Resep dan Cara Membuat Perkedel Tahu Ayam yang Spesial dan Nikmat

Selain perkedel kentang, anda bisa menyajikan kreasi perkedel lainnya di meja makan. Dan jika anda bosan dengan olahan tahu yang itu-itu saja, kali ini anda bisa mengolah tahu menjadi perkedel. Olahan perkedel tahu ini cocok  untuk melengkapi menu makan anda. Tahu yang diolah menjadi perkedel rasanya akan begitu nikmat. Tambahan bahan lainnya seperti ayam dan jamur kancing menjadikan olahan perkedel tahu spesial. Perkedel tahu ayam ini juga cocok untuk bekal si kecil ke sekolah.

Proses membuat perkedel tahu ayam cukup mudah dilakukan sendiri di rumah. Pada dasarnya, cara membuat perkedel tahu ayam ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat perkedel kentang. Bahan dan bumbu yang dibutuhkannya sederhana dan praktis. Penasaran dan ingin mencoba membuat perkedel tahu ayam di rumah? Yuk simak resep dan cara membuat perkedel tahu ayam di bawah ini.

Resep perkedel tahu ayam

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Perkedel Tahu Ayam

Bahan Utama

  • 1 buah tahu cina
  • 50 gram ayam giling
  • 2 putih telur
  • 1 butir telur
  • 75 gram jamur kancing
  • 25 gram soun
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sendok makan tepung roti
  • 125 gram tepung panir kasar

Bumbu Perkedel Tahu Ayam

  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Perkedel Tahu Ayam yang Spesial dan Nikmat

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Setelah semua bahan anda sediakan, sekarang anda bisa langsung mengolahnya. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menghaluskan tahu cina hingga halus.
  2. Kemudian, rendam soun yang sudah anda sediakan.
  3. Lalu rajang halus bawang daun.
  4. Masukan telur pada mangkuk. Lalu kocok hingga lepas. Jika sudah, anda bisa langsung menyisihkannya terlebih dahulu.

Cara Membuat Perkedel Tahu Ayam

  1. Setelah semua bahan-bahan siap olah, anda bisa langsung membuat perkedel tahu ayam. Langkah yang bisa anda lakukan pertama kali yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan yang sudah disediakan seperti ayam giling, tahu yang sudah dihaluskan, tepung roti, soun, daun bawang, telur, garam dan merica. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga merata.
  2. Jika adonan sudah selesai dibuat anda bisa langsung membentuknya. Ambil sedikit adonan dan bulatkan. Lalu simpan 1 jamur di tengah-tengah adonan yang sudah anda buat tadi. Jika sudah, silahkan anda bulatkan lagi.
  3. Apabila sudah selesai, anda bisa langsung menggulingkan adonan di atas tepung panir kasar. Lalu celupkan ke dalam telur dan celupkan lagi ke dalam tepung panir.
  4. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan habis. Setelah habis semuanya, anda bisa langsung menggorengnya.
  5. Silahkan siapkan wajan dan simpan di atas kompor menyala. Tambahkan minyak goreng secukupnya, lalu tunggu beberapa saat hingga minyak goreng panas.
  6. Jika minyak goreng sudah mulai panas atau meletup-letup, anda bisa langsung memasukan adonan  perkedel tahu yang sudah disiapkan. Lalu goreng hingga berubah warna menjadi kekuningan atau matang. Setelah matang, silahkan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
  7. Goreng lagi adonan yang masih tersisa hingga matang.
  8. Setelah semua perkedel digoreng dan matang, anda bisa langsung menyajikannya pada tempat saji yang sudah disiapkan.

Perkedel tahu ayam sudah selesai dibuat. Perkedel ini akan jauh lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat bersama dengan nasi putih hangat. ( Baca juga : Resep Perkedel Kentang )

Itulah resep dan cara membuat perkedel tahu ayam. Sederhana bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa share atau bagikan resep ini kepada teman-teman anda. Caranya dengan klik ' share ' yang sudah kami sediakan.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)