak restoran siap saji yangmenjual donat dan membuka cabangnya hingga ke daerah-daerah.

Pada umumnya, donat dibagi menjadi 2 jenis, yakni donat yang berbentuk cincin dengan lubang dibagian tengahnya yang ditaburi dengan gula salju atau toping lain seperti meisis, coklat kacang dan sebagainya serta donat berbentuk bulat utuh dengan selai dan krim di dalamnya. Dengan bentuk yang unik dan rasa yang begitu lezat membuat donat menjadi santapan yang paling banyak didambakan orang sewaktu mereka mengidamkan camilan.

Nah, daripada anda membeli donat jauh-jauh dan harus mengeluarkan biaya untuk setiap bagiannya, mengapa tidak coba membuatnya dirumah. Donat buatan rumah bisa anda kreasikan sendiri sesuai dengan selera dan kesukaan anda. Donat yang dibuat pun bisa anda buat dengan empuk seperti buatan cafe ataupun restoran. Seperti apa resepnya? kita simak berikut ini. Inilah Dia Resep dan Cara Membuat Donat. 

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Donat

  • ½ kg tepung terigu
  • ¼ kg kentang (rebus dan haluskan)
  • Mentega secukunya
  • 1 bungkus fernipan
  • 1 butir telur
  • 50 gram gula pasir (gula halus)
  • Garam secukupnya
  • 2 gelas air es
  • Butiran coklat (mesis) sebagai hiasan
  • Keju sebagai hiasan (diparut)

Cara Membuat Donat

1. Langkah pertama bisa anda lakukan dengan terlebih dahulu mencampur beberapa bahan seperti kentang, tepung terigu, gula dan fernipan sambil dituangkan air es sedikit demi sedikit, pastikan jika anda memberikan air secukupnya jangan terlalu encer. Kemudian masukan mentega dan satu butir telur dan uleni hingga kalis. Pastikan pula jika adonan tidak terlalu lembek agar mudah dibentuk.
2. Ambil adonan secukupnya jangan terlau kecil ataupun terlalu besar kira-kira seukuran bola bekel.
3. Jika sudah didapatkan ukuran yang cukup, cetak adonan tadi menggunakan cetakan donat atau hanya dilubangi saja bagian tengahnya, terserah anda. Diamkan adonan hingga mengembang.
4. Panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian goreng adonaan secara perlahan dan goreng hingga berwarna keemasan.
5. Angkat, tiriskan baru setelah dingin silahkan berikan hiasan atau toping sesuai dengan selera anda.

 

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan

 

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)