Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ketika mendengar nama kue talam, kue ini mungkin akan sedikit asing diteling anda. Namun ketika anda gooling gambarnya, mungkin barulah anda menyadari bahwa ini adalah kue yang sering anda jumpai. Kue talam termasuk kedalam kategori kue basah sebab pengolahannya yang dibuat dengan cara di kukus. Resep membuat kue talam umumnya banyak yang menggunakan ubi sebagai bahan dasarnya, namun adapula yang terbuat dari tepung beras atau tepung sagu.

Rasa manis yang begitu legit serta sensasi lembut dari kue talam tentunya siap memanjakan lidah anda. Hanya saja, satu hal yang unik dari kue talam adalah cara penyajiannya, yakni dimana bagian santan putih dan gula merah saling bertumpukan dengan santan putih menumpang dibagian atas adonan gula merah yang ketika digigit akan terasa sensasi asin dan manis dari gula merah dan santan kelapa yang khas. Kue talam umumnya akan dengan mudah kita jumpai di kota-kota besar yang dijual sebagai jajanan trasidional. Harga dari satu buah kue talam pun dijual begitu terjangkau. Jadi anda tak perlu khawatir jika anda akan membeli dalam jumlah banyak. Nah bagi anda yang ingin membuat sendiripun bisa, sebab proses pengolahan kue talam sendiri terbilang begitu praktis dan sederhana. Nah, kali ini kami akan memandu anda bagaimana resep dan cara membuat kue talam yang nikmat.

Baca Juga:

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Talam

  • 300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 100 g tepung beras
  • 30 g tepung sagu
  • 100 g gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 50 g gula merah, larutkan dengan 25 ml air, rebus hingga mengental
  • 150 ml air kelapa
  • 1 sdt pasta pandan
  • Cetakan kue berbentuk mangkok kecil yang berbentuk cekung

Cara Membuat Kue Talam

1. Langkah pertama, kita rebus terlebih dahulu bahan-bahan seperti gula pasir, santan, air kelapa dan berikan taburan sedikit garam dan aduk-aduk perlahan dengan pola yang sama hingga mendidih pastikan jika santan tidak pecah.
2. Selanjutnya, tuangkan rebusan santan ke dalam campuran tepung beras dan tepung sagu yang telah diayak secara perlahan sedikit demi sedikit kemudian uleni hingga licin dan kalis.
3. Bagi adonan menjadi dua bagian yakni satu bagian ditambahkan dengan gula merah satu bagian lain ditambahkan air kelapa.
4. Kemudian tuang satu adonan pelapis ke dalam cetakan mangkok dan kukus selama kurang lebih 10 menit. Dan kembali tuangkan adonan putih diatasnya dan kukus kembali selama sepuluh menit.
5. Angkat adonan, dan sajikan. Untuk mempercantik penampilannya anda bisa menambahkan potongan halus daun pandan.
Kini kue talam nikmat kita telah selesai dibuat. Anda bisa menyajikannya untuk keluarga tercinta atau anda bisa berbaginya dengan teman-teman anda.

 

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan

Loading...

Loading...