Sajian tim sayap ayam dengan paduan bumbu manis akan menjadi santapan menu buka yang istimewa kali ini.

Sajian ini tentu akan mudah dibuat dan cukup praktis, sebab bahan-bahan yang diperlukan pun umumnya bisa anda jumpai di pasar atau di supermarket dekat rumah.

Baca Juga:

Nah, untuk anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resep membuat sajian tim sayap ayam dengan paduan bumbu manis. Maka tak perlu khawatir berikut kami jelaskan bumbu apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara pembuatannya dibawah ini.

puasa-tim-sayap-ayam.JPG

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Tim Sayap Ayam Bumbu Manis yang Lezat dan Gurih

Bahan-Bahan Utama:

  • 8 buah sayap ayam
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam

Bumbu-Bumbu Masakan:

  • 3 siung bawang putih, diiris halus
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 cm jahe, diiris
  • 1/2 buah bawang bombay, dipotong kotak
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok teh merica hitam kasar
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh minyak wijen

Cara Membuat Menu Buka Puasa Tim Sayap Ayam Bumbu Manis yang Lezat dan Gurih

Cara Membersihkan Ayam:

  1. Sebelum memasak sajian ini, penting sekali untuk anda mengetahui bagaimana cara membersihkan ayam secara merata. Hal ini dikarenakan bahan yang satu ini perlu dipastikan bersih dan higienis sebelum dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Untuk itu, maka silahkan bawa ayam untuk dibersihkan.
  2. Masukkan ayam kedalam baskom dan bersihkan ditempat cucian. Caranya, bersihkan ayam dari sisa-sisa bulu halus yang masih menempel pada sayap ayam. Setelah itu, bersihkan pula ayam dari kotoran dan kuman yang masih tersisa. 
  3. Bila sudah selesai lanjutkan dengan mempersiapkan ayam dibawah air yang mengalir dan bilas secara merata sampai bersih.
  4. Masukkan ayam yang sudah bersih kedalam wadah untuk kemudian tiriskan airnya secara merata.
  5. Lumuri ayam dengan menggunakan garam dan air jeruk nipis. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai meresap kedalam ayam secara merata. Hal ini difungsikan agar bau amis yang menempel pada ayam bisa diminimalisir sehingga pada saat ayam dimasak bau amis tidak akan terlalu kentara. Untuk itu, maka diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Tim Sayap Ayam:

  1. Untuk membuat masakan kali ini dapat dilakukan dengan meletakkan ayam dalam pinggan tahan panas. Masukkan dan tata dengan rapi. Lalu taburi bagian atasnya dengan menggunakan bawang putih, bawang bombay dan juga jahe. Sebarkan bumbu ini secara merata hingga kebagian sisinya secara merata. Lalu sisihkan sementara.
  2. Setelah itu campurkan bumbu kedalamnya seperti saus tiram, kecap asin, kecap manis, merica hitam dan juga minyak wijen. Aduk-aduk dan siramkan bahan ini diatas sayap ayam secara merata.
  3. Lalu kukus bahan ini diatas api yang sedang dalam kukusan atau panci. Masak selama kurang lebih 30 menit sampai matang dan ayam menjadi lebih empuk dan lunak.

Setelah matang, angkat sajian ini dari kukusan. Sajikan dalam mangkuk atau piring saji untuk kemudian hidangan ini akan siap anda nikmati saat waktu berbuka puasa tiba saatnya nanti.

Jangan lupa untuk membagikan resep spesial ini dengan klik tombol yang akan muncul kali ini. Selain itu, jangan lupa pula untuk memberikan komentar anda dikolom komentar yang telah tersedia dibawah ini.

Loading...

Loading...