Resep dan Cara Membuat Kue Satu Kacang Hijau yang RenyahTanah air kita bukan hanya terkenal akan keaneka ragaman budaya dan keindahan alamnya saja. Namun juga terkenal dengan keaneka ragaman kuliner yang begitu kaya. Salah satu yang begitu khas dari kuliner indonesia selain ragamnya yang begitu kaya, penyertaan bumbu dan rempah yang begitu kaya membuat masakan Indonesia benar-benar berselera. Biasanya, ada beberapa momen tertentu dalam budaya di Indonesia yang selalu menyertakan makanan dan sajian nikmat dimana pada hari itu makanan, kue-kue dan cemilan lain selalu berlimpah, salah satunya adalah momen lebaran. Hari raya lebaran dimaknai sebagai hari nan fitri, hari dimana semua umat manusia bermaafan-maafan dan bersilaturahmi. Salah satu budaya silaturahmi memang cukup unik, itulah mengapa makanan dan kue-kue serta cemilan lain seringkali dibuat untuk menjamu para tamu yang hendak bersilaturahmi.

Nah, salah satu hidangan kue lebaran yang begitu nikmat adalah kue satu kacang hijau. Kue imut yang dbuat dari tepung kacang hijau yang disangrai kemudian dipadatkan ini seringkali menjadi buruan saat lebaran. Tidak ada yang tahu persis mengapa kue ini dinamakan dengan kue satu. Namun berdasarkan candaan sewaktu kecil, orang-orang mengatakan kue satu memiliki nama demikian dikarenakan untuk memakannya harus diambil satu satu, cukup unik yah. Nah, bagi anda yang ingin membuat sendiri hidangan kue satu kacang hijau dirumah, resep kali ini akan membantu anda membuat hidangan kue satu yang nikmat.

Baca Juga:

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Satu Kacang Hijau

  • 200 gram kacang hijau (disangrai kemudian lepaskan kulitnya)
  • 2 sdm air
  • 175 gram gula halus
  • 1/4 sendok teh essence vanili

Cara Membuat Kue Satu Kacang Hijau

1. Langkah pertama, sangrai kacang hijau kemudian haluskan dengan menggunakan blender atau ulekan hingga benar-benar halus. Kemudian saring kacang hijau yang sudah dihaluskan.
2. Campurkan tepung kacang hijau dengan gula halus, vanili dan air hingga menjadi sebuah adonan yang pulen.
3. Selanjutnya cetak adonan menggunakan cetakan sambil ditekan-tekan hingga menjadi padat.
4. Kemudian panggang adonan dalam oven dengan suhu 150 derajat hingga kering. Jika sudah matang angkat cetakan dan biarkan kue satu menjadi dingin. Setelah dingin baru sajikan.

Loading...

Loading...