Resep dan Cara Membuat Kue Garpu Renyah dan Gurih

Resep dan Cara Membuat Kue Garpu Renyah dan Gurih Hidangan kue garpu biasanya akan banyak kita jumpai saat momen lebaran tiba. Kue dengan nama atau sebutan berbeda di beberapa daerah ini selalu menjadi hidangan nikmat dan banyak disertakan sebagai menu kue istimewa saat hari lebaran. Di beberapa daerah seperti Semarang kue ini umumnya disebut dengan 'Kue Klatak' sebab bunyi kletak kletak yang terdengar sewaktu kita menyantapnya. Sementara di Tasikmalaya Jawa Barat, kue ini disebut dengan kue 'Kekewukan' sebab bentuknya yang seperti kewuk atau siput laut. Namun apapun namanya, sajian lezat kue garpu ini memiliki rasa yang sama yakni nikmat dan bertekstur renyah. Menikmati kelezatan kue garpu akan lebih nikmat jika disajikan ditengah-tengah keluarga sambil mengobrol atau menonton televisi. Selain itu, kue ini juga nikmat dijadikan pelengkap saat menikmati semangkuk bakso atau dijadikan taburan sewaktu menyantap mie instant hangat.

Resep dan cara membuat kue garpu umumnya begitu sederhana, selain itu alat dan bahan yang diperlukanpun mudah dijumpai, sehingga bagi anda yang ingin membuat sendiri sajian kue garpu di rumah, anda bisa membuatnya. Kue garpu tidak hanya bisa disajikan untuk menyambut hari lebaran saja, bagi anda yang ingin menikmatinya, tentu anda bisa membuatnya kapan saja. Nah, dengan resep membuat kue garpu kali ini anda akan dipandu bagaimana membuat kue garpu yang lezat dan gurih.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Garpu

  • 300 gr Tepung terigu
  • 30 gr Tepung Kanji
  • 1 butir Telur, dikocok lepas
  • 30 gr Mentega yang dilelehkan
  • ¼ sdt Garam (secukupnya)
  • 1 sdt Kaldu bubuk
  • 500 ml Minyak untuk menggoreng
  • 1 batang Daun bawang / Seledri, diiris halus
  • ¼ sdt Baking powder (optional)

Cara Membuat Kue Garpu

1. Cara yang pertama terlebih dahulu kita campur kesemua bahan seperti tepung terigu, tepung kanji, irisan daun bawang, baking powder, kaldu bubuk dan garam kemudian masukkan mentega cair dan aduk hingga merata.
2. Lalu tambahkan telur yang sudah dikocok dan uleni hingga menjadi kalis.
3. Jika adonan telah menjadi kalis, siapkan garpu, ambil sedikit adonan pipihkan diatas punggung garpu kemudian gulung hingga ujung garpu. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
4. Setelah kesemua adonan dibentuk, selanjutnya panaskan minyak dan goreng hingga kue garpu berwarna kecoklatan atau hingga matang dengan menggunakan api sedang. Angkat dan tiriskan.
5. Tunggu hingga dingin dan sajikan.

Loading...

Loading...