Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Banyumas NikmatMasih ingatkah dengan kue berbentuk setengah lingkaran dengan taburan meses diatasnya? itu lho, kue yang kebanyakan dari kita mungkin ingat sewaktu jaman sekolah yang meminta penyajiannya dibuat setengah matang dan membiarkan bagian atasnya masih melelah. Nah, jika sudah diingatkan seperti ini anda mungkin kembali mengingat kue pukis yang mungkin dulu, makanan ini seringkali menjadi jajanan anda sewaktu jaman sekolah. Ya, kue nikmat yang sudah ada sejak jaman dulu ini rupanya masih saja bertahan ditengah-tengah jaman dimana makanan modern dan junk food saling berlomba-lomba merebut hati para penikmat kuliner.

Asal mula hadirnya kue pukis hingga saat ini belum diketahui, namun sebagian ada yang menyatakan jika kue pukis berasal dari Banyumas, sebab seringkali banyak pedagang yang mencantumkan nama kota tersebut pada gerobak jualannya. Namun yang pasti darimanapun asalnya kita perlu berterimakasi pada para penjualnya, jika saja kue ini memang berasa dari Banyumas, maka bisa kita bayangkan setiap kali kita menginginkan kue pukis kita harus pergi jauh-jauh ke kota Banyumas untuk menikmati sajian kue pukis yang enak.

Baca Juga:

Namun sayangnya, saat ini keberadaan penjual pukis sudah semakin jarang, sedikit sulit menemukan pedagang kue pukis yang mampir ke rumah-rumah. Namun tak perlu khawatir dengan resep kali ini anda akan dapat membuat sendiri sajian kue pukis di rumah sehingga dapat mengobati rasa kangen anda terhadap kue pukis. Seperti apa resepnya? kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Pukis

  • ragi 10 gram
  • air 50 ml
  • santan 150 ml
  • tepung terigu 140 gram
  • gula 1 ons
  • telur 4 butir
  • meses secukupnya

Resep dan Cara Membuat Kue Pukis

1. Cara yang pertama rebus terlebih dahulu santan hingga mendidih, sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah angkat dan sisihkan terlbeih dahulu.
2. Campurkan ragi dengan air hangat aduk-aduk hingga berbuih. Kocok telur tambahkan gula pasir dan kocok kembali hingga mengembang.
3. Tuangkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk. Masukan larutan air ragi dan kembali aduk hingga rata.
4. Tuangkan santan dan aduk hingga merata kemudan diamkan selama kurang lebih seperempat jam.
5. Panaskan ketakan dalam api sedang olesi dengan mentega dan tuangkan adonan kedalam cetakan hingga hampir penuh.
6. Tunggi hingga hampir matang dan berikan taburan meses diatasnya dan masa hingga matang kemudian angkat dan sajikan.

 

Loading...

Loading...