Nikmati lezatnya hidangan berbuka puasa dengan santapan ayam goreng garing yang kering.

Hidangan ini dibuat dengan menyertakan resep sambal ayam yang akan menjadi paket buka lezat untuk keluarga. Ingin tahu seperti apa membuat resep ayam goreng garing yang kering? Simak resepnya dibawah ini.

Baca Juga:

ayam goreng renyah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Garing Kering yang Lembut, Renyah dan Enak

Bahan-Bahan Masakan:

  • 10 sayap ayam

Bumbu Masakan:

  • 2 sdt garam
  • jintan bubuk
  • merica bubuk
  • minyak goreng
  • Kunyit bubuk

Bahan Pelengkap Sambal Ayam:

  • 10 butir cabe rawit
  • 2 butir cabai keriting
  • 1 buah tomat besar
  • 3 siung bawang merah kecil
  • 1/2 siung bawang putih
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 buah jeruk nipis

Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Garing Kering yang Lembut, Renyah dan Enak

Cara Mempersiapkan Bahan Masakan:

  1. Untuk yang pertama dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk memasak kali ini. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah wajan, spatula, serokan, piring saji dan beberapa wadah untuk ayam dan bumbu-bumbu yang akan anda siapkan. Beberapa peralatan ini adalah hal penting yang perlu anda persiapkan karena akan dapat mempermudah anda membuat hidangan ini. Untuk itu, langkah kali ini sebaiknya tidak anda lewati.
  2. Setelah mempersiapkan peralatan, silahkan masukkan sayap ayam kedalam wadah dan bawa ke tempat cucian.
  3. Ditempat cucian silahkan bersihkan ayam mulai dari membersihkan bila masih ada bulu halus yang tersisa sampai dengan memperhatikan bila masih terdapat darah pada ayam. Yang terpenting adalah dengan membersihkan ayam sampai benar-benar bersih merata.
  4. Setelah dibersihkan, silahkan angkat dan masukkan kembali dalam wadah untuk kemudian tiriskan airnya secara merata agar tidak membendung dalam wadah.
  5. Berikan garam dan lumuri dengan kunyit, merica dan juga jintan bubuk. Untuk menghilangkan bau amis pada ayam silahkan kucuri dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata. Setelah itu, diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap kedalamnya dan bekerja dengan baik dalam menghilangkan bau amis.

Cara Membuat Ayam Goreng Garing:

  1. Untuk membuat ayam cukup sederhana, lakukan dengan memasukkan minyak kedalam wajan dan gunakan api yang sedang. Untuk kemudian tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan ayam kedalamnya dan masak sampai ayam menjadi lebih matang dan garing secara merata. Masak selama kurang lebih 6 menit.
  3. Setelah matang, angkat sajian ini dengan menggunakan serokan. Tiriskan terlebih dahulu minyaknya sampai benar-benar kering merata.
  4. Untuk membuat bahan sambal ayam bisa dilakukan dengan mengiris cabe menjadi dua bagian, iris pula tomat. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak menjadi lebih panas.
  5. Masukkan semua bahan sambal kecuali jeruk nipis. Masak sampai bahan ini menjadi lebih layu selama kurang lebih 3 menit. Angkat dan masukkan dalam ulekan. Lalu haluskan dengan mengunakan ulekan dan berikan dengan bumbuseperti garam dan gula. Cicipi sampai sambal pas.

Lalu hidangkan ayam dalam wadah dan sajikan pula sambal dalam ulekan. Hidangan ini akan siap anda santap saat adzan maghrib sudah berkumandang nantinya.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Loading...