Resep dan Cara Membuat Kue Nagasari Pisang Kukus Nikmat

Resep dan Cara Membuat Kue Nagasari Pisang Kukus Nikmat Dewasa ini keberadaan makanan lokal semakin hari semakin sulit saja dijumpai. Berbeda dengan jaman dulu, saat ini hnya sekedar ingin mengenang kembali makanan jaman dulu rasanya akan sangat sulit sekali, pasalnya penjual jajanan tradisional sudah semakin langka di pasaran yang membuat kita kesulitan mendapatkan jajanan lokal tradisional.

Globalisasi dan modernisasi yang terjadi dengan dunia saat ini membawa pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan gaya hidup seseorang. Bahkan saat ini masyarakat lebih cenderung menyenangi hal-hal yang berbau kebarat-baratan dan lebih menikmati perlatanan atau barang-barang yang lebih modern, begitu juga yang terjadi dengan makanan. Saat ini masyarakat tanah air seakan malu mengkonsumsi dan melestarikan warisan dalam negerinya, termasuk dengan urusan makanan. Padahal seharusnya kita bangga akan kekayaan alam dan budaya yang miliki oleh tanah air yang beraneka ragam ini. Perilaku kurang melestarikan warisan lokal berimbas pada sirnanya warisan itu sendiri. Nah, apabila dibiarkan terus-menerus seperti ini, maka bukan tidak mungkin warisan budaya kita ini akan luput dimakan jaman.

Salah satu warisan kuliner yang hampir luput terlupakan adalah makanan tradisional kue nagasari. Ketika anda bertanya pada anak-anak jaman sekarang, anda tak akan terkejut dengan tanggapan mereka yang kebingungan.Kue nagasari adalah kue jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras dan pisang yang dibuat dengan cara dikukus. Nah, bagi anda yang ingin membuat sendiri hidangan kue nagasari dirumah, maka anda tak perlu khawatir, berikut ini kami bahas resep kue nagasari untuk anda.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Nagasari

  • 250 gr tepung beras
  • 100 gr tapioka
  • 700 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
  • 250 gr gula pasir
  • 5 buah pisang raja, kupas dan potong serong sesuai selera
  • daun pandang secukupnya

Cara Membuat Kue Nagasari

1. Langkah pertama, masak terlebih dahulu santan, daun pandan dan gula pasir hingga gula larut sampai terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
2. Larutkan tepung beras dengan sedikit air, kemudian masukkan ke dalam campuran santan dan masak diatas api kecil aduk kembali hingga merata.
3. Aduk-aduk adonan hingga setengah matang, rata dan mengental. Setelah mengental angkat dan sisihkan.
4. Siapkan daun pisang satu lembar, letakkan beberapa sendok adonana di tengah-tengah daun pisang kemudian masukan potongan pisang dibagian tengahnya dan tutup kembali dengan adonan lainnya.
5. Bungkus rapih dan kemduian kukus dalam kukusan selama kurang lebih 45 menit atau hingga matang. Angkat dan sajikan.

Loading...

Loading...