Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Legit Kukus yang Lembut, Empuk dan Sederhana

Ingin membuat kue lapis legit namun tidak memiliki oven? Jangan khawatir, anda bisa membuat kue lapis dengan cara yang berbeda. Tanpa oven anda tetap bisa membuat kue lapis dengan cara dikukus. Membuat kue lapis dengan cara dikukus lebih simple dan mudah.

Anda tetap bisa menikmati kue lapis legit tanpa harus memikirkan oven. Rasanya yang enak dengan teksturnya yang empuk dan lembut ketika di mulut akan membuat anda dan seluruh keluarga ketagihan. 

Nah, untuk memudahkan anda ketika membuatnya di dapur, anda bisa simak resep dan cara membuat kue lapis legit kukus pada pembahasan di bawah ini.

Resep-kue-lapis-legit-kukus.jpg

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Lapis Legit Kukus yang Lembut, Empuk dan Sederhana

Bahan Utama Kue Lapis Legit Kukus

  • 200 gram margarin
  • 2 1/2 sendok makan susu kental manis
  • 1/2 sendok teh esens vanila
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 40 gram susu bubuk
  • 1 sendok makan emulsifier
  • 8 butir telur
  • 200 gram gula pasir

Bahan Taburan

  • 1 sendok makan bumbu spekuk
  • 1/2 sendok makan cokelat bubuk

Cara Membuat Kue Lapis Legit Kukus yang Lembut, Empuk dan Sederhana

Cara Membuat Adonan

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Jika wadah sudah siap, silahkan masukan margarin. Lalu kocok margarin tersebut hingga lembut.
  2. Ambil susu kental manis dan masukan ke dalam adonan. Lalu kocok hingga merata dan sisihkan terlebih dahulu.
  3. Pada wadah yang berbeda, silahkan masukan telur bersama dengan emulsifier dan gula pasir. Lalu kocok semua bahan-bahan tersebut hingga mengembang.
  4. Masukan bahan-bahan yang lainnya seperti tepung terigu, baking powder, susu bubuk sambil diayak dan diaduk sampai merata.
  5. Kemudian, tambahkan esens vanila dan aduk hingga merata.
  6. Ambil kocokan mentega atau margarin. Lalu tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan perlahan-lahan.

Cara Membuat Kue Lapis Legit Kukus

  1. Siapkan loyang berukuran 20x20x7 cm yang akan digunakan untuk mengukus kue lapis legit. Lalu, alasi loyang dengan menggunakan kertas roti.
  2. Ambil sebanyak 75 gram adonan. Simpan pada loyang dan ratakan. Kemudian, ayak tipis bahan taburan.
  3. Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus adonan pada loyang dengan menggunakan api sedang selama 5 menit.
  4. Setelah itu, tuangkan kembali adonan sebanyak 75 gram di atas adonan yang sudah dikukus. Kembali ayak tipis bahan taburan. Kukus lagi selama 5 menit hingga matang.
  5. Ambil kembali adonan dan tuangkan kembali di atas adonan yang sudah dikukus tadi. Ayak kembali bahan taburan dan kukus lagi.
  6. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan habis. Untuk lapisan yang terakhir, kukus selama 10 menit atau hingga benar-benar matang.
  7. Setelah matang, anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu. Baru setelah itu mengangkatnya dan memotong-motongnya.
  8. Siapkan tempat saji yang akan digunakan untuk menyajikan kue lapis legit kukus ini. Lalu tata kue lapis legit yang sudah dipotong-potong di atasnya. ( Lihat juga : Cara Membuat Kue Lapis )

Kue lapis legit sudah siap dinikmati. Jadikan kue lapis legit sebagai teman santai ketika sore hari. Agar lebih nikmat, anda bisa menyantapnya dengan ditemani secangkir teh hangat.

Itulah resep dan cara membuat kue lapis legit kukus. Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa share resep ini kepada teman-teman anda. Terimakasih.

Loading...

Loading...